Wanita

Tips Belanja Kebutuhan Ramadhan

Sepuluh harian lagi kita bakalan sampai di bulan suci Ramadhan ya teman-teman. InsyaAllah kalau umur kita sampai, kita bisa menunaikan ibadah mulia. Seneng banget bisa ketemu sama Ramadhan lagi karena kita bisa panen pahala yang diobral dengan sangat murah oleh Allah SWT.

Nah biar ibadah maksimal selama bulan Ramadhan besok, aku punya beberapa tips belanja kebutuhan Ramadhan nih teman-teman.

  1. Selesaikan belanja kebutuhan sebelum Ramadan 

Karena aku maunya Ramadhan fokus di ibadah, jadi aku gak mau menghabiskan waktu berjam-jam nongkrong di mal atau pasar buat belanja. Aku lebih milih belanja semua kebutuhan ramadhan bahkan sebelum Ramadhan mulai. Biar nanti pas bulan Ramadan datang, aku fokus ibadah dan ngurusin keluarga.

2. Belanja online

Zaman sekarang, belanja online itu udah biasa banget dan udah jadi solusi dari rempongnya belanja di pasar/mall. Banyak market place dan toko online yang bisa kita pilih sebagai tempat belanja kebutuhan kita. Salah satu market place yang aku sering pakai buat belanja adalah Tokopedia. Di Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas dengan kebutuhan kita.

Baca: Cara Memulai Bisnis Online bagi Ibu Rumah Tangga

3. Pilih produk lokal yang berkualitas

Oke, aku emang jarang beli barang branded yang mihil-mihil. Punya beberapa sih, tapi yang memang aku butuhkan. Aku lebih prefer pakai barang asli daripada KW. Prefer pakai produk lokal daripada barang luar yang mahal. Wkwkwk. Karena barang lokal biasanya lebih murah. Jadi bisa lebih hemat. Tinggal pilih aja barang lokal tapi berkualitas. Kayak misalnya baju buat anak-anak.

4. Cari toko online terdekat

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Kalau belanja di market place misalnya di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

5. Pilih cara pembayaran yang tepat

Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online. Biasanya aku pakai TokoCash atau transfer bank aja. Kalau lagi punya banyak cash ya bayarnya pilih di minimarket.

Baca: Mobile Banking Terblokir, Ini Cara Mengatasinya

6. Pilih metode pengiriman paling efisien

Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita. Aku banget nih suka membanding-bandingkan pakai ongkir apa yang paling murah. Beda seribu juga lumayan ngirit kan.

7. Manfaatkan promo dan diskon

Aku sebelum belanja di Tokopedia, biasanya akan mengecek dulu promo yang ditawarkan. Caranya cek atau utak-atik bagian promo dan cari promo yang sesuai dengan yang aku butuhkan. Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih spesial?

Oke deh teman-teman, kita tunggu nanti tanggal 25 Mei ya. Penasaran nih dengan apa yang dipunyai Tokopedia.

Semoga Ramadhan kita bulan ini bisa lebih maksimal ya teman-teman. Siapa tahu kita gak ketemu lagi dengan Ramadhan tahun depan, jadinya mari kita lomba-lomba meraih kebaikan Illahi.



You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.