Puding Green Tea Lezat dan Sehat

Puding Green Tea Lezat dan Sehat. Salah satu kebahagiaan yang aku syukuri sekarang ini adalah memiliki anak yang tumbuh dengan sehat. Nafsu makannya baik sehingga apapun jenis makanan yang kami sediakan bisa dilahapnya sampai habis. Kami hampir tidak pernah menemui kendala ketika mengajaknya makan. Pernah sih, satu atau dua kali, kami menemukan sang anak dalam kondisi GTM (Gerakan Tutup Mulut). Tapi itu tidak lama, paling sehari. Nafsu makannya akan kembali lagi dengan normal setelah itu.

Itulah mengapa kami perlu bersyukur karena beberapa kali aku mendengar keluhan Ibu-Ibu yang curhat tentang anak-anaknya yang susah sekali makan. Apapun yang disajikan oleh ibunya sia-sia. Sudah beragam menu disajikan dan sudah beragam cara dibujuknya sang anak supaya mau makan. Tapi tetap saja sang anak setia dengan mulut yang terkunci rapat. Aku bisa bayangkan bagaimana pusingnya orang tua yang menghadapi anak GTM berhari-hari, aku aja yang anaknya GTM seharian pernah sampai pusing.

Akmal, nama anak kami yang pertama. Umurnya menjelang 3 tahun sekarang. Dalam sehari, Akmal bisa makan besar 3-4 kali dan snack/makanan ringan 2-3 kali. Hampir tiap hari aku masak untuknya. Bolehlah jajan sekali-kali di luar. Biasanya sabtu atau minggu kami menyempatkan untuk makan di luar rumah.

Salah satu menu makanan ringan yang jadi favorit Akmal adalah puding/agar-agar. Biasanya, aku membuatkan puding rasa coklat ataupun puding buah untuknya. Khawatir Akmal bosan dengan menu puding yang itu-itu saja, sepertinya aku perlu membuatkan menu puding baru.

Terpikir untuk membuatkan puding green tea/teh hijau. Kebetulan aku punya beberapa sachet teh hijau di rumah yang aku dapatkan ketika aku mengikuti kelas Fun Blogging 6 minggu lalu. Karena sudah terbiasa membuat puding, aku tidak menemukan kendala ketika membuat puding green tea ini. Caranya sangat mudah. Ini aku bagikan resep untuk membuat puding green tea yang lezat dan sehat ya.

Bahan untuk membuat Puding Green Tea Sehat dan Lezat

Bahan

  • 2 sachet green tea
  • 1 bungkus agar-agar, bisa dipilih yang warna hijau atau putih, tergantung selera. Aku pakai yang warna hijau.
  • Gula secukupnya, tergantung selera. Pakai madu lebih baik. Aku tidak menggunakan gula banyak-banyak, cukup 2 sendok saja, untuk perasa.
  • 150 ml susu, bisa pakai yang cair, bubuk atau kental manis. Aku gunakan yang cair.
  • 2 cangkir air; 1 cangkir untuk menyeduh teh hijau dan 1 cangkir sisanya untuk memasak agar-agarnya.

Cara

  • Seduh green tea bubuk dengan air hangat di dalam cangkir terpisah. Aduk sampai larut.
  • Masukkan air, agar-agar dan gula ke dalam panci. Masak di atas api kecil sampai sedang sambil terus di aduk-aduk sampai matang.
  • Koreksi rasa.
  • Jika sudah matang, matikan api kompornya dan lalu masukkan susu dan air seduhan teh ke dalam panci. Aduk hingga susu dan teh tercampur rata dengan agar-agar.
  • Tuangkan ke dalam cetakan.
  • Tunggu sebentar sampai uap panasnya hilang dan masukkan ke dalam lemari pendingin.
  • Puding siap disantap.

Mudah bukan cara membuatnya?

Teh sengaja diseduh di cangkir tersendiri dan tidak dimasak berbarengan dengan agar. Tujuannya untuk tetap menjaga senyawa yang ada dalam teh tidak rusak karena pemanasan berlebih. Begitu pula dengan susu yang juga tidak dimasukkan langsung ke dalam panci saat memasak agar di atas kompor. Khawatir zat bergizi yang ada dalam susu jadi rusak. Makanya, teh dan susu dicampur saat agar sudah matang.

Puding Green Tea Lezat dan Sehatnya Sudah Jadi, Siap Disantap.

Jadwal Akmal makan snack biasanya jam 10 pagi dan jam 3 sore. Kadang, menjelang magrib, dia makan snack lagi. Hehehe, banyak ya jadwal makannya. Mohon dimaklumi, anak laki-laki sepertinya lapar melulu jadi kerjaannya makan dan makan 😛

Kemarin, aku coba berikan puding green tea buatanku ke Akmal jam 10 pagi. Akmal terlihat begitu antusias melihatku menyiapkan sebuah piring kecil dan mengeluarkan puding dari lemari pendingin.

Ibuuu… Akmal mau.. Akmal mau puding.. horay puding!” katanya setengah teriak tidak sabar ingin segera menyantap puding berwarna hijau ini.

