Review Kolam Renang Bandung Giri Gahana (BGG) Golf & Resort Jatinangor

Kolam Renang Anak yang Bagus di Bandung

Review Kolam Renang Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor, Sumedang. Bulan April ini banyak banget ya liburnya. Mulai dari libur keagamaan (Isra Mi'raj), libur pemilihan gubernur Jakarta sampai wafat Isa Almasih. Dan kebetulan liburnya itu kalau enggak hari Jumat ya hari Senin (kecuali libur pemilihan gubernur yang jatuh hari Rabu). Duh kejepit banget kan. Makanya bulan ini banyak liburnya. Belum lagi libur minggu depan ya, masih ada hari Senin yang bakalan libur karena ada hari buruh (1 Mei).

Ngomong-ngomong libur panjang kemarin, kami kemarin main donk ke kolam renang. Gak jauh sih, dekat banget kolam renangnya dari rumah. Lagi malas aja main yang jauh-jauh karena Bandung pasti macet kalau long weekend gini. Plus lagi musim hujan es di Bandung, yang bikin banjir di mana-mana.

Baca: Banjir dan Macet di Bandung

Kolam renang yang kami pilih pas long weekend kemarin adalah kolam renang di Bandung Giri Gahana Golf & Resort (BGG) yang ada di Jatinangor. Sebelumnya kami belum pernah ke sini padahal lokasinya ini dekat banget dari rumah. Kebangetan ya. Tadinya bingung pilih mau berenang di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor atau di BGG ini. Tapi kami beberapa bulan yang lalu sudah pernah berenang di Hotel Puri Khatulistiwa. Nah karena kami belum pernah berenang di BGG, jadi kami memutuskan berenang saja di BGG ini.

Baca: Berenang Sore-Sore di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor

Lewat depan BGG itu sering banget. Apalagi suami yang memang kantornya ada di dekat BGG, tiap hari pasti selalu lewat jalan ini. Tapi baru kali ini kami berenang di BGG, padahal sudah hampir 5 tahun tinggal di daerah ini. Hahaha, parah.. parah... Makanya mumpung masih anget nuansanya, ini oleh-oleh liburan panjang kemarin ya, review kolam renang murah di Bandung tepatnya Kolam Renang Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor.

Tempat Parkir

Review Kolam Renang BGG
Tempat Parkir di BGG Luas Banget

Di gerbang pintu masuk BGG, kami disambut oleh satpam yang memberi kami semacam tiket (kartu) tanda masuk wilayah BGG. Dari gerbang pintu masuk ke lokasi kolam renangnya lumayan jauh, ada kali sekitar 2 km lagi. Di kanan-kirinya pemandangan indah banget, padang lapangan golf terhampar luas.

Langsung aja kami menuju ke lokasi kolam renangnya. Tapi karena belum tau lokasi persisnya ada di mana, suami tanya dulu ke bagian informasi yang ada di kantor BGG. Ternyata lokasi kolam renang BGG tidak jauh dari kantor BGGnya.

Tempat parkirnya luas banget. Dijamin gak bakalan kehabisan lahan parkir. Haha. Soalnya tempat parkirnya gabung sama pengunjung lapangan golf. Tempat parkirnya adem banget karena banyak pohon-pohon gedhe yang menaungi. Pas kami ke sana pas sore hari juga, jadi mobil gak begitu terasa kepanasan. Asyik ya.

Biaya parkirnya gratis, terbukti kami enggak mengeluarkan sepeser pun buat parkir. Yeah!

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Kolam Renang BGG Jatinangor

Untuk bisa berenang di kolam renang BGG, setiap pengunjung dikenakan tarif masuk sekitar Rp 35.000/orang dewasa. Anak-anak dihitung, tapi bayi masih gratis. Yang kena charge yang mau berenang di kolam renangnya saja ya. Yang kebagian tunggu barang dan tukang foto seperti saya enggak bayar. Asyik! Jadi kemarin kami hanya perlu bayar Rp 70.000 untuk dua orang (Akmal dan suami). Saya enggak bayar karena hanya nunggu saja, tidak ikut berenang. Sedangkan Azril karena masih bayi (2 tahun) enggak bayar juga. Lagian pas sampai lokasi BGG dia masih tidur.

