Cara Memasak Semur Daging
Dapur dan Makanan

Resep Semur Daging Pekat Bumbu Meresap Sampai Ke Dalam

Resep Semur Daging Pekat Bumbu Meresap Sampai Ke Dalam. Semur daging tuh istimewa banget. Soalnya aku jarang-jarang masaknya. Biasanya hadir di momen seperti lebaran Idul Fitri atau Idul Adha.



Menjelang Idul Adha kemarin, aku latihan masak daging merah supaya pas nanti dapat daging qurban, aku udah lihai masaknya. Qeqeqe.

Daging merah kali ini aku masak jadi semur daging versi pekat. Aku suka semur yang model begini soalnya bumbu rempahnya meresap sampai ke dalam dan menurutku jadi lebih yummie.

Ada juga sih resep semur daging yang agak light. Jadi bumbunya gak terlalu pekat. Kecapnya sedikit.

Gimana selera aja sih. Light oke, pekat juga enak.

Bahan Semur Daging Sapi

Nah karena aku kali ini masaknya versi semur daging pekat, aku akan share ke teman-teman gimana cara memasak semur daging pekat.

Untuk membuat semur daging pekat , bahan-bahan yang kita perlukan sebagai berikut ya teman-teman:

  • 600 gr daging sapi yang dipotong agar besar.
  • 1 sdt kayu manis bubuk (bisa pakai kayu manis batangan)
  • 4 butir cengkeh
  • 6 sdm kecap
  • 2 lembar daun salam
  • 750 ml air

Bumbu Halus untuk Semur Daging

Bumbu halus untuk membuat semur daging sapi sebagai berikut:

  • 7 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt pala bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ cm jahe
  • ½ cm lengkuas

Bumbu halusnya bisa diblender atau diulek. Yang mana aja boleh yang penting bumbunya bisa jadi halus lembut kecil-kecil ya.

Aku kalau lagi malas repot ya bumbunya diblender. Tapi kalau lahi rajin dan pengen sambil olah raga ya diulek manual pakai cobek. Qeqeqe.

Cara Memasak Semur Daging Pekat

Semur Daging Sapi
Semur Daging Sapi Enak

Cung yang penasaran gimana cara memasak semur daging yang gampang tapi tetap enak. Ini nih aku tulis bocorannya. Silahkan dipraktikkan.

  1. Rebus air dan ketika sudah matang, masukkan daging sapi. Rebus sampai setengah empuk. Bisa juga di presto.
  2. Jika daging sudah ½ matang, angkat dan tiriskan.
  3. Di panci terpisah, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Masukkan potongan daging, aduk.
  5. Tambahkan kecap, air, kayu manis, cengkih, dan garam.
  6. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan kuah mengental.
  7. Koreksi rasa.
  8. Angkat dan sajikan dalam wadah.

Jika ada bawang goreng, bisa taburi atasnya dengan bawang goreng untuk rasa yang lebih nikmat. Tapi sayang di dapurku lagi gak ada bawang goreng nih teman-teman.

Mau bikin bawang goreng kok ya lagi malas. Jadi ya ini semur dagingnya kami makan begini aja pakai nasi hangat. Enak sekali.

Suami dan anak-anak suka sekali dengan resep semur daging yang kali ini aku masak. Tumben soalnya aku masak semur daging seperti ini. Sampai suami muji-muji masakan aku. Weh, aku jadi tersipu.

semur daging resep
Semur Daging Laris Manis

Ada cerita menarik dari semur daging sapi ini. Anakku yang tengah (Azril) gak mau makan sama semur daging ini kalau belum dikasih tau gimana cara memasak semur daging.

Begitu aku ceritain proses pembuatan semur daging ini, baru deh dia mau makan nasi sama semur daging sapi.

Ckckck.. emang itu ya bocah satu udah keliatan banget minatnya dari kecil suka dengan sesuatu yang berbau culinary. Apa sekolahin aja ya nanti di bidang masak-memasak?




Oke deh teman-teman. Begitu saja tulisan di blog aku hari ini tentang resep semur daging pekat yang mudah, enak, dan istimewa bumbu meresap sampai ke dalam.

Resep olahan daging ini cocok banget kalau dimasak pas lagi acara istimewa misalnya pas Idul Adha saat stok daging melimpah. Pas Idul Fitri juga cocok karena keluarga kan lagi ngumpul. Dimakan ramai-ramai cocok banget.

Silahkan di recook ya resep daging semur ini kalau teman-teman mau ya. Mudah-mudahan cocok resepnya.

Selamat memasak dan colek aku kalau udah jadi.

Baca juga: Resep Ikan Gurame Krispi



25 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.