CAT BKN: Produk Unggul Indonesia yang Diapresiasi oleh World Bank

CAT BKN: Produk Unggul Indonesia yang Diapresiasi oleh World Bank

CAT BKN: Produk Unggul Indonesia yang Diapresiasi oleh World Bank. Beberapa bulan terakhir ini, lingkaran pertemananku sibuk sekali ngomongin tentang penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Mulai dari berbagi informasi tentang kementerian mana yang open position, cara daftarnya bagaimana, prasyaratnya apa, contoh soalnya bagaimana, strateginya gimana biar keterima dan juga tidak lupa saling mendoakan semoga ada yang keterima jadi PNS tahun ini. Aku sendiri tahun ini ikut bantuin beberapa saudara yang ikut daftar jadi CPNS.

Seperti kita ketahui, sudah sejak beberapa tahun terakhir ini, terutama sejak tahun 2013 ya, penerimaan CPNS di Indonesia sudah menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Testing) atau istilah gampangnya tes yang berbasis komputer. Sudah tidak ada lagi antrean manual panjang di BKN (Badan Kepegawaian Nasional) atau BKD (Badan Kepegawaian Daerah). Tes tertulis dengan menggunakan LJK (Lembar Jawab Komputer) juga sudah bye bye. Semuanya sudah online dan lewat satu pintu Panselnas (Panitia Seleksi Nasional).

Menurutku, tes online ini sebuah terobosan besar dan super keren yang dilakukan di Indonesia. Karena dengan sistem CAT ini, penerimaan CPNS menjadi lebih terbuka, transparan, adil, dan akuntabel. Bahkan kita bisa lihat hasil akhir berapa nilai tes kita sendiri loh di akhir ujian secara real time. Hasil ujian akan keluar di layar komputer saat kita selesai mengerjakan ujiannya. Hasilnya juga biasanya akan dipampang di papan pengumuman oleh panitia. Jadi semua transparan proses dan hasilnya, tidak ada yang disembunyikan.

Tes CPNS ini ada beberapa tahap. Yaitu seleksi administrasi, SKD (Seleksi Kompetensi Dasar), SKB (Seleksi Kompetensi Bidang), dan pemberkasan. Yang lolos seleksi administrasi bisa maju ke SKD. Kalau lolos passing grade saat SKD bisa maju ke tahap SKB. Terakhir, jika lolos SKB, bisa pemberkasan dan diterima jadi CPNS deh. Tuh kan, sekarang aja tes masuknya berlapis gini. Salut.

Tahu kan ya, kalau dulu-dulu penerimaan CPNS itu bisa lewat jalur “samping” atau “belakang”. Asalkan punya fulus, bisa mulus deh diterima jadi CPNS. Tapi gak semua CPNS dulu masuknya lewat jalur samping atau belakang loh. Ada beberapa yang menjadi oknum memanfaatkan situasi ini. Jadi deh nama PNS itu buram. Apalagi kinerja orang-orang yang masuk lewat jalur samping/belakang ini tidak terlalu baik. Makin jelek deh image penerimaan CPNS.

Tapi, banyak juga kok yang masuk lewat tes murni dan tanpa pakai pelicin. Contohnya suamiku sendiri. Dia masuk benar-benar tanpa uang sepeser pun. Mana ada uang puluhan juta buat memperlancar masuk jadi PNS. Kalaupun ada, yang mending dipakai buat bikin usaha sendiri.

Makanya aku bahagia banget waktu ada teknologi penerimaan CPNS dengan sistem CAT ini. Bisa meminimalisir yang curang-curang. Bahkan oleh World Bank pada Oktober 2018 ini, Computer Assisted Test (CAT BKN) dinobatkan sebagai produk unggul Indonesia kategori Civil Service Management karena dinilai sudah memenuhi unsur Improving Public Sector Performance. 

