Clodi Murah dan Berkualitas
Review

Little Hippo, Clodi Murah dan Berkualitas

Clodi Murah dan Berkualitas, Ya Little Hippo! Usia Akmal sekitar 10 bulan ketika ia tiba-tiba rewel dan terus-terusan menangis. Saya periksa badannya tidak panas. Tidak ada luka luar yang terlihat. Tidak mungkin lapar dan haus, karena dia baru saja makan dan minum. Oh, mungkin dia ingin pipis atau buang air besar, pikir saya. Lalu saya buka diapers/popok sekali pakainya (pospak) dan ternyata saya menemukan ada ruam dan radang kemerahan di selangkangannya. Saya teliti lebih lanjut, ternyata ruam juga sudah mengenai bagian genitalnya. Lecet. Mungkin ini yang membuatnya kesakitan sampai menangis seperti itu.

Langsung saya copot diapers Akmal. Saya buang kotoran yang menempel di diapers-nya. Memang ini kesalahan saya yang tidak langsung segera mengganti diapers Akmal begitu dia selesai buang air besar. Diapers-nya sudah terlalu lama dipakai. Akibatnya, kotoran dan air seni yang menempel di diapers beraksi dengan kulit Akmal dan menjadi ruam.



Selanjutnya, saya bersihkan pantat dan selangkangan Akmal dengan air mengalir. Lalu saya keringkan dengan handuk lembut sembari ditepuk-tepuk supaya cepat kering. Saya oleskan salep obat khusus untuk ruam popok ke beberapa bagian tubuh Akmal yang terkena ruam. Popok sekali pakai tidak saya pakaikan dulu. Saya memilih istirahat sejenak dari segala jenis popok sekali pakai sampai luka lecet dan ruam Akmal benar-benar sembuh.

Sampai kemudian saya ingat bahwa saya memiliki beberapa stok cloth diapers/clodi murah berkualitas yang ada di lemari. Singkatnya, clodi adalah popok kain yang terbuat dari bahan khusus dan bisa dicuci ulang. Berbeda dengan penggunaan popok sekali pakai yang hanya bisa digunakan satu kali saja. Saya memang mix penggunaan popok sekali pakai dan clodi murah berkualitas untuk Akmal. Seringnya, clodi saya gunakan saat kami di rumah dan popok sekali pakai kami gunakan saat keluar rumah. Atau pas cuaca sedang hujan terus-terusan sehingga clodi murah berkualitas basah semua, tidak ada yang kering.

Keuntungan Menggunakan Clodi

Ada banyak keuntungan yang saya dapatkan saat menggunaan clodi murah berkualitas untuk anak. Yaitu:

  • Mengurangi risiko iritasi. Iritasi dan ruam seperti yang pernah diderita Akmal, biasanya terjadi karena ada gesekan antara kulit bayi dan bahan dari pospak. Menggunakan clodi berarti bisa mengurasi risiko iritasi atau ruam popok karena bahan yang digunakan clodi alami, lembut, dan lebih aman.
  • Memudahkan toilet training. Anak yang menggunakan clodi akan merasa risih saat kainnya basah sehingga ia akan minta clodinya diganti. Terbukti dari Akmal yang saat umur 18 bulan ia sudah lulus toilet training dan bebas dari penggunaan pospak dan clodi.
  • Lebih hemat. Clodi dapat dicuci kembali dan digunakan berkali-kali sehingga perhitungan totalnya sampai anak lulus toilet training akan lebih hemat. Selamat 2 tahun, dibutuhkan 10 clodi yang bisa dipakai ganti-ganti. Estimasi harga 1 clodi adalah Rp 75,000, maka untuk beli clodi di awal investasinya perlu Rp 750,000. Sedangkan untuk pospak, pemakaiannya harus ganti setiap hari. Bahkan sehari bisa ganti sampai 4 kali. Dalam 2 tahun, dengan estimasi harga 1 pospak adalah Rp 2,500 maka dalam 2 tahun akan keluar biasa sebesar Rp 7,2 juta. Wah, ternyata penggunaan clodi bisa jauh hemat ya dibandingkan pospak.

Clodi Lokal yang Bagus

  • Lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi bayi dan anak.
  • Nyaman karena kain yang digunakan untuk clodi murah dan berkualitas adalah bahan yang lembut dan breathable.
  • Go green. Dengan mengurangi penggunaan pospak, kita berperan dalam mengurangi jumlah sampah di bumi.
  • Menarik karena warna dan motifnya beraneka dan eye catching.
  • Dapat dijual kembali. Jika performa masih bagus, clodi dapat dijual kembali loh. Lumayan banget kan.
  • Bisa diwariskan. Jika performa clodi masih bagus, clodi bisa dipakai sampai bertahun-tahun sehingga bisa diwariskan kepada adik atau saudara. Beberapa clodi Akmal yang masih bagus dan prima performanya, sekarang bahkan masih bisa dipakai oleh Azril (anak kedua saya).

