Bola-Bola Nasi Bayam dan Telur Gulung Nugget untuk Bekal Sekolah Akmal

Contoh Bekal Anak Sekolah

"Ibu, kapan atuh Akmal masuk sekolahnya"

Akmal (4,5 tahun), hampir setiap hari menanyakan kapan jadwal ia bisa masuk sekolah. Bulan Ramadhan kemarin, saya mendaftarkannya ke sebuah TK di dekat rumah. Maka sejak hari pendaftarannya itu, ia selalu tidak sabar menunggu kapan hari pertama masuk sekolahnya datang.

Sembari menunggu hari bersejarah itu datang, saya dan suami mengajak Akmal melakukan persiapan untuk masuk sekolah. Antara lain mengajaknya berbelanja kebutuhan sekolah, mengajaknya bercerita tentang situasi sekolah, mempersiapkan mental Akmal, dan juga beberapa persiapan lain.

Hari yang ditunggu pun akhirnya datang juga. Senin, 17 Juli 2017 adalah hari pertama Akmal masuk sekolah. Sepatu, kaos kaki, dan seragam Akmal sudah siap. Tinggal pakai saja. Begitu pula dengan alat tulis, buku tulis, buku bergambar, dan crayon sudah rapi masuk ke dalam tas Akmal. Hanya tinggal mempersiapkan bekal sekolah.

Di sekolah Akmal, semua muridnya diwajibkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Dengan membawa bekal sendiri dari rumah diharapkan anak-anak bisa mengonsumsi makanan yang lebih aman, sehat, hemat, dan terjaga kebersihannya. Ada jadwal menu bekal yang berbeda setiap harinya di sekolah Akmal. Untuk hari Senin, menu pokoknya adalah nasi, sayur, dan lauk telur.

Senin pagi, saat Akmal mandi dan memakai pakaian, saya menyiapkan bekal untuk dia sarapan dan juga bekal untuk dibawa ke sekolah. Sarapan Akmal pagi tadi cukup yang praktis dan simpel saja yaitu roti dan segelas susu. Sedangkan untuk bekalnya, saya menyiapkan menu yang saya beri nama dengan bola-bola nasi bayam dan telur gulung nugget.

Saya pilih menu bola-bola nasi bayam dan telur gulung nugget ini karena menunya sangat mudah untuk dibuat dan juga praktis. Apalagi saat pagi hari biasanya ibu-ibu riweuh ini itu karena ada banyak pekerjaan yang perlu dilakukan.

Akmal sendiri sebenarnya agak susah saat harus makan sayur. Dia baru mau makan sayur kalau saya olah sayurnya sedemikian rupa hingga tidak terlihat seperti sayur "beneran".

Nah karena di sekolah ada menu wajib membawa sayur, menu bekal Akmal pagi tadi perlu saya akali sedikit. Saya ingin menyamarkan sayur bayam dalam menu Akmal. Jadilah kepikiran untuk membuat bola-bola nasi bayam. Cara membuatnya saya jelaskan di bawah ya.

Untuk menu lauknya, saya kreasikan dari telur dan nugget. Karena hari Senin jadwal menunya adalah lauk berbahan dasar telur, maka saya membuat telur gulung nugget. Nuggetnya saya sembunyinya di dalam telur gulung. Jadi lauknya terasa lebih istimewa. Rasanya seperti menemukan harta karun tersembunyi saat Akmal mengigit telurnya di sekolah. Cara membuatnya gampang sekali, seperti di bawah ini ya.

Menu 1) Telur Gulung Nugget

Contoh Bekal Anak Sekolah

Bahan:

  • 1 buah telur mentah.
  • Garam secukupnya.
  • 2 buah nugget ayam Dino Bites dari So Good. Saya pilih nugget So Good berbentuk dinosaurus ini karena dinosaurus adalah salah satu karakter mainan favorit Akmal. Kalau makan menu favorit, Akmal jadi lebih bersemangat saat makan.
  • Saos tomat. Akmal ini anaknya suka makan yang pedas-pedas. Jadi di menu makanannya saya biasanya tambahkan saos tomat supaya ia lebih berselera saat makan.
  • Margarin secukupnya untuk menggoreng telur.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng nugget.