Sistem rekrutmen melalui CAT ini berhasil mereformasi kualitas rekrutmen CPNS di Indonesia dan memenuhi empat unsur utama sebagai produk inovasi di sektor publik, yaitu:

1) Aspek political leadership. CAT ini diawali dengan inisiasi Kepala BKN pada tahun 2010 dalam pengawasan terhadap proses rekrutmen CPNS. Pada tahun 2014, Wakil Presiden menetapkan penggunaan CAT BKN dalam sistem rekrutmen CPNS diberlakukan bagi seluruh Instansi Pemerintah Pusat;

2) Aspek Teknologi. BKN melakukan pemanfaatan dan pengembangan teknologi secara mandiri untuk mereformasi sistem rekrutmen dan melakukan kolaborasi dengan instansi pemerintah terkait (khususnya di bidang teknologi dan cyber security);

3) Aspek Transparansi. Rekrutmen CPNS dengan CAT berhasil menciptakan sistem yang transparan dan akuntabel karena hasilnya bisa dipantau masyarakat secara langsung (real time);

4) Aspek Kapasitas Institusi. BKN secara konsisten memastikan kesiapan sistem CAT baik dari sisi infrastruktur dan skema mekanisme tes sebelum diaktualisasikan secara nasional dalam proses rekrutmen CPNS di Indonesia.

Seneng aja sih dengernya kalau produk CAT BKN dari Indonesia ini diapresiasi oleh dunia terutama oleh World Bank. Lanjutkan prestasi baik ini 🙂 Yang terpenting, Indonesia bisa lebih maju dan kualitas ASN (Aparatur Sipil Negara ) yang dihasilkan pun bisa lebih baik dari pada sebelumnya.

Oke deh teman-teman. Itu aja sih ceritaku tentang CAT BKN produk unggul Indonesia yang diapresiasi oleh Bank Dunia. Sekali lagi selamat dan semoga yang daftar CPNS tahun ini diterima ya. Aamiin.

Teman-teman daftar CPNS gak tahun ini?



15 thoughts on “CAT BKN: Produk Unggul Indonesia yang Diapresiasi oleh World Bank”

  1. Tahun 2014 aku ikutan kali pertama CAT setelah dulu ikutan tes CPNS pake LJK yg sukses bikin aku selalu tidur disela2 tes saking capeknya, tahun 2014 coba tes CAT lebih mudah pengerjaannya dan bener teh transparan meski aku lolos sayangnya rangking aku cuman 20 besar dan yang dibutuhin cuman 1 wkwkwk..

    World Bank aja apresiasi apalagi aku Pejuan CPNS yang ga kapok2 tapi tahun ini aku absen karena lelah 😀

  2. Beberapa sodara ada yang ikut tes CPNS tahun ini. Enak ya teh sistemnya online gini, dan ga nyangka sistemnya keren. Belakangan juga tes-tes itu lebih banyak pakai sistem online.

  3. Iya teh lebih transparan sekarang ini beda sama zaman dulu yang kalau pake fulus jalannya mulus hehehe. Mamaku aja lama banget jadi PNS nya karena berjuang secara murni. Aku udah tiga kali nyoba tes CPNS sejak 2014,2017 dan kemarin. Pake CAT BKN ini. Cuma yang dua kali masih gagal di TWK kurang 5 poin walaupun totalannya ada di peringkat dua untuk posisi yang dilamar dan kemarin TWK lolos, TKP nya anjlok muehehe. Nah enaknya tes CPNS pake CAT BKN tuh begini. Jadi langsung tahu hasilnya lolos PG atau nggak, jadinya ku enggak merasa diphpin. Lebih cepet dan enggal pegel juga ngerjain soalnya karena tinggal klik. Nggak pake buletin atau silang-silang manual muehehe.

  4. Adek ku juga ikutan ujian CPNS 2 kali dan gagal terus. Katanya sih tes kepribadian yang paling susah karena gak ada jawaban benar atau salah, tapi emang dihitung poin apakah mereka beneran punya kepribadian sbg abdi negara yang siap melayani masyarakat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.