Cara Nyaman Ibu Hamil Mudik Lebaran Menggunakan Kereta Api

Cara Nyaman Ibu Hamil Mudik Lebaran Menggunakan Kereta Api

Assalamu’alaikum teman-teman. Gimana kabarnya? Semoga semuanya baik -baik saja ya.

Tau kan ya kalau sebentar lagi kita akan masuk bulan Ramadhan yang mulia. Setengah bulan lagi loh. Hayo gimana persiapannya menjelang bulan puasa?

Udah lunas semua belum utang puasanya? Aku masih kurang 1 lagi nih. Aku bolong 1 hari pas puasa Ramadan tahun lalu. Waktu itu menang sengaja gak niat puasa Ramadan soalnya pas banget dengan perjalanan jauh mudik ke kampung halaman. Waktu itu juga pas lagi hamil anak ketiga. Usia kandungan sekitar 16W.

Baca: Cerita Kehamilan Trimester 1

Salah satu orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa adalah ibu hamil dan menyusui. Karena takut lemas dan gak kuat selama perjalanan 350 km dari Bandung ke Purworejo, makanya aku memilih untuk tidak berpuasa dan berniat untuk menggantinya lagi nanti.

Hihi, tapi sampai sekarang aku belum menggantinya. Soalnya lemes banget nih saat jadi busui. Sedikit-sedikit lapar. Dan tingkat laparnya itu ngalah-ngalahin saat hamil dulu. Telat makan dikit aja bisa gemeteran sebadan-badan. Cung mana busui yang nasibnya sama kayak aku?

Cara Nyaman Ibu Hamil Mudik Lebaran Menggunakan Kereta Api

Ngomong-ngomong tentang mudik dan ibu hamil, aku punya tips nih gimana caranya biar bumil saat mudik nanti bisa tetap aman dan nyaman saat mudik dengan menggunakan kereta api.

Baju Khusus Ibu Hamil

Kenapa kereta api?

Karena kereta api adalah moda transportasi yang paling aman menurutku buat ibu hamil saat harus bepergian jauh. Di dalam kereta, goncangannya relatif lebih kecil dan stabil tidak seperti goncangan saat naik mobil. Selain itu, saat naik kereta, ibu hamil juga bisa lebih rileks karena bisa selonjoran kaki dengan bebas. Apalagi kalau naik yang kereta api yang kelas eksekutif, leg room nya lebih spacious dari pada kelas ekonomi dan bisnis. Eh sekarang udah gak ada ya kereta kelas bisnis?

Ibu hamil juga bisa jalan-jalan di dalam kereta. Sehingga bisa meminimalisir kaki bengkak. Biar gak bosan juga sih bisa jalan dan jajan di kereta makan.

Beli Tiket Kereta Api Lebaran Jauh-Jauh Hari

Tau kan ya kalau tiket kereta api lebaran sekarang bisa dibeli jauh-jauh hari. H-90 udah bisa dibeli loh. Karena hari lebaran sudah pasti, maka dari 3 bulan sebelum lebaran, ibu hamil sudah bisa beli tiket kereta loh. Dengan pesan tiket kereta api lebih awal, ibu hamil jadi punya persiapan lebih dini. Gak perlu kemrungsung atau panik kehabisan tiket mudik lebaran.

Kalau sampai sekarang belum beli tiket mudik kereta api gimana? Ya gak papa bumils. Jangan bersedih. Tinggal cari aja jadwal kereta api. Mau mudik ke mana dan naik dari stasiun mana.

Misalnya aku nih ya. Akan mudik dari Bandung ke Purworejo. Stasiun pemberangkatan terdekat dari rumah adalah Stasiun Kiaracondong. Sedangkan stasiun tujuannya adalah Stasiun Kutoarjo. Cari aja tiket kereta api online yang melayani rute tersebut.

tiket kereta api lebaran
Pesan tiket kereta api lebaran dengan aplikasi Pegipegi

Aku cek kursinya di aplikasi Pegipegi masih ada loh untuk pemberangkatan tanggal 21 Mei 2019 atau sekitar 10 hari menjelang lebaran. Ini teman bumil bisa menyesuaikan dengan jadwalnya masing-masing ya. Saran aku sih mudiknya lebih awal, sekitar pertengahan puasa supaya tiket keretanya masih ada. Kalau berangkat awal-awal juga suasana mudik belum terlalu ramai. Kereta tidak terlalu berdesakan sehingga lebih aman buat ibu hamil.

Saat pesan tiket lebih awal, harga tiket kereta api juga masih normal. Belum kena tuslah. Ini lumayan banget kan jadi pengeluaran untuk tiket mudik lebaran bisa ditekan.

Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Ya betul sih, bagasi kereta itu memang besar. Tapi bukan berarti ibu hamil bisa bawa barang banyak-banyak. Namanya ibu hamil, pasti nanti selama di perjalanan akan sibuk mengamankan bayi dalam kandungannya supaya tetap aman dan nyama.

Lagian rempong kalau bawa banyak barang. Berat euy. Bawa badan aja udah berat apalagi kalau ketambahan bawa-bawaan besar. Cukup 1 tas aja bawanya ya bumils. Bawaan lain biar ditenteng suami. Hihi.

