Cara Mudah Mengusir Tikus Rumah

Cara Mudah Mengusir Tikus Rumah. Tikus, hiii geli geli takut gitu ya kalau ketemu. Apalagi kalau ketemu tikusnya di dalam rumah. Saya aja kalau ketemu tikus gitu langsung bergidik dan pengen cepat-cepat mengusirnya. Teman-teman gimana reaksinya kalau ketemu tikus?

Di rumah saya, tikus pernah beberapa kali masuk ke dalam rumah. Tikusnya itu yang warnanya hitam pekat dan ukurannya lumayan besar. Gak ada lucu-lucunya. Sepertinya ini tikus got. Si tikus ini bisa masuk ke dalam rumah lewat akses lubang pembuangan air (pipa). Jadi di rumah saya, ada pipa yang menghubungkan tempat cuci piring dan selokan tempat pembuangan air limbah rumah tangga. Tikus akan sering masuk kalau saya lupa membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di lubang tempat cucian ini.

Saking aktifnya si tikus cari sisa-sisa makanan, tempat cucian piring pernah sampai bolong digigitin sama si tikus nakal ini. Pipa paralon pun ikut digigitin juga. Karena bolong, tempat cucian jadi bocor,ย air clak clek netes ke mana-mana. Gemes-gemes-sebel sama kelakuan si tikus ini, satu set paralon dan tempat buat nampung kotoran bekas cucian harus diganti.

Sementara masalah teratasi asalkan saya rajin bersihin tempat cucian piring begitu selesai mencuci piring dan juga membuang sisa-sisa makanan ke tempat sampah. Memang ya, tikus ini senangnya main di tempat yang kotor dan jorok. Jadi gak heran kalau rumahnya kotor pasti banyak tikus bersarang di dalamnya.

Nah, beberapa minggu terakhir ini, si tikus muncul lagi. Memang gak banyak sih, perkiraan saya cuma ada satu. Tiap malam kedengaran dia utak atik cari-cari sesuatu. Entahlah cari apa, tapi kemungkinan besar sih cari makanan atau sesuatu yang bisa dia gigit-gigit.

Awalnya saya diemin aja, toh sudah tidak ada makanan di luar. Makanan matang kalau malam sudah saya masukkan ke kulkas semua sebelum tidur, tinggal makanan kering dan snack-snack saja di luar. Tidak ada akses masuk juga buat si tikus masuk ke dalam rumah kecuali pipa paralon tempat pembuangan air limbah rumah tangga.

Karena si tikus tidak bisa masuk ke dalam rumah, dia coba beraksi di luar rumah. Rupanya dia gigitin saluran air untuk pembuangan air kotor dari mesin cuci. Mesin cuci di rumah saya memang di taruh di luar, jadi si tikus bisa ‘mainan’ di mesin cuci ini. Hiks. Pas mau mencuci baju, kok air meluber ke luar ke mana-mana. Setelah di periksa oleh suami, ternyata saluran airnya bocor digigitin tikus, hiii. Pantesan.

tips mengusir tikus
Tikus Nakal Menggigiti Lubang Saluran Pembuangan Air di Mesin Cuci

Tikus juga menyisakan banyak sampah kertas dan plastik yang dia bawa dan sembunyikan di bawah mesin cuci. Jadi tempat bersarangnya. Ada juga bekas gigitan karton box wadah sepatu.

Pernah juga kejadian sepatu saya tidak bisa dipakai karena tali sepatu putus digigitin tikus. Sandal Akmal juga jadi bocel di ujung-ujungnya karena digigitin juga. Duh, kalau di list kerusakan yang disebabkan oleh tikus, ada banyak. Raportnya merah deh buat si tikus. Kesel.

Kalau lagi beraksi, kedengaran berisik sekali si tikus ini sampai-sampai saya melek dan terbangun dari tidur. Hiks, jadi menganggu kualitas tidur saya kan. Penasaran pengen mengusir tikus ini deh, tapi bingung caranya gimana.

Pernah nyobain pakai lem tikus. Tapi menurut saya kurang efektif deh perangkap lem tikus ini karena daya jeratnya kurang kuat. Setelah terperangkap, si tikus masih bisa berontak dan ada kemungkinan kabur meskipun sudah terjerat lem tikus. Malangnya, penggunaan lem tikus ini juga sering menjebak yang punya rumah. Hahaha, saya sendiri pernah beberapa kali menginjak lem tikus yang saya pasang sendiri, duh payah.

Sejak sebulan terakhir ini, saya mencoba menggunakan alat modern untuk mengusir tikus yang ada di rumah saya. Namanyaย Extro by Tissor tipe-235 PR.ย Produk ini memberikan perlindungan rumah dari bahaya tikus. Enaknya, penggunaan alat pegusir tikut Extro ini bebas bahan kimia karena menggunakan gelombang ultrasonik dan elektromagnetik yang terintegrasi dalam satu unit untuk mengusir tikus. Karena alat ini hanya mengusir tikus untuk pergi jauh-jauh dari rumah kita, bukan membunuhnya, jadi kita tidak perlu repot membuang bangkai tikus seperti saat kita menggunakan lem tikus, racun tikus, atau perangkap tikus.

Alat Extro ini dilengkapi dengan lampu malam yang bisa membantu kenyamanan kita, tanpa perawatan, mudah dipasang, tidak perlu kabel, dan langsung bisa dipasang pada stok kontak. Wah gampang ya, tinggal colok aja. Listrik yang digunakan sekitar 4W, lumayan hemat ya.

Berdasarkan keterangan yang saya baca di brosur yang ada dalam kemasan alat Extro ini, si gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh alat ini, gelombang elektromagnetiknya bisa menganggu sistem syaraf tikus. Namun tidak akan mempengaruhi manusia, hewan peliharaan, dan alat-alat elektronik di rumah. Tikus itu sensitif dan peka dengan perubahan frekuensi elektromagnetik. Sinyal yang dihasilkan alat Extro ini akan hidup dan mati setiap beberapa detik jadi tikus tidak dapat membangan daya tahannya.

Gelombang elektromagnetik ini akan menganggu kenyamanan tikus sehingga tikus akan berpindah. Mereka akan merasa gelisah dan menghindar jauh dari daerah di mana alat ini bekerja.

Alat Extro ini efektif untuk ruangan sebesar 100m2. Cocok ya untuk rumah saya yang besarnya gak sampai 100m2, hihihi, maklumlah rumahnya masih kecil. Kalau misalnya rumah teman-teman termasuk rumah yang besar, disarankan untuk menggunakan alat Extro lebih dari satu unit agar gelombang yang dihasilkan dapat lebih efektif didistribusikan secara optimal.

Di minggu pertama penggunaan alat Extro ini, tikus akan merasa gelisah dan tidak nyaman. Pada minggu kedua, tikus di sekitar rumah akan mencari tempat aman untuk berlindung, membuat lubang agar dapat keluar rumah, dan menjauh dari lingkungan rumah. Pada minggu ketiga, tikus akan meninggalkan rumah dan pada minggu ke empat tikus sudah tidak berkeliaran lagi di dalam rumah.

Sudah satu bulan sejak penggunaan alat Extro pengusir tikus ini, sudah tidak terlihat lagi tikus berkeliaran mondar-mandir. Syukurlah sekarang ada alat modern yang tidak merepotkan saat kita harus mengusir tikus keluar dari rumah. Tinggal colok, beres.

Siapa tahu teman-teman juga lagi kebingungan cari cara mudah untuk mengusir tikus di rumah, bisa pakai alat Extro dari Tissor Indonesia ini. Di web Tissor Indonesia, semua informasi sudah tersedia dengan lengkap, silahkan dikulak-kulik ya teman-teman.

Selamat mencoba ya.


Sponsored post. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi.ย 

Comments

  1. evrinasp says:

    eta tikus gerogotin pipa, ckckck, dikira makanan apa ya, jangan2 saluran air cucian ku juga kena si tikus nih, tapi jarang lihat tikus di rumah ding

    1. Armita Fibriyanti says:

      Horor banget emang ini tikus. Syukurlah kalau di rumah kak Ev gak ada tikus ya.

  2. Evi says:

    Cerdas benar alat pengusir tikus nya. Tidak membunuh hanya menyuruh pergi. Anti tikus yang selaras dengan alam ๐Ÿ™‚

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya Mbak. Bagus ya inovasinya ๐Ÿ™‚

  3. Astri Hapsari says:

    Ta, ini beneran ampuh?
    Duh aku udah macam pingin memusnahkan tikus
    Nyebelin banget kalau malam nggratakin rumah

    1. Armita Fibriyanti says:

      Beneran ampuh di rumahku ๐Ÿ˜‰

  4. prananingrum says:

    baru tau nih mbak ada alat pengusir tikus extro …kapan2 nyoba deh

    1. Armita Fibriyanti says:

      Yuk cobain Mbak ๐Ÿ™‚

  5. Duh…rumahku Maaaak… banyak tikus. Udah diracun dan dijebak, ntar bakal datang lagi imigran gelap dari rumah tetangga. Wkwkwk. Keknya bakal berguna punya alat ini deh. TFS Mak.

    1. Armita Fibriyanti says:

      Hayu Mbak Wid, cobain pakai Extro ini yuk

  6. ndop says:

    Wow diriku musti beli nih. Banyak tikus di rumah dan sante aja gak ada takut takutnya sama manusia haha. Walaupun sudah berkurang gara2 diriku memelihara kucing, tapi tetep aja masih ada tikus yg segedhe gaban berkeliaran.

    1. Armita Fibriyanti says:

      Hayuk belilah Gus Ndop.

  7. fajar says:

    horor nih kalau ada tikus dirumah, bikin gak nyaman pastinya…

    1. Armita Fibriyanti says:

      Banget, bajuku juga kadang bolong-bolong digigitin tikus

  8. Ronal Gigih says:

    klo saya sudah selesai sma masalah tikus ini gan, masalahnya saya sekarang berhadapan dengan tokek, hewan ini juga ngganggu banget ,, tips dan caranya apa ya??

    1. Armita Fibriyanti says:

      Tokek? cobain aja pakai extro juga Mas. Selain tikus, Extro juga diklaim bisa mengusir hewan kecil lain seperti kecoak, semut, dll. Barangkali bisa dicoba untuk mengusir tokek juga.

  9. AyokNikah says:

    Kalau saya pas dirumah sering banget ngelihat tikus wara-wiri di setiap ruangan. Cara mengusirnya dengan menabur kopi bubuk di tempat yang sering dilewati sama tikus2 itu. Alhasil dalam 2 hari tikus sudah hilang.

    Tapi kemudian muncul lagi, yah wajar lah rumah saya rumah “mewah” ๐Ÿ˜€
    mbak tau kan maksud “mewah” itu?

    1. Armita Fibriyanti says:

      Bubuk kopi? Wah bisa juga tuh dicobain.

      Mewah? mepet sawah bukan?

  10. william says:

    terima kasih mbak sarannya. ane nih kalau di rumah tidak bisa tidur soalnya suara tikus itu ganggu banget, pernah di kasih obat dan berhasil, sayangnya bangkainya gak ditemukan. Jadi penuh tuh rumah dengan bau bangkai tikus

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya, males banget kan kalau rumah malah jadi bau bangkai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *