Foto Taman Satwa Garut

Jalan Jalan ke Taman Satwa Cikembulan

Jalan Jalan ke Taman Satwa Cikembulan, Garut sebenarnya sudah ingin saya tuliskan ceritanya sejak satu setengah tahun yang lalu. Tapi apalah daya belum punya kesempatan nulisnya. hehehe. Sok sibuk nih ceritanya.

Nah, mumpung bulan kemarin kami balik lagi main ke Taman Satwa Cikembulan, jadi sekarang saya mau niatkan untuk menuliskan ceritanya. Biar gak keburu lupa. Dan tentunya gak keburu males. hahaa. Soalnya kalau udah kelamaan, suka males euy nulisnya. Udah ketimpa sama liburan yang selanjutnya. Wkwk. Banyak gaya, kayak yang sering liburan aja :p

Pertama main ke Taman Satwa Cikembulan itu akhir tahun 2016 kemarin. Dulu ke sana pas suami ambil jatah liburan akhir tahun, jadi ada waktu kosong. Daripada bingung mau ke mana, dipilihlah Taman Satwa Cikembulan di Garut. Lokasinya sendiri gak jauh kok dari rumah kami. Sekitar 30 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Taman Satwa Cikembulan atau Kebun Binatang Garut ini lokasi tepatnya ada di Kampung Jati, Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Garut, Jawa Barat. Cek lokasi detailnya di blogpost paling bawah ya.

Kenapa pilih jalan-jalan ke Taman Satwa Cikembulan? Ya karena tempat ini mudah banget aksesnya. Terus gak macet. Kami lebih senang main ke tempat yang sepi. Haha. Soalnya dengan waktu tempuh yang sama, daripada main ke Bandung yang sekarang macetnya ampun-ampunan (dan dimana-mana macet), jadi kami lebih pilih sekalian jalan ke luar kota. Dan Garut jadi opsi pertama. Selain itu, tempat wisata di Garut biasanya masih lebih murah dibandingkan di Bandung.

Baca: Banjir dan Macet di Bandung

Lalu kami balik lagi ke Taman Satwa Cikembulan, Garut akhir bulan Agustus 2017 lalu. Kali ini dalam rangka menebus dosa suami yang akhir-akhir ini sering pulang malam dan gak sempat main sama 2 bocah laki. Jadi dia inisiatif untuk mengajak anak-anak main jalan-jalan ke Taman Satwa Cikembulan sekalian quality time antara anak dan ayah. Yo wes lah, saya sih hayuk aja.

Kami ke sana kemarin naik mobil. Dari jalan raya Bandung – Garut, nanti akan belok kiri di Jalan Kadungora. Jalan Kadungora ini lumayan sempit, jadi kalau ada 2 mobil selisipan, 1 mobil harus berhenti dulu di pinggir jalan untuk mempersilahkan 1 mobil lain melewatinya. Jalannya cukup mulus kok walau ada beberapa bagian jalan yang bolong-bolong tapi masih tolerable. 

Taman Satwa Cikembulan ini, menurut situs pemerintah Kabupaten Garut, ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama oleh anak-anak sekolah. Waktu kunjungan mulai ramai, saat libur sekolah tiba. Mungkin banyak yang datang ke sini karena harga tiket masuknya lumayan murah. Kemarin, saya membayar Rp 55.000 untuk 4 orang, terdiri dari 2 orang dewasa dan 2 anak. Tapi Azril belum bayar, karena masih di bawah 3 tahun. Jadi yang bayar tiket itu saya dan suami (masing-masing tiket dewasa seharga Rp 20.000) dan Akmal (tiket anak seharga Rp 15.000). Harga tiket ini naik sebesar Rp 5.000 dibandingkan kunjungan kami terakhir sekitar 1,5 tahun lalu.

Tempat Wisata Murah di Garut
Harga tiket tahun lalu. Sekarang sudah naik jadi Rp 15.000 untuk anak-anak.

Waktu saya tanya Akmal dan Azril, mereka paling suka dibagian mana dari Taman Satwa Cikembulan ini? Ternyata dari semua binatang yang ada di Taman Satwa Cikembulan ini, mereka sukanya lihat berbagai macam burung. Itu yang paling mereka ingat. Termasuk saat mereka lihat momen seekor burung unta sedang buang kotoran. Mereka ingat sekali dengan kejadian itu, bahkan sampai beberapa hari di rumah, mereka masih menanyakan kejadian burung unta buang kotoran. Haha, dasar anak-anak. Selain melihat berbagai macam burung, mereka ternyata juga suka lihat ular piton yang besar warna kuning.

Foto Kebun Binatang Garut
Favorit Akmal Azril lihat kandang burung

Setahun gak main ke Taman Satwa Cikembulan ini, ternyata ada banyak perubahan. Selain dari sisi harga tiket masuk yang naik, beberapa arena permainan juga bertambah. Ada playground baru untuk anak-anak di sisi belakang. Senang sih playground nya tambah, jadi anak-anak makin betah mainnya. Ayah Ibunya tinggal ngawasin dipinggiran sambil makan bekal. Hahaha.