Dari beberapa clodi murah berkualitas yang saya miliki, ada salah satu clodi favorit saya dan anak-anak. Adalah clodi Little Hippo, clodi murah dan berkualitas yang sudah Azril pakai selama 6 bulan terakhir ini. Clodi Little Hippo milik Azril adalah seri/tipe Easy Fit. Isinya terdiri dari satu buah outer dan satu buah insert. Seri Easy Fit ini cocok digunakan untuk anak dengan berat badan 2-16 kg. Saat ini Azril (26 bulan) beratnya 12 kg, jadi masih cocok ya memakai tipe Easy Fit ini.

Berikut ini review saya tentang clodi Little Hippo seri Easy Fit, salah satu clodi lokal dengan kualitas bagus made in Indonesia.

Kemasan

Ketika datang, clodi Little Hippo ini terbungkus rapi di dalam plastik yang lumayan tebal dan bagus berwarna hijau. Warna plastiknya ini menarik dan eye catching sekali. Plastik ziplocknya tertutup rapi dan tampak ekslusif. Clodi di dalamnya pun tersimpan sempurna. Saat saya harus membukannya pun cukup mudah kok. Tidak ada kesulitan karena saya tinggal membuka seal-nya saja.

Di plastik pembungkusnya ini, tercantum berbagai informasi yang bisa dibaca oleh pembeli. Misalnya clodinya tipe apa, untuk anak dengan berat badan berapa, bahan clodinya terbuat dari apa, bagaimana cara merawatnya, di mana bisa membeli clodi murah berkualitas ini, dan juga informasi lainnya. Informasi-informasi ini dituliskan dalam Bahasa Inggris. Meskipun informasinya disampaikan dalam Bahasa Inggris, tapi Insya Allah bisa mengerti dengan baik ya karena orang tua zaman sekarang lebih moderen dan sudah banyak yang mengerti tutur dalam Bahasa Inggris.

Pocket

Clodi murah berkualitas yang dimiliki Azril adalah tipe pocket. Pocket maksudnya adalah clodi yang memiliki pocket (kantong) untuk memasukkan insert.

Outer

Harga clodi lokal

Lapisan luarnya (outer) dari clodi Little Hippo ini terbuat dari polyester PUL Polyurethanelaminate yang kedap air. Di outer-nya ada logo Little Hippo dan juga dilengkapi dengan snap (kancing) yang adjustable sesuai dengan ukuran anak mulai dari ukuran S, M, L, dan XL. Untuk Azril karena dia sudah besar, snap-nya tidak perlu saya pasangkan karena sudah pas di body Azril. Bagian penutupnya terbuat dari velcro (prepetan) yang kuat dan tidak gampang mbrudul.

Inner

clodi terbaik

Bagian lapisan dalamnya (inner) terbuat dari microfleece yang sangat lembut. Saya lihat jahitannya rapi dan kencang. Ada double leg gusset yang berfungsi mencegah bocor ke samping dan memerangkap kotoran/pub anak. Di bagian belakang terdapat pocket atau bukaan yang dapat digunakan untuk memasukkan insert-nya.  Ada laundry tab nya juga untuk mengamankan velcro saat dicuci supaya tidak merusak pakaian lain.

Insert

Clodi lokal terbaik

Bagian insert-nya terdiri dari 3 layer microfibre dan 1 layer microfleece. Insert yang terbuat dari bahan sintetis seperti microfiber ini keunggulannya bahannya lembut dan juga lebih cepat dikeringkan. Insert-nya lumayan tebal tapi daya serapnya bagus.

Cutting

Untuk Azril yang bentuk pahanya tidak terlalu besar, clodi Little Hippo ini pas banget dipakainya. Tidak kedodoran dan juga tidak kesempitan. Karena ngepas, jadi jarang bocor.

Desain

Clodi Little Hippo yang dimiliki Azril kebetupan yang warna polos (orange). Namun Little Hippo juga menyediakan clodi yang juga bermotif (printed) dengan beragam pilihan motif. Motifnya bagus-bagus, lucu-lucu, warna menarik dan eye catching sekali.

Selain itu, clodi murah berkualitas Little Hippo yang dimiliki Azril adalah tipe pocket yang menurut saya lebih rapi. Lubang pocket tempat memasukkkan insert-nya berada di belakang dan didesain cukup lebar jadi tidak terlalu sempit. Saat insert sudah masuk ke dalam pocket, mudah juga untuk merapihkannya.



