public speaking training
Tips & Informasi

Cara Berbeda Menikmati Public Speaking

Aku punya PR berat di bagian public speaking. Ada rasa tidak percaya diri saat harus tampil di depan umum.

Bahkan sekedar membuka acara kantor saja aku tidak PD. Apalagi jika tampil presentasi di depan khalayak yang lebih rama. Langsung ciut nyali.

Padahal, dulu tuh pas kuliah aku suka banget presentasi. Dulu kan aku sering ikut lomba menulis ya baik karya ilmiah, maupun lomba di kampus yang perlu presentasi di depan umum menjelaskan tentang ide atau project gitu.

Tapi setelah lulus kuliah, aku kerja di balik meja yang gak terlalu banyak ketemu orang.

Kemampuan public speaking aku menurun drastis karena gak pernah dipakai lagi.

Sekarang aku udah aktif kerja kantoran lagi. Otomatis lebih sering ketemu orang dan mau gak mau perlu kemampuan public speaking dari mulai memimpin rapat, presentasi, ketemu klien dan negosiasi.

Perlahan aku mulai belajar lagi bagaimana mengendalikan diri, menguasai materi, sampai menyampaikan maksud agar bisa tercerna dengan baik oleh lawan bicara.

Proses kembalinya kemampuan public speakingku ini gak selalu berjalan mulus. Masih ada ragu-ragu saat menyampaikan dan masih ada bayang-bayang kalau bicara di depan umum tuh harus sempurna. Ini yang berat.

Pas banget dengan kebutuhan public speaking ini, aku ditawarin untuk masuk ke kelas public speaking training bersama Pak Rahmad Barus dari BerkembangBersama.com

Tanpa ragu, aku ikut donk karena merasa “wah cocok banget nih soalnya aku lagi butuh”. Semesta seperti bersinergi untuk mendukungku. Ini saatnya menjadi leader, tidak melulu menjadi follower!

Belajar Public Speaking Secara Online

Di waktu yang telah ditentukan, aku ikutan materi yang disampaikan secara online melalui zoom. Pesertanya ada beberapa dari public speaking Bandung sampai ke peserta di luar Jawa pun ada.

Public speaking adalah cara di mana kita bisa menyampaikan sebuah informasi yang berguna untuk “memanipulasi” orang lain. Tidak hanya tentang menyampaikan ketakutan/kekhawatiran, namun juga tentang kemungkinan/possibility. 

Seringkali, orang begitu percaya diri dan berenergi ketika menyampaikan ketakutannya namun begitu lemah saat harus menunjukkan kelebihannya. Biasanya karena takut judgement misalnya dibilang sok tau.

Dengan energi yang sama, bagaimana kita bisa mengubah energi dari menyampaikan ketakutan menjadi berbicara tentang kemungkinan.

Ini juga sih yang terjadi dengan aku. Berapi-api saat cerita tentang kesedihan, tapi melendoi saat cerita kebahagiaan.

public speaking bandung
Ubah Kehidupan dengan Public Speaking

Ketika kita berbicara di depan umum dan menunjukkan bahwa kita hebat dalam public speaking, ini merupakan langkah bahwa kita bukan public speaker yang hebat.

Ini tentang mindset. 

Public speaking bukan sesuatu yang ribet. Tampillah dengan gaya tersendiri. Senang, enjoy the process, mampu mengambil energi saat tampil, tanpa tergantung ekspektasi dan validasi dari orang-orang. Ubah cara pandang dengan berbagi kebahagiaan/informasi.

Hypnotic Language Pattern

Hypnotic Language Pattern adalah cara bagaimana kita berbicara dengan alam bawah sadar kita kepada para pendengar kita sehingga mereka bisa fokus ke kita.

Tema public speaking online kali ini adalah tentang Joy of Speaking, bagaimana kita menikmatinya dan orang setia mendengarkan.

Body Language Menentukan Kesuksesan Public Speaking

Memutuskan apakah orang senang dengan presentasi kita, bisa diketahui dalam 3 detik pertama. Wah kok bisa? Iya, dari body language yang kita lakukan.

Setelah itu, 1 menit pertama juga menentukan. Misalnya dikonten Instagram di mana dengan internet yang kencang, orang mudah merasa bosan.

Lalu jika kita melakukan pertemuan offline, maka sampaikan ide pembicaraan kita di bawah 7 menit. Karena setelah itu, pikiran orang sudah kemana-mana. Entah itu mikirin hal di masa depan atau yang ada pada masa lalu.

Seperti apa body language yang bagus agar kita percaya diri dalam public speaking dan orang yang hadir dalam acara kita tuh langsung bertanya-tanya tentang kehadiran kita di acara tersebut serta percaya dengan apa yang kita sampaikan?

Baca sampai selesai ya karena ada tips public speaking Bandung di bawah ini ya.

definisi public speaking

Sertakan Para Penonton

Bisa dilakukan dengan menyapa mereka, mengajak mereka menyampaikan pendapat dan yang paling penting adalah fokus ke penonton, bukan ke speaker.

Mengapa?

Karena para penonton ini hadir jauh-jauh dan keluar dari tempat acara tersebut dengan menemukan cara pandang yang berbeda.

Kata-kata yang bisa dipakai:

“Sampai sejauh ini, ada yang mau bertanya?”

“Ada yang mau menyampaikan pendapatnya tentang hal X ini?”

“Apa yang Anda ketahui tentang Y”

Begitulah kira-kira teknik melibatkan penonton. Bisa ajak mereka maju ke depan untuk menyampaikan pendapatnya, atau langsung di tempat mereka duduk juga bisa. Gimana nyamannya aja.

Belajar public speaking ini adalah sesuatu yang baru buat aku. Karena biasanya aku bermain di belakang komputer dan menyampaikannya lewat tulisan.

Aku seneng banget sih bisa belajar hal baru seperti ini. Kelas public speaking Bandung bersama Pak Rahmad Barus dan BerkembangBersama ini worth to try loh teman-teman.

Karena memang dampaknya bagus buat aku sendiri. Sekarang sudah berani memimpin rapat dan menyampaikan materi.

Oke teman-teman, semoga apa yang aku sampaikan ini bermanfaat buat teman-teman ya. Cobain deh kelasnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.