Mobile Banking Terblokir, Ini Cara Mengatasinya

Mobile Banking Terblokir, Ini Cara Mengatasinya

Mobile Banking Terblokir, Ini Cara Mengatasinya. Salah satu fasilitas perbankan yang aku punya saat ini adalah mobile banking. Fasilitas ini membantu banget untuk sekedar cek mutasi rekening, transfer, belanja online ataupun mau bayar-bayar tagihan. Beli pulsa, tiket kereta dan lain-lain mudah banget dilakukan kalau sudah punya mobile banking. Aku gak perlu harus jauh-jauh ke ATM atau ke kantor bank untuk melakukan transaksi finansial. Dengan modal smartphone, quota internet, dan pulsa, segala transaksi finansial semudah menyentuhkan jari di layar ponsel.

Baca: Menilik Keunggulan dan Kekurangan dari Voucher Pulsa dan Pulsa Elektrik

Tapi, kemarin aku mengalami kendala saat mau bertransaksi mengecek mutasi rekening di mobile banking BCA-ku. Sebelumnya, ada pesan di WhatsApp aku dari salah satu customer untuk pemesanan pembuatan  nama bayi bahwa ia sudah melakukan transfer ke rekening BCA-ku. Otomatis aku kan langsung mengecek ke rekening BCA-ku apakah transferan uangnya sudah masuk atau belum.

Prosedur online checking seperti ini memang selalu aku lakukan untuk menghindari insiden gagal transfer yang berakibat uang gak masuk ke rekening aku padahal customer sudah transfer. Dulu pernah kejadian soalnya. Customer sudah yakin transfer (ada bukti transfernya), tapi uang gak masuk-masuk ke rekening aku. Jadinya aku bolak-balik ke kantor bank untuk mengurusi gagal transfer ini.



Nah pas ngecek mutasi rekening ini kan perlu masukkan PIN untuk m-banking-nya. Aku pun memasukkan PIN-nya. Satu kali pencet, eh kok ada notifikasi bahwa PIN aku salah. Lah aku bingung, perasaan PIN gak aku bener dan gak aku ubah-ubah deh.

Lalu aku masukkan lagi PIN yang sama, siapa tahu kali ini benar. Lagi-lagi, ada notifikasi yang sama bahwa PIN aku salah. Aku bingung salahnya di mana. Soalnya PIN aku masih sama. Dalam hati oh mungkin karena situasi aku lagi di jalan dan di dalam mobil, jadi mungkin saja jariku kepleset pencet nomor yang salah. Maklum jari tanganku buntet 😀

Karena aku tahu bahwa kalau salah masukkan PIN selama 3 kali, maka akan berakibat terblokirnya m-banking. Jadi aku hentikan dulu cek mutasi rekening via m-banking BCA ini. Keesokan harinya baru mau aku coba lagi, siapa tahu benar dan tidak ada masalah.

harbolnas

Aku pun pindah transaksi via internet banking BCADi i-banking BCA ini  Alhamdulillah gak ada kendala dan aku lancar-lancar saja waktu mau ngecek mutasi rekening.

Pagi ini, aku coba lagi cek mutasi rekening via m-BCA. Aku masukkan lagi PIN yang sama kayak kemarin. Eh, salah lagi donk! Daaan… dung-deng, terblokirlah M-BCA aku karena sudah 3x salah memasukkan PIN. 🙁 cry baby cry… 

Reaksi pertama yang aku lakukan adalah sebel, kok bisa sampai terblokir padahal PIN udah bener. Keep calm. Gak usah panik, tarik nafas, dan tenang, masalah akan teratasi. Aku segera ambil kartu ATM BCA-ku. Biasanya di balik (bagian belakang) kartu ATM ada nomor telepon customer service-nya. Benar saja, di bagian belakang kartu ATM BCA ada nomor Halo BCA (500888). Aku telpon ke nomor tersebut dari telpon rumah. Eh ternyata tulatit. Nomornya gak bisa di telpon. Aku coba pakai kode 021, siapa tahu sukses. Eh masih tulalit lagi. Gimana sih ini nomornya gak valid apa ya.

Baca: Jangan Buru-Buru Buang Nomor Handphone yang Hangus, Coba Reaktivasi!

Googling lah aku. Cari nomor telepon Halo BCA yang benar berapa. Ternyata sekarang nomornya sudah berganti menjadi 1500888. Owalah pantesan nomor yang tadi gak bisa dihubungi ternyata ada tambahan angka 1 toh di depannya. Berarti nomor Halo BCA yang ada di belakang kartu ATM sudah gak valid lagi.

Segera aku telpon Halo BCA di nomor 1500888. Aku cerita bahwa M-BCA aku terblokir karena salah memasukkan PIN 3x. Oleh petugas customer service-nya, M-BCA-ku di reset ulang. Kalau masih ingat PIN mobile banking-nya, kita gak perlu ganti PIN. Tapi kalau lupa ya udahlah, waktunya ganti. Mau gimana lagi. Pasrah, bikin lagi PIN yang baru.

Setelah itu, aku diminta ke ATM BCA untuk aktivasi m-banking-nya. Prosedurnya sama seperti dulu pertama kali daftar aktivasi mobile banking. Kalau sudah berhasil, kita bisa bertransaksi lagi seperti biasa. Kalau belum daftar untuk aktifasi finansial, kita perlu ke kantor BCA untuk daftar. Hubungi customer service-nya minta untuk diaktifkan transaksi finansial di mobile banking kita.  Kalau sudah aktif, kita bisa bayar tagihan, beli pulsa, belanja online, transfer dan lain-lain via mobile banking. 

Ternyata cukup mudah ya mengatasi kalau M-BCA kita terblokir. Tidak perlu panik. Tenang. Telpon saja customer service-nya. Aku rasa prosedurnya sama untuk bank apapun kalau mobile banking kita terblokir, langsung telpon CS-nya. Nanti akan dipandu oleh CS-nya gimana cara reaktivasinya lagi.

Ingat, jangan pernah memberikan data PIN kita ke siapapun, termasuk ke customer service-nya karena itu rahasia. Apalagi belakangan ini lagi ramai skimming yang menghantui nasabah bank.

Baca: Hati-Hati Penipuan Dengan Modus Mandiri E-Cash.



17 thoughts on “Mobile Banking Terblokir, Ini Cara Mengatasinya”

  1. Kalau ketemu situasi seperti itu, kayaknya saya bakalan panik. Karena saya paling males ngurusin hal-hal seperti itu, ribet! Pengennya yang praktis, jadi bakalan baper aja, kalau sampai m-bankingnya bermasalah. Paling minta bantui suami untuk ngurusin hehehe

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.