Benar saja, tidak lama setelah piring pudingnya aku letakkan di atas meja, 2 buah puding berbentuk beruang itu habis dimakannya. Alhamdulillah, enak ya Akmal, sampai bersih gitu piringnya.

Melihat Akmal nikmat sekali makan puding, aku jadi iri. Untunglah masih ada stok puding di lemari pendingin. Aku cobain dan nyess… segar, dingin dan kenyal. Walaupun masih jam 10 pagi, tapi cuaca hari itu sudah panas. Sinar matahari terasa sangat menyengat. Makanan ringan berupa puding green tea yang dingin ini berhasil menenangkanku dari teriknya sinar matahari di luar sana.

Puding green tea ini rasanya agak manis. Tentu, karena ada gulanya. Tapi tidaklah banyak gula yang aku tambahkan, hanya sekitar 2 sendok saja. Di samping karena aku tidak suka terlalu manis, puding ini kan memang aku buat khusus untuk Akmal yang masih balita, jadi memang sengaja tidak dibuat terlalu manis. Akan lebih baik jika tidak menggunakan gula sama sekali karena biasanya memang teh hijau disajikan tanpa gula. Selain itu, gula juga sebenarnya akan menambah radikal bebas baru yang masuk ke dalam tubuh sehingga mengurangi manfaat dari teh hijau itu sendiri. Namun jika tidak biasa, bisa menggunakan madu sebagai pengganti gula. Kalaupun tidak ada madu tapi ingin tetap ada rasa manis-manisnya, bisa tambahkan gula. Sedikit saja.

Up green tea-nya masih terasa loh di puding ini. Green tea-nya tidak lagi berbentuk serbuk ya tapi sudah bercampur menyatu dengan air ketika diseduh tadi. Aromanya harum, khas, dan spesial. Puding green tea-nya enak, lezat, sehat, dan mantap kata Akmal, nyatanya habis tak bersisa. Alhamdulillah, percobaan pertamaku membuat puding green tea ini berhasil.

Akmal lahap menyantap Puding Green Tea

MANFAAT GREEN TEA

Ohya, bicara tentang puding berbahan dasar green tea ini, adakah yang belum tau manfaat dari green tea? Green tea mengandung senyawa-senyata yang sangat baik untuk kesehatan diantaranya yaitu senyawa EGCG (Epigallo-3-catechin gallate) dan antioksidan. EGCG dalam teh hijau akan menghambat kerja radikal bebas yang dihasilkan dari radiasi sinar UV matahari dalam mengikis kolagen pada kulit sehingga menyebabkan kulit kering, tidak lentur (keriput) sehingga terjadi penuaan dini sebelum waktunya. Nah, kalau antioksidan dalam teh hijau akan membantu proses pelembaban kulit sehingga terasa lebih kenyal dan tidak kering seperti kulit bayi. Cocok ya untuk anak-anak, supaya kulitnya tetap terjaga lembut dan halus seperti ketika baru lahir.

Puding green tea ini menurutku masih aman dan sehat untuk anak-anak ya. Kenapa? Selain mengandung EGCG dan antioksidan seperti yang aku tuliskan di atas, up green tea juga rendah kafein. Alhamdulillah, gak takut deh mau kasih Akmal puding green tea ini. Aman. Ohya, menu puding green tea ini untuk 12m+ ya soalnya kan ada susu dan gulanya.

Puding green tea ini semoga bisa menjadi salah satu solusi jawaban terhadap anak yang sedang mengalami GTM, silahkan dicoba. Insha Allah anak-anak suka dengan puding green tea ini. Dapatkan kelezatan dan manfaat untuk kesehatannya dalam satu paket puding green tea.

Semoga bermanfaat ya resep tentang membuat puding green tea yang sehat dan lezat ini. Intip juga resep membuat macaroni schotel untuk balita. Jika bermanfaat bisa tolong dibagikan ke yang lain. Terimakasih.

Salam hangat dari Akmal, sang penikmat puding.

Comments

  1. kayae seger banget nihhh liat fotoe akmalll lahap jadi ngiler pengennn hihiii

    1. Seger Gus, aku aja minta punya Akmal.. hehehee.. ayo bikin, gampang banget caranya..

  2. 6 says:

    Wah asyik jg ya kl dibuat puding…..hmmm mantaps idenya 🙂

    1. Iya, cobain deh teh buat anak-anak. Mereka pasti suka

  3. Ratna Dewi says:

    Kirim satu ke Jakarta mbak, yang udah jadi tapinya biar tinggal leepp, haha

    1. Hehehe. Sampai ciledug ancur wi.. hihihi

  4. Ety Abdoel says:

    Wah, senangnya punya anak yang nggak susah makan. Bentuk pudingnya lucu, anak-anak pasti tertarik.

    1. Iya Mba, anakku makannya pertama di potong-potong dulu kakinya, tangannya lalu kepala dan terakhir badannya.

  5. Patut dicoba nih buat Aksa.

  6. […] kesegaran. Bisa juga dibuat penganan untuk si kecil seperti yang dilakukan teman saya mamah muda Armita Fibriyanti. Sssttt … tahukah Anda bahwa kesegaran Up Green Tea juga bisa dipakai untuk nyepik-nyepik […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *