mushola
Tips & Informasi

4 Masjid Besar di Denpasar

Assalamu’alaikum teman-teman. Hampir tiap bulan keluarga kami biasanya pergi keluar kota. Entah itu untuk urusan keluarga atau kerjaan. Misalnya mudik ke rumah mertua saya di Subang. Agenda mudik ini biasanya kami jadwalkan setiap bulan. Mumpung mertua masih ada dan sehat, kapan lagi kan bisa jenguk mereka.

Apalagi suami saya, frekuensi pergi keluar kotanya jauh lebih sering daripada saya. Bisa tiap minggu pergi keluar kota untuk urusan kerjaannya.

Kalau ngomongin pergi-pergi  kayak gini, keberadaan masjid di destinasi tujuan sangatlah penting. Sholat wajib aja 5x sehari kan. Pasti kalau lagi bepergian kita nyari masjid buat singgah sholat dan sekalian beristirahat.

Pas lagi ada kerjaan di Bali, yang notabene penduduknya mayoritas beragama Hindu, suami sempat bertanya, nanti kalau di Bali sholatnya gimana ya, kalau mau Jum’atan apa ada masjid yang dekat dengan lokasi kerjaan nggak ya?

Meskipun penduduk Bali mayoritas beragama Hindu namun keberadaan masjid di pulau Bali cukup mudah dijumpai. Bahkan Denpasar saja , ibukota propinsi Bali, mempunyai empat masjid besar yang mampu menampung cukup banyak jamaah loh. Berdasarkan informasi yang saya gali, ini daftar masjid di Denpasar, Bali yang bisa kita gunakan untuk beribadah sebagai muslim saat kita berada di Bali.

1.Masjid At-Taqwa

Masjid ini dekat dengan Universitas Mahasaraswati dan Pasar Kreneng. Juga dekat dengan kantor Polda Bali. Gerbangnya berupa 2 menara yang tinggi langsing dan terdapat lambang kepolisian. Masjid ini terbuka untuk umum meski utamanya ia adalah fasilitas untuk Polda.

Lokasi: Komplek Polda Bali, Jl. WR Supratman 9, Denpasar.

2. Masjid Agung Sudirman

Masjid ini terletak di kompleks Kodam Udayana, Bali, dekat dengan Gramedia Jl. Dewi Sartika. Termasuk masjid yang terbesar di Bali. Masjid ini didesain dengan dinding terbuka sehingga udara leluasa keluar masuk sebagai penyejuk alami.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi, Dauh Puri, Denpasar

3. Masjid Baitul Makmur

Masjid ini agak tersembunyi dari jalan besar. Terkenal karena memiliki jamaah shalat subuh 700an orang setiap harinya. Di hari Ahad bahkan jamaah Subuh meluber sampai ke halaman masjid. Di kompleks masjid juga ada 3 sekolah yaitu TK Aisyiah, SD dan SMP Muhammadiyah.

Jl. Gunung Merbuk No 4, Tegal Kertha, Denpasar Barat, Denpasar

4. Masjid Raya Ukhuwah

Masjid ini terletak di pusat pusat pertokoan Gajah Mada dan dekat dengan pasar Kumbasari . Letaknya tak jauh juga dari Jl. Raya Hasanuddin dan Jl. Sulawesi. Jamaah utamanya adalah pedagang dan pemilik toko di sekitar masjid.

Lokasi: Jl. Kalimantan No 19, Denpasar

Jadi mulai sekarang, kita gak perlu khawatir ninggalin sholat saat berlibur di Bali ya teman-teman. Selain di Denpasar, masjid dan mushola juga cukup banyak terdapat di penjuru Bali. Dan jangan lupa saat menjelajah Bali, kita bisa coba menggunakan jasa Omocars. Kita bisa nyaman berlibur di Bali menggunakan mobil sewaan berkualitas dengan atau tanpa sopir.

Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di update blogpost selanjutnya, ya!



You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.