Baca:  Berenang di Kolam Renang Air Panas di Cipanas, Garut

Ohya, kemarin kami ke Taman Satwa Cikembulan ini bawa bekal sendiri. Karena memang sudah niat mau jalan-jalan ke Taman Satwa Cikembulan, jadi malam sebelumnya saya sudah masak dan siapin cemilan. Daripada jajan di sana, lebih baik bawa bekal sendiri. Kan lebih sehat dan terjamin kebersihannya. Plus lebih irit juga kan. Tahu sendiri lah ya kalau di tempat wisata itu, makanannya lebih mahal. Wkwk. Hidup emak irit :p

Kemarin, kami makan di salah satu gazebo dekat kandang pelikan. Di Taman Satwa Cikembulan ini ada banyak sekali gazebo yang bisa kita manfaatkan sebagai tempat istirahat. Mau kerja di sini juga boleh. Karena tempatnya memang adem. Tersedia wifi yang bisa diakses. Tapi walaupun kemarin ada wifi, saya tetap pakai akses data dari XL. Alhamdulillah sinyal internet XL di Cikembulan, Kadungora, Garut ini kencang dan stabil jadi saya tetap bisa unggah foto-foto keseruan jalan-jalan di Taman Satwa Cikembulan ini di akun Instagram saya. Cuss ke @armitafibri intip akun Instagram saya ya. Follow juga please kalau mau lihat foto-foto jalan-jalan berikutnya :p

Tempat Wisata Murah di Garut
Gazebo bisa buat ngadem, makan bekal, atau mau kerja di sini juga boleh

Di Taman Satwa Cikembulan ada beberapa hewan besar yang tidak ada. Misalnya gajah, badak, jerapah, dan unta. Kurang tahu juga sih apa sebabnya tidak dikonservasi di sini. Mungkin karena ukuran kebun binatang ini tergolong mini kali ya, jadi hewan besar tidak dipelihara.

Sedih sih hewan-hewan besar tersebut tidak ada. Karena anak-anak sudah berharap lihat gajah dan jerapah, tapi ternyata tidak ada di Taman Satwa Cikembulan ini. Sepertinya harus diagendakan lain waktu main ke Kebun Binatang Bandung lihat gajah, jerapah, dan unta.

Meskipun ada beberapa hewan yang gak ada di Taman Satwa Cikembulan ini, kami tetap mau kok balik lagi ke sini. Tempat ini recommended buat keluarga yang ingin mengajak anak-anaknya liburan tapi malas macet-macetan.

Kamar mandi dan mushola tersedia di beberapa titik. Yang saya salut dari manajemen Taman Satwa Cikembulan ini, kamar mandinya ini kelihatan banget dipelihara. Bersih dan air pun berlimpah.

Tempat Wisata Murah di Garut

Begitu juga dengan musholanya. Bersih sih. Alat sholat (mukena dan sarung) tersedia rapih tertata di dalam lemari. Walau saat saya sholat, karpet tidak ada. Tapi ini tidak masalah, saya bisa pakai alas tas mukena saya. Mungkin karpet sedang dicuci pikir saya.

Tempat Wisata Murah Keluarga di Garut
Mushola bersih banget. Mukena dan sarung tersedia.

Saat liburan seperti ini, kita bisa sambil mengajari anak mengasah kecerdasan naturalisnya. Belajar mencintai hewan dan tanaman. Langsung praktek di alam. Beda kan ya antara kalau belajar lihat di buku atau di gadget dengan belajar langsung lihat pada bentuk aslinya.

Hindarkan juga menuliskan nama bayi atau nama anak atau nama kita di pepohonan atau plang yang ada di tempat wisata. Karena selain vandalisme, ini juga merusak keindahan alam. Suka lihat kan kejadian seperti ini? Itu menyebalkan sekali menurut saya. Tempat wisata yang tadinya bagus malah jadi jorok dan kotor oleh noda-noda coretan.

Untuk main ke Taman Satwa Cikembulan ini, total saya dan keluarga hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 60.000 saja. Uang untuk tiket Rp 55.000 dan uang untuk parkir Rp 5.000.  Masih murah dan terjangkau sih menurut saya. Sepadan dengan segala fasilitas yang diberikan.

Oke deh, teman-teman, ini dia oleh-oleh foto main dari Taman Satwa Cikembulan, Garut kemarin ya.

Foto Gambar Landak
Landak
Foto gambar burung unta
Burung Unta
Gambar Foto Burung Kasuari
Burung Kasuari
Gambar rumah tropis
Ada properti rumah sebagus ini di tengah kebun binatang. Keren ya

Gambar Playground

Foto Bebek-bebekan, wisata air

Ini map lengkapnya dari Taman Satwa Cikembulan atau Kebun Binatang Garut ya, teman-teman.

Sampai ketemu lagi di cerita jalan-jalan selanjutnya. Enaknya jalan-jalan ke mana lagi ya, ada saran?



Sponsored post, please read disclosure

38 thoughts on “Jalan Jalan ke Taman Satwa Cikembulan”

  1. Gazebonya bagus ya… kayaknya adem kalo duduk-duduk di sana. Saya juga paling suka dengan tempat wisata yang fasilitas umumnya terawat, seperti toilet dan mushala yang bersih. Pasti puas berkunjung ke sana, dan biasanya akan dikunjungi lagi lain waktu.

    Reply
  2. Taunya klo di Garut mah Cipanas & Samarang aja. Ternyata ada ya tempat kayak gini. Kakak ipar saya tinggal di Garut & saya lumayan sering main ke sana. Kayaknya dia juga belon tau deh, kasitau dia ah 😀

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.