Barang-barang yang perlu dibawa ibu hamil selama mudik naik kereta menurutku yang penting adalah cemilan. Namanya ibu hamil itu lapar terus loh. Bawa aja camilan yang paling enak dan disukai. Biar bisa bebas ngemil di kereta. Jangan lupa bagi juga ke penumpang sebelah ya.

Emang bisa sih beli camilannya di dalam kereta. Tapi mahal loh beli di dalam kereta itu. Sebagai ibu yang suka ngirit, biasanya aku sih bawa sendiri cemilan dari rumah.

Ohya, bantal kecil juga perlu dibawa. Bantal ini fungsinya buat menyangga atau mengganjal pinggang belakang biar ibu hamil gak cepat pegal. Kalau gak punya bantal kecil ya gak papa. Nanti bisa sewa di kereta. Harga sewa bantalnya sih terakhir setahuku sekitar Rp 5.000 saja. Murah kan.

Bawa HP dan power banknya sekalian jangan lupa ya. HP penting buat komunikasi dengan suami, teman, atau saudara.

Baca: 5 Ciri Power Bank Xiaomi 20000 mAh Asli

Nikmati Perjalanan dengan Partner yang Asyik

Kalau bisa, Ibu hamil jangan mudik sendirian. Usahakan ada teman seperjalanan yang menemani. Bisa suami, orang tua, teman atau saudara. Namanya juga ibu hamil, kalau ada partner yang menemani kan perjalanan jadi lebih aman. Soalnya kalau terjadi sesuatu, ada yang bisa bantuin dengan segera.

Perjalanan mudik naik kereta api itu kan biasanya lama dan jauh. Udah gitu pemandangannya biasanya sawah-sawah. Biar gak bosan selama di jalan, nikmatin aja perjalanannya ya bumil. Bisa ngobrol dengan partner perjalanannya, ngemil, baca buku, nonton TV, tidur, jalan-jalan di dalam kereta atau dzikir juga bisa.

obat sakit gigi buat ibu hamil

Perjalanan jarak jauh yang aman buat ibu hamil itu biasanya saat kandungan usia trimester 2 atau usia kandungan 4 – 7 bulan. Biasanya udah gak terlalu mabok (morning sickness). Jadi kandungan bisa lebih kuat dan juga gak terlalu beresiko lahir lebih dini.

Konsultasikan aja ya ke dokter kandungan atau bidan sebelum mudik. Kalau diperlukan, biasanya dokter atau bidan akan ngasih obat penguat kandungan.

Oke deh, sehat-sehat ya bumil. Teman punya tips lain cara nyaman ibu hamil mudik lebaran menggunakan kereta api? Share di kolom komentar yaaa



22 thoughts on “Cara Nyaman Ibu Hamil Mudik Lebaran Menggunakan Kereta Api”

  1. Whaaa… makasih ya Mbak infonya. Aku hamil pertama dan kemungkinan akan mudik tapi nanti pas nujuhbulan, masih dredeg gimana nanti naik kereta kesana. Kalo udah 7 bulan, kira2 lebih nyaman naik kereta atau pesawat ya, mbak? 🙂

  2. wah udah gede kandungannya, mungkin karena tubuhnya Armita mungil ya?

    Seingatku sewaktu hamil besar, saya enjoy aja wara wiri ke luar kota naik kendaraan pribadi karena KA belum seasyik sekarang

    Kalo jadi mudik, semoga sehat dan lancar yaaa ….

  3. Hai, Mbaaak. Setujuh soal bawa cemilan yang banyak dan bantal. Pengalaman dulu hamil itu bawaannya lapaaar terus. Eh, tapi lebih lapar waktu menyusui, ding, hahaha … Perjalanan naik kereta tuh nggak enak karena lamanya. Yang lainnya sih oke, ya. Kereta sekarang kan nggak kayak dulu lagi. Bahkan kelas ekonomi pun sudah satu orang satu kursi. InsyaAllah aman, lah. Tapi kalau jaraknya jauh banget misalnya Jakarta ke Jawa Timur gitu, aku sih mikir-mikir lagi ya berkereta. Puegelnya, Maaak …

  4. Aduh, aku gak kebayang deh kalo hamil mudik gitu. Jarak jauh pasti bikin aku mabok. Tiap hamil selalu mabok perjalanan. Tapi kalo kereta apinya nyaman ungkin enggak ya. Terusnya jangan terlalu deket ke hari H. Biar gak penuh kayaknya ya.

  5. Selalu salut sama bumil yang bisa melakukan perjalanan darat. Apalagi kereta api yang makan waktu berjam-jam, makanya harus disiasati ya teh. Kebetulan kalau aku nggak mudik tapi habis lebaran mau ngebolang ke jatim, pesen tiket keretanya dari sekarang ah di pegi-pegi

    • Pernah baik kereta pas mudik ke Tasikmalaya, pilihan naik kereta karena prediksi kalau bawa mobil dan lewat jalur Garut pasti macet total, alhamdulillah perjalanan lancar dan anak-anak pun senang naik kereta, tapi belum pernah nih naik kereta saat hamil hehehe, mudah-mudahan nggak usah, naik keretanya saat kondisi normal aja hehe

  6. waktu pas hamil 9 bulan aku masih nek kereta ke Bekasi wkwk 2 jam doang sih teh lah mudiknya emang ke sana :p

    tips jgn bawa barang banyak emang betul banget teh karena remvong banget plus engap

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.