Tarif masuk kolam renang BGG beda lagi ya kalau pas weekdays. Tarifnya lebih murah, hanya Rp 25.000/orang dewasa. Hanya di kolam renang BGG ini kami tidak dapat welcome drink seperti yang pernah kami dapat waktu kami berenang di kolam renang Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor.

Kalau di total, biaya berenang untuk kami sekeluarga (4 orang) masih lebih murah di kolam renang BGG ini dibandingkan dengan berenang di Hotel Puri Khatulistiwa. Saat kami berenang di Hotel Puri Khatulistiwa bulan Januari kemarin, saya harus mengeluarkan Rp 120.000 untuk 4 orang karena bayi juga dihitung. Sedangkan kalau berenang di BGG, saya hanya mengeluarkan Rp 70.000 saja. Lebih hemat ya. Lumayan donk selisih Rp 50.000 bisa buat beli bekal dan minuman anak. Haha.

Ruang Tunggu

Review Kolam Renang di Bandung

Ruang tunggu di kolam renang BGG ini luas, banyak, dan bersih. Bisa pilih di tempat tunggu yang dari dudukan kayu atau pilih yang tepat berada di samping kolam renang. kemarin saya pilih yang dekat kolam renangnya saja. Soalnya banyak orang yang duduk-duduk di sini daripada yang di kursi kayu itu.

Sempat nyobain menunggu sambil duduk di kursi kayunya. Azril loncat-loncat naik turun kursi dan tidak mau diam. Eh ternyata dia kecantol sama staples dibagian pahanya. Ada staples yang ketinggalan nyantol di kursi, pas Azril main pahanya kegores. Lumayan pahanya jadi lecet-lecet dan sedikit mengeluarkan darah.

Untuk teman-teman yang mau main-main atau duduk-duduk di kursi tunggu di kolam renang BGG ini hati-hati ya. Takut kecantol seperti Azril. Tetap awasi anak saat bermain.

Kolam Renang

Review Kolam Renang Anak di Bandung

Secara umum, kolam renangnya terbagi dua. Ada kolam renang yang khusus untuk anak dan ada yang kolam renang untuk dewasa, yang tentunya lebih dalam. Kolam renang anaknya, keramik dasar kolam renangnya bergambar dan berwarna-warni, lebih ceria. Cocok untuk anak-anak. Ada juga besi pembatasnya, sehingga anak-anak kalau mau transit ke kolam renang yang lebih dalam (di sebelahnya) mereka harus meloncati pagar pembatas ini.

Kolam renang untuk dewasanya ada di sebelah kolam renang anak. Dalamnya ada yang mencapai 180 cm. Kemarin saya gak sempat nyobain berenang di sini karena harus jagain Azil yang masih tidur. Saya lihat sepi kolam renang dewasanya, hanya ada beberapa anak-anak pra dewasa yang bermain-main. Tidak ada yang berenang serius.

Air kolam renangnya dingin semua, tidak ada yang hangat seperti saat kami berenang di Kolam Renang Sabda Alam Cipanas Garut akhir tahun lalu. Sekilas saya nyobain airnya, kaporitnya enggak terlalu kerasa kok.

Baca: Berenang di Kolam Renang Air Panas di Cipanas, Garut.

Kolam renangnya bentuknya tidak persegi panjang ya seperti kolam renang pada umumnya. Tapi bentuknya itu meliuk-liuk. Entah nama bentuknya apa.

Airnya juga bersih banget. Saya tidak melihat ada daun satu lembar pun di air. Tidak kelihatan lumut juga. Mungkin karena standar resort kali ya, jadi harus terjaga kebersihannya. Sama bersihnya seperti kolam renang di Hotel Augusta Sukabumi yang dibersihkan tiap pagi.