Daya Tahan

Daya tahan dari clodi merek Little Hippo ini juara. Dipakai semalaman dari jam 9 malam sampai bangun pagi tidak bocor sama sekali. Begitu juga kalau dipakai siang hari, saat Azril sedang aktif-aktifnya, clodi murah berkualitas Little Hippo ini tetap bisa dipakai sempurna. Tidak ada bocor, tidak menceng, apalagi kejadian sampai clodi copot/melorot, tidak ada sama sekali. Daya serapnya bagus dan tidak terlalu menimbulkan bau pesing.

Harga

Untuk mendapatkan clodi murah berkualitas Little Hippo seri Easy fit ini, kita hanya mengeluarkan uang senilai Rp 76.000 untuk yang polos sedangkan untuk yang motif harganya Rp 86.000. Menurut saya, dengan kualitas dan manfaat yang ditawarkan produk clodi lokal merek Little Hippo ini, harga clodi tersebut sangat wajar dan pantas. Justru termasuk clodi yang murah. Apalagi dibandingkan dengan clodi import yang harganya pasti jauh lebih mahal.

Clodi Murah Lokal
Cutting Clodi Little Hippo Pas Banget di Badan Azril

Cara Merawat Clodi

Sepengalaman saya dalam 4 tahun terakhir menggunakan clodi murah berkualitas untuk anak-anak, berikut ini tips-tips yang bisa saya bagikan tentang bagaimana merawat clodi murah dan berkualitas yang benar.

  1. Begitu saya terima produknya, saya lakukan prewash dulu sebanyak tiga kali (cuci-jemur). Prewash ini tujuannya untuk menghilangkan bekas-bekas bahan kimia atau kotoran yang masih menempel di kain dan juga untuk memaksimalkan kemampuan penyerapannya.
  2. Selalu mencuci clodi terpisah dengan pakaian lain.
  3. Buang kotoran BAB bayi dulu dan bersihkan sisa-sisa noda kotorannya. Buang ke toilet dan semprot dengan air yang kencang supaya semua sisa noda kotoran hilang.
  4. Lepaskan insert dari outer saat mencuci.
  5. Lipat snap, velcro, dll  saat mencuci clodi supaya tidak menempel/ merusak clodi lainnya.
  6. Cuci clodi murah berkualitas dalam air dingin atau hangat dengan suhu maksimal 40 derajat Celcius.
  7. Gunakan deterjen/sabun cuci khusus yang eco-friendly.
  8. Tidak diperbolehkan menggunakan pemutih pakaian karena akan merusak kain lapisan clodi.
  9. Jangan menggunakan pewangi dan pelembut pakaian karena dapat menyumbat pori-pori kain bahan penyusun clodi.
  10. Cuci clodi murah berkualitas manual dengan tangan. Ini lebih sering saya lakukan daripada harus menggunakan mesin cuci.
  11. Sesekali saya mencuci clodi menggunakan mesin cuci. Saya gunakan laundry bag khusus untuk clodi sehingga clodi tidak cepat rusak.
  12. Jemur clodi di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering.
  13. Jangan disikat karena akan merusak kain.
  14. Jika sudah kering, simpan clodi di tempat yang aman, bersih, dan tidak lembab.
  15. Clodi tidak boleh diseterika karena bisa merusak kainnya.
  16. Sebulan sekali usahakan untuk mencuci/ membilas clodi murah berkualitas tanpa sabun dan bisa gunakan air hangat.
Clodi Murah Berkualitas
Tetap Lincah dengan Menggunakan Clodi Murah dan Berkualitas dari Little Hippo

Kesimpulan

Secara keseluruhan, rating, dari range 1-10 untuk clodi Little Hippo tipe Easy Fit ini saya nilai 9, hampir mendekati sempurna ya.  Karena kesempurnaan hanya milik Allah, oleh karena itu, total nilai clodi Little Hippo ini adalah nilai 9.

Repurchase? yess! Oleh karena itu, saya rekomendasikan clodi murah berkualitas tinggi dari Little Hippo ini bagi teman-teman yang saat ini sedang mencari pilihan clodi lokal yang bagus untuk bayi dan anak-anaknya.

Berikut ini review vlog ala saya untuk Clodi Little Hippo. Tonton ya 🙂

Terima kasih dan semoga informasi mengenai clodi murah berkualitas dari Little Hippo ini bermanfaat ya. Info lengkap mengenai Little Hippo bisa diperoleh di sini:

Website: www.littlehippo.id

Instagram: @littlehippoid

Fanspage: Little Hippo Cloth Diaper



43 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.