Bagaimana jika nomor XL, Simpati, M3 Hangus
Tips & Informasi

Jangan Buru-Buru Buang Nomor Handphone yang Hangus, Coba Reaktivasi!

Pernah ngalamin nomor handphone kamu non aktif gara-gara lupa isi pulsa sampai melewati masa tenggang? Tenang, jangan buru-buru buang dan mengantinya dengan nomor yang baru. Bulan kemarin saya mengalaminya dan di blogpost kali ini saya mau berbagi pengalaman ini supaya kalau kamu mengalami kejadian yang sama dengan saya kamu gak perlu buru-buru ganti kartu baru.

Ceritanya, saya punya dua nomor. Yang pertama adalah nomor XL dan yang kedua nomor Telkomsel. Enaknya punya dua nomor yang beda provider itu menguntungkan kalau pas lagi telpon sesama operator biayanya bisa lebih murah. Tapiii.. gak enaknya, saya sering lupa isi pulsa karena kalau nomor XL pas habis pulsa, saya bisa pakai pulsa Telkomsel. Begitu juga sebaliknya.

Karena kemampuan ngandelin gini, saya jadi lupa kalau nomornya belum diisi pulsa sampai masa aktifnya habis dan melewati masa tenggang. Kalau sudah lewat masa tenggang, nomornya akan non aktif dan gak bisa dipakai buat apa-apa. SMS, telpon, paket data semua mati.



Rugi? Iya banget! apalagi nomornya sudah dipakai bertahun-tahun. Kebetulan nomor saya yang jadi nonaktif adalah nomor XL yang sudah saya gunakan selama 12 tahun terakhir. Bayangkan donk kalau nomor handphone sudah selama itu hampir semua keluarga, teman, tetangga, dan customers saya taunya nomor tersebut. Apalagi nomor XL ini adalah nama yang saya pakai untuk usaha jualan jasa pembuatan nama bayi dan perusahaan. Gak kebayang kalau nomor XL ini sampai harus mati dan saya kudu ganti baru. Kalau harus ganti nomor baru, saya malas ngasih kabar ke orang-orang tentang nomor baru ini.

Kok bisa saya sampai gak tau kalau nomornya sudah melewati masa tenggang?

Yap, karena bulan kemarin itu Alhamdulillah kerjaan saya lagi banyak. Setiap ada notifikasi yang masuk ke HP dari provider XL gak terlalu saya perhatikan karena pikiran saya lagi fokus ke pekerjaan utama saya. Tau-tau pas saya mau SMS, kok SMSnya gak bisa sampai ya. Gagal terus mau SMS. Dan saya baru sadar kalau nomornya sudah mati.

Baca: Cara Mempromosikan Bisnis di Sosial Media

Blogging
Smartphone adalah barang penting saat ini

Oh, no! saya panik. Kebayang malasnya kalau harus ganti dengan nomor HP baru. Memang masih ada nomor yang Telkomsel itu, tapi saya masih sayang banget kalau harus kehilangan nomor yang XL ini. Udah bertahun-tahun nomornya dan sudah mendunia.

So, saya buru-buru hubungi customer service-nya XL. Karena gak bisa telpon, kebetulan pulsa Telkomsel lagi kosong, jadi saya hubungi CSnya via e-mail. Saya cerita aja kondisi nomor handphone saya tersebut dan kalau bisa minta dinonaktifkan lagi nomor XL-nya.



Beberapa jam kemudian, si Mbak CS membalas e-mail saya dan disebutkan bahwa ternyata reaktivasi nomor XL hanya dapat dilakukan di XL Center maksimal 60 hari sejak kartu hangus. Diingat-ingat lagi, kartu saya baru hangus sekitar 2 hari sebelumnya, berarti masih bisa diaktifkan kembali. Alhamdulillah, masih ada secercah harapan.

Tapi, saya tetap harus harus ke XL Center di Bandung untuk mengaktifkan nomor saya ini. Hmm..  saya kira bisa langsung reaktivasi melalui email. Kebayang ya kalau yang tinggalnya jauh di daerah dan tidak ada XL Centernya. Kasihan kalau nomornya hangus dan mau reaktivasi dia harus melakukan perjalanan jauh ke kota terdekat yang ada XL Centernya.

Hari berikutnya, saya coba ke XL Center. Saya cobain dulu ke kantor XL yang ada di Jalan Soekarno Hatta, Riung Bandung. Kata suami, coba aja ke sini dulu soalnya lebih deket dari rumah. Eh ternyata pas sampai di kantor XL ini, saya ditolak. Wealah, kantor XL yang ini hanya kantor aja rupanya, cuma ngurusin jaringan. Gak punya pelayanan ke customers. 

Baiklah, oleh satpam yang bertugas, saya disarankan ke XL Center di Bandung yang lokasinya ada di Jl. RE Martadinata  (Jl, Riau) No.7, Taman Sari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Perjuangan buat saya yang tinggal di daerah Bandung coret menuju XL Center di Bandung kota ini. Lumayan perjalanan dua jam dari kantor XL di Soekarno Hatta ke XL Center di Jalan Riau, macet euy. Nyetir sendiri pula dari rumah plus bawa dua balita.

Baca: Agar Anak Selalu Ceria Selama Perjalanan Liburan



Sampai di XL Center, saya langsung ambil nomor antrean. Sekitar 15 menit menunggu, giliran saya dipanggil oleh Mbak customer service. Saya cerita kalau kartu hangus dan minta direaktivasi kembali. Oleh si Mbak, saya ditanyain tentang kapan terakhir masa aktif kartunya, apakah SIM Cardnya masih ada atau enggak, di mana alamat rumahnya. Si Mbak lalu ngecek-ngecek dulu data saya di komputer dia dan melakukan validasi data. Setelah semua data yang saya sebutkan tadi cocok dengan data yang ada di komputer si Mbak, saya diminta ngisi blanko permintaan reaktivasi kartu dan menandatanganinya.

Saldo pulsa yang tersisa di nomor yang hangus ini akan otomatis hilang ya dan nanti pulsanya akan jadi nol. Untuk reaktivasi ini, biayanya gratis. Tapi saya diminta untuk mengisi pulsa saat itu juga minimal senilai Rp 25.000. Saldo ini nanti akan langsung masuk sebagai pulsa nomor HP.

harbolnas

Alhamdulillah nomor XL saya yang sempat hangus ini bisa diaktifkan lagi. Sekarang sudah bisa dipakai buat SMS, telpon, dan pakai paket data. Yeay! Nanti gak akan lagi deh kelupaan isi pulsa sampai lewat masa tenggang. Ohya, masa tenggang kartu XL itu ternyata cuma 3 minggu. Kirain sampai 1 bulan 😀

Jadi, buat teman-teman yang nomor handphone-nya hangus, jangan buru-buru dibuang dan ganti nomor dengan yang baru. Cobain direaktivasi ya!

Btw, ini ada video waktu saya main ke XL Center Bandung.



55 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.