Baca: Senangnya Berenang di Hotel Augusta Sukabumi

Sayangnya, kolam renangnya masih campur. Tidak terpisah antara kolam renang laki-laki dan perempuannya. Kalau mau kolam renang khusus wanita yang terpisah, di sekitar Jatinangor juga ada. Coba ke kolam renang Al Ma'soem Rancaekek Bandung, di sana kolam renangnya dipisah antara laki-laki dan perempuan.

Waterpark di Bandung

Keunggulannya, di kolam renang BGG ini ada seluncuran tingginya gitu. Semacam mini waterpark. Akmal sama Azril seneng banget main seluncuran ini. Bolak-balik naik turun seluncuran sampai ayahnya pegal karena harus menemani mereka seluncuran. Haha.

Enaknya di BGG ini, tempatnya relatif sepi dan tenang. Rasanya kayak private pool aja. Entah mungkin karena pas kami datang lagi sepi pengunjung atau memang tiap harinya gitu. Kalau saya sih lebih senang kalau sepi gini, soalnya kalau ramai tuh enggak enak, sempiiit desak-desakan kayak cendol di mangkok dawet. Rrr...

Senengnya bawa anak-anak berenang itu mereka bisa main air sepuasnya. Mau kecibak-kecibik boleh aja sok mangga, mau pakai pelampung atau enggak silahkan. Akmal Azril kalau sudah diajak berenang senengnya gak ketulunggan. Bahkan sampai nagih minta lagi dan lagi. Kalau sudah di dalam kolam renang, walau tangan sudah keriput, mulut biru dan bergetar karena kedinginan, mereka belum mau berhenti. Di kolam renang BGG ini, mereka baru mau berhenti main air setelah tidak ada pengunjung. Semua pengunjung kolam renang BGG sudah pulang, tinggal kami berempat dan penjaga.

Playground di Kolam Renang Anak

Puas berenang, kami ajak anak-anak main ke playground yang ada di samping area kolam renang. Akmal Azril pilih main putar-putar entah apa itu namanya. Saya sampai pusing lihat mereka putar-putar gak mau berhenti. Lihat perosotan nganggur, mereka ganti lagi main ke perosotan. Tetap dengan baju renang yang basah, Akmal naik turun perosotan dijagain suami. Sedangkan saya ngawasin Azril sambil nyuapin.

Banyak pasir putih di playground ini. Tentu saja Akmal Azril senang. Apa sih yang enggak disuka sama anak-anak kalau bukan air, pasir, dan tanah? Hahaha. Azril yang sudah sempat dimandiin jadi kotor lagi deh. Biarin aja lah, yang penting dia bahagia. Kotor juga bisa dicuci pakai air.

Kamar Mandi

Shower di Kolam Renang Anak

Selesai main-main di playground, pasir-pasir yang menempel di jari-jari kaki dan badan anak-anak, langsung di guyur di tempat bilas ini. Air mancurnya mengalir deras. Langsung saja dimandiin pakai sabun di sini. Uhm, sebenarnya malu juga sih mandiin anak-anak di sini karena tempatnya terbuka. Lebih baik mandiin anak di kamar mandi sekalian mengajari mereka konsep malu dan aurat.

Tapi kalau mau tetap mandiin dan bilas di sini, baiknya pakaikan anak celana. Dada boleh terbuka, tapi celana jangan ya. Takut kenapa-kenapa.

Kamar Bilas Kolam Renang di Bandung

Kamar mandi dan toilet ada dua bagian, satu untuk bagian wanita dan lainnya untuk laki-laki. Di bagian wanita, ada tiga buah kamar mandi kecil yang dilengkapi dengan shower dan tempat sabun. Ada juga gantungan baju. Air shower-nya mengalir deras. Tidak ada air panas ya, air bilasnya dingin semua. Ada juga wastafel di bagian luar tempat cuci-cuci tangan.