Baca: Ada Dinosaurus di Taman Lansia Bandung

Cara Memasak:

  1. Keluarkan nugget dari freezer dan diamkan sampai nuggetnya tidak beku lagi (mencapai suhu ruang).
  2. Nyalakan kompor dan panaskan wajan. Jika wajan sudah panas, masukkan minyak goreng secukupnya.
  3. Tunggu sampai minyak benar-benar panas lalu masukkan nuggetnya.
  4. Kecilkan api kompor supaya saat digoreng nugget tidak cepat gosong.
  5. Bolak-balik nugget sampai matang sempurna luar dalam dan berwarna kuning keemasan.
  6. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Kocok lepas telur sampai tercampur sempurna. Tambahkan sedikit garam supaya lebih gurih.
  8. Nyalakan kompor dan panaskan wajan. Jika wajan sudah panas, masukkan margarin secukupnya.
  9. Jika margarin sudah mencair semua, masukkan telur yang sudah selesai dikocok tadi. Masak dengan api kecil supaya tidak cepat gosong.
  10. Jika telur sudah matang dan berwarna kuning keemasan, balik telur agar kedua sisinya matang.
  11. Angkat telur dan letakkan di piring datar.
  12. Ambil nugget yang sudah digoreng tadi dan tata berderet di atas telur dadar.
  13. Tambahkan saos tomat jika anaknya suka pedas. Jika tidak suka pedas, opsi saos tomat ini bisa diganti dengan keju parut.
  14. Gulung telur lalu potong-potong sesuai selera.
  15. Tata telur gulung nugget ini di wadah bekal makan sang anak.

Contoh Bekal Anak Sekolah

Tips Menggoreng Nugget Agar Tidak Cepat Gosong.

Jika tidak mengetahui cara menggoreng nugget dengan benar, sering kali nuggetnya menjadi gosong dan justru masih mentah di bagian dalamnya. Ini cara yang biasanya saya lakukan agar saat menggoreng nugget tampilannya cantik, tidak gosong di luar tapi matang sempurna luar dan dalam.

Sebelum nugget di masak, keluarkan nuggetnya dari dalam freezer. Biarkan nugget di suhu ruang sampai esnya mencair dan tidak membatu. Jika dipegang sudah kenyal, berarti nuggetnya sudah siap digoreng.

Selain itu, saat menggoreng nugget saya biasa menggunakan minyak goreng baru supaya warnanya cantik kuning keemasan dan rasa nuggetnya terasa tidak tercampur dengan bahan makanan lain. Jika menggoreng dengan menggunakan minyak lama, selain tidak sehat, tampilan nugget gorengnya juga akan jadi jelek dan rasanya bercampur dengan bahan makanan lain. Apalagi kalau sebelumnya minyak gorengnya habis dipakai buat goreng jengkol, beuh, nuggetnya bisa rasa jengkol, wkwk.

Masukkan nugget saat minyak sudah benar-benar panas supaya nuggetnya cepat matang. Jika terlalu cepat, minyak justru bisa terserap oleh nugget. Jadi nuggetnya benyek dan mengandung banyak minyak. Saat minyak sudah matang, langsung kecilkan apinya dan baru masukkan nuggetnya. Masak nugget sampai matang salah satu sisinya dan kemudian balik sampai seluruh nugget matang dan berwarna kuning keemasan.

Menu 2) Bola-Bola Nasi Bayam

Bahan:

  • Nasi secukupnya, sesuai dengan kebutuhan anak.
  • 3 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • Margarin untuk menumis.
  • Beberapa lembar daun bayam, buang batangnya. Iris kecil-kecil sekali.

Cara Memasak:

  1. Iris bawang merah dan bawang putih tipis-tipis. Mau diulek juga boleh.
  2. Nyalakan kompor dan panaskan wajan. Jika wajan sudah panas, masukkan margarin secukupnya.
  3. Jika margarin sudah mencair, masukkan irisan bawang merah dan putih.
  4. Jika sudah tercium bau harum dari duo bawang, tumis bayam sampai matang.
  5. Angkat bayam dan aduk dengan nasi.
  6. Bulat-bulat nasi sampai menjadi bola.
  7. Tata bola-bola nasi bayam di dalam tempat bekal anak.

Contoh Bekal Anak Sekolah

Untuk tambahan karbohidratnya, saya tambahkan jagung rebus karena Akmal suka sekali dengan jagung rebus. Untuk buahnya, saya masukkan irisan buah pir. Alhamdulillah menu bekal sekolah hari pertama Akmal sudah jadi. Double karbohidrat dan double protein.

Hari ini adalah hari spesial bagi Akmal dan semoga dengan menu bekal spesial yang sudah saya buat, bisa menambah semangatnya di sekolah. Bisa memacu keinginannya untuk belajar formal di sekolah. Aamiin.

Contoh Resep Bekal Anak Sekolah

Jika teman-teman saat ini sedang mencari ide untuk membuatkan bekal sekolah untuk anaknya, bisa loh pakai menu bola-bola nasi bayam dan telur gulung nugget ala saya ini. Praktis sekali dan Insya Allah anak-anak pasti suka. Apalagi waktu memasaknya singkat sekali. Hanya butuh 10 menit saja.

Menu bola-bola ayam dan telur gulung nugget ini sebenarnya tidak hanya buat menu bekal anak sekolah saja. Bisa diterapkan pada kondisi apapun. Misalnya saat jalan-jalan bersama anak dan keluarga, kita bisa membawa menu ini. Atau bisa juga dihidangkan sebagai menu sahur atau berbuka saat bulan Ramadhan agar menu makan anak lebih bervariasi. Dengan menu yang menarik dan enak, anak-anak jadi lebih bersemangat puasa dan menjalankan ibadah lain di bulan Ramadhan. Semoga Akmal tahun depan sudah bisa mulai rutin ikut puasa di bulan Ramadhan ya.

