Resep Semur Daging Pekat Bumbu Meresap Sampai Ke Dalam. Semur daging tuh istimewa banget. Soalnya aku jarang-jarang masaknya. Biasanya hadir di momen seperti lebaran Idul Fitri atau Idul Adha.



Menjelang Idul Adha kemarin, aku latihan masak daging merah supaya pas nanti dapat daging qurban, aku udah lihai masaknya. Qeqeqe.

Daging merah kali ini aku masak jadi semur daging versi pekat. Aku suka semur yang model begini soalnya bumbu rempahnya meresap sampai ke dalam dan menurutku jadi lebih yummie.

Ada juga sih resep semur daging yang agak light. Jadi bumbunya gak terlalu pekat. Kecapnya sedikit.

Gimana selera aja sih. Light oke, pekat juga enak.

Bahan Semur Daging Sapi

Nah karena aku kali ini masaknya versi semur daging pekat, aku akan share ke teman-teman gimana cara memasak semur daging pekat.

Untuk membuat semur daging pekat , bahan-bahan yang kita perlukan sebagai berikut ya teman-teman:

  • 600 gr daging sapi yang dipotong agar besar.
  • 1 sdt kayu manis bubuk (bisa pakai kayu manis batangan)
  • 4 butir cengkeh
  • 6 sdm kecap
  • 2 lembar daun salam
  • 750 ml air

Bumbu Halus untuk Semur Daging

Bumbu halus untuk membuat semur daging sapi sebagai berikut:

  • 7 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt pala bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ cm jahe
  • ½ cm lengkuas

Bumbu halusnya bisa diblender atau diulek. Yang mana aja boleh yang penting bumbunya bisa jadi halus lembut kecil-kecil ya.

Aku kalau lagi malas repot ya bumbunya diblender. Tapi kalau lahi rajin dan pengen sambil olah raga ya diulek manual pakai cobek. Qeqeqe.

Cara Memasak Semur Daging Pekat

Semur Daging Sapi
Semur Daging Sapi Enak

Cung yang penasaran gimana cara memasak semur daging yang gampang tapi tetap enak. Ini nih aku tulis bocorannya. Silahkan dipraktikkan.

  1. Rebus air dan ketika sudah matang, masukkan daging sapi. Rebus sampai setengah empuk. Bisa juga di presto.
  2. Jika daging sudah ½ matang, angkat dan tiriskan.
  3. Di panci terpisah, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan potongan daging, aduk.
  5. Tambahkan kecap, air, kayu manis, cengkih, dan garam.
  6. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan kuah mengental.
  7. Koreksi rasa.
  8. Angkat dan sajikan dalam wadah.

Jika ada bawang goreng, bisa taburi atasnya dengan bawang goreng untuk rasa yang lebih nikmat. Tapi sayang di dapurku lagi gak ada bawang goreng nih teman-teman.

Mau bikin bawang goreng kok ya lagi malas. Jadi ya ini semur dagingnya kami makan begini aja pakai nasi hangat. Enak sekali.

Suami dan anak-anak suka sekali dengan resep semur daging yang kali ini aku masak. Tumben soalnya aku masak semur daging seperti ini. Sampai suami muji-muji masakan aku. Weh, aku jadi tersipu.

semur daging resep
Semur Daging Laris Manis

Ada cerita menarik dari semur daging sapi ini. Anakku yang tengah (Azril) gak mau makan sama semur daging ini kalau belum dikasih tau gimana cara memasak semur daging.

Begitu aku ceritain proses pembuatan semur daging ini, baru deh dia mau makan nasi sama semur daging sapi.

Ckckck.. emang itu ya bocah satu udah keliatan banget minatnya dari kecil suka dengan sesuatu yang berbau culinary. Apa sekolahin aja ya nanti di bidang masak-memasak?




Oke deh teman-teman. Begitu saja tulisan di blog aku hari ini tentang resep semur daging pekat yang mudah, enak, dan istimewa bumbu meresap sampai ke dalam.

Resep olahan daging ini cocok banget kalau dimasak pas lagi acara istimewa misalnya pas Idul Adha saat stok daging melimpah. Pas Idul Fitri juga cocok karena keluarga kan lagi ngumpul. Dimakan ramai-ramai cocok banget.

Silahkan di recook ya resep daging semur ini kalau teman-teman mau ya. Mudah-mudahan cocok resepnya.

Selamat memasak dan colek aku kalau udah jadi.

Baca juga: Resep Ikan Gurame Krispi



You may also like

24 Comments

  1. ternyata bumbunya mudah juga ya bikin semur daging ini. Saya belum pernah masak semur daging. Boleh juga nih dicobain, kebetulan anak-anak suka kalau masakannya di kasih kecap.

    Saya juga kalau lagi malas nguleg, bumbunya di blender aja

  2. aku senenggg banget masakan semur ini
    biasanya kukasih bawang bombay dan kuah yg banyaaakkk
    dimakan bareng nasi panas dan kentag goreng enduuulll

  3. Kalau makanan yang ada unsur kecapnya, terutama kecap manis, anak-anak saya suka semua. Apa lagi semur daging sapi, bisa nambah mereka. Dan resep di sini gak sulit membuatnya . Mau coba ah nanti 🙂

  4. Kalau kata bu Sisca, mudah bukan membuatnya? hehehe…ternyata semur ini mudah ya dibuatnya dan cocok juga dimakan untuk anak karena pakai kecap jadi manis…

  5. Yeayy,,ini favorit suamiku, semur daging pekat…kalau anak-anak lebih suka makan yang ada kuahnya .Bisa nih di re cook mumpung daging siap sedia. Lucu ya Azril tahu cara bikin semur jadi mau makan..bisa jadi Chef Azril nih nanti

  6. Semur daging ini kesukaan kaka Olip, kemaren baru masak juga pas idul adha, emang bahannya sama semua ituu Mitaa, cuma yang beda kecapnya hahhaaa.
    Nanti tak coba pake kecap ntuuuu.

  7. Semur daging sapi ini favorit anak-anakku, apalagi kalau pakai kecap yang enak. Tapi biasanya aku bikin yang kuahnya banyak, nanti kapan-kapan mau coba yang nggak berkuah gini ah. Mirip ayam kecap ya.

  8. Samaan mba resepnya kemarin sempet buat.. Anak2 Suka memang semur ketimbang di rendang katanya ..lumayanan ini klau masak semur bisa smpai 2 Hari baru abis

  9. Wow, can I try the recipe, I happen to have lots of sacrificial meat in the refrigerator. Moreover, tomorrow is off, so i can cook

  10. Wah.. Semur ini beda sm tongseng ya. Aku kira awalnya resepnya 11 12 aja. Ternyata lebih byk bahan dr semur. Jd pengen coba apalagi kalo pake kecap sedap ini.. Pasti enak

  11. wooo mantap Azril.. begitu mba kalau sultan mau makan… kudu tahu cara membuat dan resepnya dulu untuk memastikan yang dimakan adalah yg terbaik… Hahaha… Iya kalau masak semur daging akan enak kalau bumbunya meresap sampai ke dalam ya… Apalagi kalauu emuknya dapat.. Nyam…

  12. Hmmm sepertinya yummy. Saya belum pernah masak semur. Apalagi kalo semur daging tu sesikit trauma gegara pernah dimasakin orang dahingnya keras banget, plus gosong pulak. Hihi. Etapi sepertinya perlu nyoba resep di atas ya, biar tahu enaknya semur.

  13. Oh pake cengkih dan kayu manis ya, Mbak. Isi bumbu-bumbuku jarang banget ada dua barang itu, hihihi.. kalau diskip jadi kurang sip ya rasanya? Tapi kapan-kapan pengen coba bikin, deh. Gimana sih rasanya… hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Me!