Di bagian kamar mandi laki-laki, saya gak sempat ngintip. Malu juga euy. Tapi nanti saya coba tanyain ke suami kayak gimana situasi dan kondisi kamar mandinya.

Fasilitas Tambahan

Di kolam renang BGG ini, kita bisa sewa pelampung. Harga sewa pelampungnya Rp 5.000 saja. Pelampungnya itu yang pelampung tipis gitu, bukan pelampung yang semacam ban. Itu ban yang warna kuning kami bawa sendiri dari rumah, memang milik pribadi Akmal.

Mushola juga ada di sini, jadi jangan kuatir kita tetap bisa sholat tanpa harus susah-susah cari tempat buat ibadah.

Sebenarnya, aturan kolam renang sih tidak diperbolehkan bawa makanan dari luar. Tapi karena kemarin saya enggak tahu, saya sudah siapin bekal dari rumah. Kalau misalnya teman-teman gak sempat bawa bekal, di kolam renang BGG ini juga disediakan makanan kok. Ada nasi goreng yang bisa dipesan dengan harga Rp 30.000 an (kalau gak salah), ada pop mie, dan juga ada kopi. Saya kemarin gak sempat nyobain makanan dan minuman, soalnya sudah bawa sendiri dari rumah.

How To Go There

Kolam renang murah di Jatinangor

Kolam Renang BGG ini lokasinya ada di Jalan Raya Bandung - Sumedang KM 20 di Jatinangor. Masuknya dari UNPAD Jatinangor ya. Untuk bisa ke BGG ini, teman-teman bisa naik mobil atau motor yang paling mudah. Soalnya setahu saya enggak ada angkot. Palingan kalau naik umum bisa dengan cara naik ojek. Turun dulu di dekat masjid di depan Unpad (atau dekat Jatos/Jatinangor Town Square) baru lanjut naik ojek. Ongkos ojeknya paling sekitar 7 ribu - 10 ribuan.

Kemarin kami ke sana ramai-ramai naik mobil. Dari arah Cileunyi (Bandung), lokasi BGG ada di sebelah kiri jalan ya. Masuknya dari jalan provinsi Bandung - Sumedang ada sekitar 2 KM. Pintu masuknya persis ada di depan gerbang UNPAD Jatinangor. Anak UNPAD pasti sudah hafal ya. Wkwkw.

Total Pengeluaran

Parkir di BGG gratis ya, jadi kemarin saya dan keluarga cuma ngeluarin ongkos buat bayar tiket masuk BGG saja. Makanan dan minuman juga bekal sendiri, tidak ada uang keluar untuk beli makanan dan minuman. Total pengeluaran untuk renang di BGG ini hanya Rp 70.000 buat empat orang. Lumayan irit kan. Main ke mall pasti jauh lebih banyak keluar uangnya 😀

Pulang ke rumah anak-anak hepi banget. Malamnya mereka bisa tidur nyeyak, kecapekan karena habis berenang di kolam renang Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor. Alhamdulillah, weekend-nya bahagia, murah meriah ya 🙂

Kolam renang Bandung Giri Gahana (BGG) Golf & Resort Jatinangor ini recommended buat teman-teman yang sedang mencari kolam renang murah bagus di sekitar Bandung Timur dan Jatinangor Sumedang. Semua tulisan saya di atas dituliskan berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat ya review tentang Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor ini. Lain kali mau deh berenang lagi di BGG Jatinangor ini.

Ini video keseruan kami menikmati kolam renang BGG di Jatinangor. Tonton ya!

Ini alamat lengkap kolam renang di Jatinangor (BGG) Bandung Giri Gahana Golf and Resort ya.

Comments

  1. Uwien Budi says:

    Y ampuuun, kece banget tempatnya. Pengen kapan-kapan nyobain.

    1. Armita Fibriyanti says:

      Yuk ke sini bareng yuk 🙂

  2. Sandra says:

    Bersih ya Mba, saya baru tahu.. tfs ya semoga nanti bisa kesana hehe

    1. Armita Fibriyanti says:

      Yuk ke sini Sandra 🙂

  3. Ratna Dewi says:

    Wah dulu aku nggak sempat berenang di BGG pas masih kuliah. Belum kesampaian berenang disana. Biasanya cuma lari pagi aja di sekitar lapangan golf.

    1. Armita Fibriyanti says:

      Nanti kalau ke Jatinangor lagi, mampir sini deh Wi, kerasa private poolnya 🙂

  4. Charis Fuadi says:

    enak ni kesini bawa anak-istri… tp istri sama anaknya siapa ya yg mau aku aja kesini ha ha

    1. Armita Fibriyanti says:

      Menikah dulu aja kalau gitu 🙂

  5. wina says:

    selain asik tempatnya murah lagi xD

    1. Armita Fibriyanti says:

      Yuk cobain 🙂

  6. Nadella says:

    Asik banget kolam renangnya punya banyak wahana ^^

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya asyiikk loh

  7. Tempatnya asik ya, bakalan seneng nih neng Awah kalau diajakin kesini. Tapi dari rumah mah lumayan jauh hihi

    1. Armita Fibriyanti says:

      Hayuk Neng Awah siapa tahu kapan-kapan main ke sekitar sini.

  8. Annisa P says:

    wah, saya juga belom pernah kesana padahal deket kampus. nanti kapan2 nyobain ke sana ah, tempatnya kayaknya bersih & enakeun^^

    1. Armita Fibriyanti says:

      Hayuk atuh cobain yuk … deket kan ya padahal.

  9. Murah banget ya, Mba! Kalau di Jakarta rata-rata sudah nggak dapet harga segitu apalagi dengan fasilitas yang terawat dengan baik.

    1. Armita Fibriyanti says:

      Ini mungkin karena di pinggiran Bandung kali ya, masuknya sudah Sumedang, jadi harganya segitu 🙂

  10. NunungYuniA says:

    Waah liburan murah meriah ya Mbak, tapi asyik banget. Tempat parkirnya luas, kolam renangnya bersih dan tempat buat nunggunya asyik banget. Komplit deh pokoknya. Apalagi buat yang nunggu dan gak renang gak harus bayar.

  11. siswonesia says:

    Desain seluncuran kolamnya bagus, pantes anak-anak suka hihi….

  12. andre bp says:

    review nya lengkap banget. Dan bagus sepertinya tempat kolam renangnya

  13. Rhyfhad says:

    Jadi pengen kesini… keren, bersih dan indah tempatnyaaa…

  14. Maria Soraya says:

    35 rebu untuk fasilitas sekeren ituuuu ? murce mak murceeee
    naksir sama saungnya plus seluncuran tingginya, kolam renangnya pun safety ya karena ada pemisah pagar gitu jadi anak2 piyik gak bakal nyasar ke kolam renang buat dewasa

  15. evrinasp says:

    kok murah sih, di dekat rumah udah 50.000 lho tiket masuknya, padahal masih bagus yang direview mita ini

  16. Een Endah says:

    Suasananya enak ya.

    Kapan kapan review kolam renang saya dong. Kolam.renang hegar ds cikalahang

  17. nh18 says:

    Rp 70.000 buat empat orang?

    Waaaahhhhh nirwanaaaaa!
    Enak banget. Kolam renang seuprit di club house perumahan saya saja. Yang seuprit itu … sekali masuk satu orang juga 35 rebu. (ini udah pake nunjukin KTP warga perumahan). Umum 50 ribu.
    Cuma ada kolam olimpik dan kolam anak kecil cetek … mana seruuuu … (hahhaa)

    Salam saya

  18. falahalfal says:

    wahh.. enak beneeer udah bayarnya murah.. kolam renangnya luas lagi.. ditambah permainan-permainan seluncuran yang menambah ketertarikan kolam renangnya, cocok banget buat tempat renang bareng keluarga ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *