Ibu-Ibu Juga Perlu Tau tentang Dunia Konstruksi

Dari dulu kepingin punya rumah impian yang didesain sendiri sesuai dengan apa yang saya mau. Dibangun sendiri pakai tukang kepercayaan. Tapi sampai sekarang impian itu belum tercapai.

Mau beli tanah dan membangun rumah dengan desain sendiri ternyata biayanya mahal juga ya. Apalagi harga tanah dan bahan bangunan di kota yang ternyata gak murah. Huhuhu.

Yo wes, dari pada gak punya-punya rumah, akhirnya kami beli rumah yang sudah jadi di sebuah komplek perumahan dekat kantor suami. Tentu desainnya dari pengembang. Kami tinggal akad jual beli dan rumah sudah bisa dimasuki kalau KPR sudah disetujui oleh bank.

Tapi impian untuk membangun rumah dengan desain sendiri tetap ada. Doakan ya teman-teman supaya terkabul.

Sekarang pelan-pelan belajar dulu tentang dunia kontruksi ya biar kalau nanti bangun rumah sudah tau istilah-istilah di bidang konstruksi. Gak papa donk Ibu-Ibu juga perlu tau. 

Misalnya tentang besi kotak. Besi kotak adalah sebuah komponen besi yang diproduksi dengan dimensi kotak. Besi ini sangat penting khususnya dalam dunia industri terutama sistem transportasi produk industri. Harga jual besi kotak umumnya bervariasi bergantung dari tipe dan ketebalan besi tersebut.

Jenis besi kotak umumnya dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Besi Kotak Lubang

Besi kotak lubang atau besi pipa kotak, adalah besi kotak yang pada bagian tengahnya lubang menyerupai pipa. Besi kotak pipa biasanya terbuat dari bahan besi, galvanis, stainless atau baja yang diproduksi dalam dimensi kotak. Harga jual besi kotak lubang pun bervariasi bergantung material penyusunya.

Alasan besi kotak digunakan sebagai sarana transportasi industri, dikarenakan besi kotak memiliki keunggulan seperti mempermudah proses pemasangan, anti rayap, anti api, dan lebih ekonomis. Terlebih harga kayu kini juga semakin mahal karna semakin langkahnya pohon.

Besi kotak selain sebagai sarana transportasi industri, dapat pula digunakan sebagai kerangka plafon, aksesoris penyekat ruangan, dan masih banyak lagi. Penggunaan pipa besi akan memudahkan pemasangan dan menghindari adanya pengeroposan akibat rayap.

Salah satu material pipa besi kotak yang paling baik terbuat dari besi galvanis. Besi galvanis terkenal sangat kuat dan tahan terhadap korosi. Meski harga jual besi kotak galvanis memang jauh lebih mahal bila dibandingkan harga jual besi kotak besi. Disarankan beli sesuai dengan kebutuhan dan budget teman-teman.

  1. Besi Kotak Tertutup

Besi kotak tertutup adalah jenis besi yang berdimensi kotak, namun tertutup atau tidak lubang pada bagian tengahnya. Besi jenis ini baisa dijual dengan panjang 6 meter dan ketebalan antara 8 mm hingga 100 mm. Semakin tebal besi, maka semakin mahal harga jual besi kotak tersebut.

Biasanya besi jenis ini diaplikasikan dalam dunia otomotif, pembuatan aksesoris pagar, teralis, jendela, pintu, dan masih banyak lagi. Besi jenis ini juga dapat dijadikan sebagai tulang kerangka, atau pondasi bangunan. Bagian tengah yang tidak berlubang membuat besi kotak jenis ini sangat kuat dan tidak mudah korosif.

Besi kotak juga sering kali dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan seperti pisau, pedang, atau semacamnya.

Memang agak sedikit mbulet ya buat teman-teman yang awam dengan istilah konstruksi. Tapi yuk kita sama-sama belajar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.