Teman-teman tertarik untuk membuat menu ini juga? Cobain yuk. Jangan lupa pakai nugget dari So Good ya. Selain nugget yang berbentuk dinosaurus ini, ada banyak varian produk shaped nugget dari So Good. Ada yang berbentuk alfabet, donut, animal, fruit, chick'n veggie dan jetz. Tinggal pilih mana yang jadi favoritnya. Kebetulan favorit Akmal adalah yang bentuk dinosaurus dan Alhamdulillah ternyata banyak juga loh kandungan nutrisi di dalam nugget Dinobites So Good ini. Bisa dilihat di tabel ini ya.

Nutrition Fact Nugget

Total energi yang bisa dihasilkan adalah 270 kkal dan energi dari lemak yang dihasilkan adalah 140 kkal. Untuk lebih jelasnya, ini kandungan nutrisi dari 100 gram Dinobites Nugget So Good ya:

% Total Fat
% Protein
% Karbohidrat
% Sodium

Selain menu nugget, ada juga produk So Good siap masak lainnya, misalnya spicy chicken, spicy wings, bakso instan, pangsit instan, sup sosis instan, chicken stick, aneka sosis, aneka seafood, dan juga ayam utuh. Pilih saja mau yang mana dan tinggal variasikan untuk menu makan kita sehari-hari. Praktis sekali dan bisa disimpan di freezer rumah. Jadi bisa lebih awet.

Nah kalau teman-teman mau membuat variasi menu bekal seperti saya atau mungkin menu lain berbahan dasar produk makanan dari So Good, bisa ikutan lomba Kreasi Masak Ramadhan dan Idul Fitri ala SO GOOD.  Hadiahnya ada mirrorless camera Canon EOS M3, ada pocket camera Canon SX620, dan juga Smartphone Samsung Galaxy J5 Prime. Ikutan yuk, siapa tahu salah satu hadiah tersebut jadi jodoh kita. Aamiin.

Ini video cara membuat menu Bola-Bola Nasi Bayam dan Telur Gulung Nugget ya. Yuk, tonton 🙂

Comments

  1. Hai mbak, salam kenal. Resepnya praktius dan anak2 pasti suka karena tampilannya menarik. goodluck yaa

    1. Armita Fibriyanti says:

      Salam kenal kembali, terima kasih ya atas doanya 🙂

  2. Lia Harahap says:

    Kalau menu makanannya seperti ini, anak-anak pasti suka nih. Gak cuma bergizi, tapi juga menarik. Sukses ya, Mbak buat lombanya 🙂

    1. Armita Fibriyanti says:

      Makasih, Lia 😉

  3. dyah deedee says:

    wahhh bisa buat bekal piknik juga nih.. Nasi bola-bolanya kaya nasi kepal jepang… “Jang”

    1. Armita Fibriyanti says:

      Betul, bisa banget 🙂

  4. Lucukkk,btw tasnya samaan sama punya kifah 😀

    1. Armita Fibriyanti says:

      Wah, kembaraan donk ya 🙂

  5. Nasi bayamnya lucu ya.
    Tapi anakku kalau nugget dino gini maunya utuh

    1. Armita Fibriyanti says:

      Utuh biar kelihatan fisik dinonya ya Mbak 🙂

  6. fika anaira says:

    cantik banget mba bekalnya 😀 aku langsung praktek, penasaran hihihi

    1. Armita Fibriyanti says:

      Mau lihat donk Mbak hasilnya 🙂

  7. Zia says:

    Wah, boleh juga ini. Walaupun Vito udah kelas 3 tapi masih suka dibekali yang lucu-culu kayak begini dan yang pastinya ini lezat. Aku mau coba resepnya ya, Teh. Senengnya Akmal bekalnya lucu dan pastinya sehat. :*

    1. Armita Fibriyanti says:

      Yuk, Teh bisa dicobain.

  8. Santi Dewi says:

    untuk bekal anak2 sekolah, pasti anak2 suka 🙂 Makasih resepnya

    1. Armita Fibriyanti says:

      Sama-sama 🙂

  9. Simple banget ya mbak

    1. Armita Fibriyanti says:

      Cobain yuk Mbak 🙂

  10. sharing kali says:

    Hmm yummi… ini anak2 pasti suka. Ini bapak sama ibunya aja ngiler liatnya hihi 🙂

    1. Armita Fibriyanti says:

      Iya, beneran ngiler 🙂

  11. Bola-bola nasi bayamnya bisa dicontek untuk Al, tuh. Cobain, ah. Makasih, Mita. Good luck. ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *