menstruasi pasca nifas
Wanita

Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Organ Kewanitaan Terutama Saat Menstruasi

Hai teman-teman semua, terutama yang perempuan ya. Kali ini aku pengen cerita tentang hal yang berbau perempuan banget. Apalagi kalau bukan seputar menstruasi atau haid atau tamu bulanan atau period time.

Flash back sekilas waktu dulu aku pertama kali dapat menstruasi. Waktu itu kelas 1 SMP atau pas usiaku sekitar 12 tahun. Pertama kali heran waktu ada darah keluar dari organ kewanitaan.

Aku langsung cerita ke ibuku apa yang terjadi. Untungnya ibuku sigap dan memberi tahu langkah-langkah kalau datang masa menstruasi.

Kalau teman-teman masih ingat gak kapan pertama kali haid? Panik gak?

Sekarang, posisiku sudah jadi ibu. Walau semua anakku laki-laki, tapi aku punya pesan buat teman-teman yang punya anak perempuan.

Bahwa penting banget loh kita memberikan edukasi tentang seluk beluk haid untuk anak perempuan kita.

Kenapa? Nanti aku ceritain di tulisan di bagian bawah ya.

Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Sebelumnya, tahukah teman-teman kalau ada Hari Kebersihan Menstruasi sedunia yang diperingati setiap tanggal 28 Mei (25-5)?

Aku sendiri baru tahu loh kalau ada Hari Kebersihan Menstruasi pas ikut webinar nasional bertema “Sehat dan Bersih saat Menstruasi” pada tanggal 27 Mei 2021.

Hayo siapa yang baru tahu juga?

Webinar ini diadakan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia.

Di seminar ini disebutkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menstruasi dan hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi ke ibunya.

Salah satu pembicara di seminar ini Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH (Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)), menjelaskan, “Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid.”

cara membersihkan area kewanitaan
Webinar Bersama Betadine

Cara Membersihkan Area Kewanitaan Saat Menstruasi

Teman-teman, tau kan ya kalau area kewanitaan itu penting banget. Makanya saat menstruasi datang, kita sebagai wanita harus menjaganya dengan benar.

Cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan area kewanitaan kita adalah sebagai berikut:

  1. Membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala;
  2. Menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi;
  3. Menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik; serta
  4. Mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali.

Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, sebaiknya kita periksa dan lanjut ke dokter apabila gejala tidak hilang.

Sebenarnya perawatan area wanita tidak hanya saat menstruasi aja ya. Karena area penting ini juga perlu dijaga setiap hari supaya gak ada keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks.

 Cara menjaga area kewanitaan bisa kita lakukan dengan:

  1. Membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar;
  2. Hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan;
  3. Gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina;
  4. Cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina;
  5. Menggunakan celana dalam berbahan katun; serta
  6. Ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah.
  7. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur.

Tips untuk Mendiskusikan Menstruasi dengan Anak Perempuan

Pembicara Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., sebagai Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, menambahkan bahwa perlu banget kita sebagai ibu untuk bersikap terbuka dengan anak perempuan. Kita harus mengedukasi anak gadis kita dan berbicara 2 arah dengannya. Kalau bisa, informasi tentang menstruasi ini datang dari kita sebagai ibunya langsung.

Berikut adalah tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak perempuan kita sebagaimana dijelaskan oleh Ibu Anna:

  1. Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar;
  2. Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya;
  3. Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap;
  4. Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan;
  5. Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi;
  6. Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan;
  7. Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi.

betadine feminine products

Merawat Area Kewanitaan dengan BETADINE® Feminine Care

Salah satu cara merawat area kewanitaan adalah menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di daerah miss v/area wanita/organ kewanitaan. Yaitu menggunakan BETADINE® Feminine Care.

BETADINE® Feminine Care memiliki keunggulan karena produk ini menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi.

Mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable.

Produk feminine wash products dari Betadine ini bisa dibeli di Shopee atau Tokopedia ya.

Baiklah teman-teman, sekian ceritaku tentang pengalaman menstruasi dulu hingga tips merawat organ kewanitaan kita. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tulisan berikutnya.

Satu Komentar

  • Sitatur rohmah

    Betadine Feminin Care tepat banget tuk membersihkan daerah kewanitaan kita ya mba, karena bila asal membersihkan takutnya malah terjadi iritasi, gatal maupun infeksi, duh bisa bahaya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.