Inspirasi Desain Rumah Minimalis Ala Skandinavia

Rumah Ala Skandinavia

Memiliki tempat tinggal atau hunian dengan desain yang unik merupakan hal yang menyenangkan. Konsep desain rumah minimalis ala Skandinavia bisa menjadi salah satu alternative inspirasi desain yang cukup menarik untuk kita terapkan. Apalagi sekarang rumah gaya Skandinavia lagi ngehits banget ya. Coba cek di Instagram, beuh… banyak banget yang ngeshare ide rumahnya. Saya juga ngikutin kok, tapi tetap disesuaikan dengan selera dan gaya saya donk tentunya.

Tidak sedikit masyarakat di Indonesia yang membeli rumah dijual di Semarang, Jakarta, Bandung dan kota – kota besar lainnya dengan model minimalis. Bentuk rumah seperti ini lebih banyak diminati karena konsepnya yang cukup unik dan mudah untuk di kreasikan dengan berbagai ide kreatif. Selain itu lahan tanah yang sempit pun turut menjadi alasan yang cukup kuat bagi masyatrakat Indonesia memilih rumah dengan konsep minimalis.

Teman-teman, sebelum kita menerapkan inspirasi desain rumah minimalis dengan gaya Skandinavia, ada beberapa prinsip yang harus kita pertimbangkan agar rumah minimalis yang kita miliki benar – benar menonjolkan konsep desain Skandinavia.

  • Cat dinding berwarna putih atau off-white dengan paduan highlight blue atau warna biru abu – abu.
  • Pilih warna dengan kesan netral dan lembut atau kalem
  • Pakai lantai kayu dengan warna yang terang pada semua ruangan kecuali kamar tidur
  • Pakai furniture atau perabotan dengan bentuk yang modern dan simple namun tetap fungsional.
  • Berikan kesan indah dengan hal – hal sederhana.
  • Gunakan bahan wol, goni, bulu imitasi, katun dan linen untuk tirai, pelapis sofa, karpet dan sarung bantal.
  • Pakai aksesoris seminim mungkin. Letakan tanaman di dalam ruangan untuk memberikan kesan alam di dalam ruangan. Warna hijau pada tanaman akan memberikan kesegaran dan kontras dengan warna dinding rumah.

Setelah mengetahui prinsip – prinsip diatas, pasti teman-teman mau tahu donk konsep desain rumah minimalis ala Skandinvia yang bisa kita terapkan ?Ini dia caranya:

  1. Berikan Kesan Modern Pada Ruang Tamu

Konsep desain rumah minimalis ala Skandinavia cukup simple dan tidak menggunakan warna – warna yang mencolok untuk memilih perabotan. Hindari memilih warna – warna yang jreng atau terlalu mencolok, pilih warna – warna yang lembut menenangkan seperti abu atau biru keabuan dan warna lainnya. Kita juga bisa mempercantik ruang tamu dengan tambahan karpet yang memiliki motif simple atau memiliki warna monokrom.

2. Manfaatkan Rak Seba Guna Di Ruang Keluarga

Ruang keluarga menjadi pusat di sebuah rumah yang memiliki keluarga hangat. Ruangan ini akan digunakan untuk beragam aktivitas bersama keluarga. Alangkah baiknya untuk meletakan rak – rak yang fungsional di ruangan ini untuk menyimpan buku atau peralatan yang biasa kita dan keluarga gunakan ketika berkumpul. Kita bisa menciptakan kesan ruang keluarga menjadi lebih luas dengan memilih perabotan yang memiliki volume tidak terlalu besar.

3. Tempat Tidur Dengan Pencahayaan Yang Baik

Sorot terang dari sinar matahari merupakan suasana yang cukup langka di Skandinavia karena musim dingin cenderung lebih lama di wilayah ini. Maka tak heran bila cahaya matahari menjadi obsesi yang tinggi bagi masyarakat Sandinavia. Hal ini tentunya berpengaruh pada bentuk rumah mereka yang memiliki pengaturan fentilasi yang berbeda dari konsep rumah di daerah lainnya. Untuk itu kita bisa membuat jendela yang terbuka tanpa menggunakan korden atau hanya menggunakan tirai satu helai saja.

4. Konsep Monokrom Untuk Kamar Si Kecil

Bagi kita yang sudah berkeluarga (contohnya saya) atau pasangan yang baru menikah, konsep ini bisa kita terapkan untuk kamar si kecil dengan konsep yang ceria. Kita tidak perlu mewarnai dinding dengan cat cerah untuk membuatnya terkesan ceria. Kita tetap bisa menggunakan warna netral atau putih untuk dinding. Kita juga tetap bisa membuatnya lebih ceria dengan menambahkan wall sticker dengan motif yang minimalis. Jangan terlalu ramai ya.

5. Buat Indoor Garden

Indoor garden atau taman di dalam rumah bisa dijadikan alternative bagi kita para pecinta tanaman dan suasana alam yang menyejukan dan menenangkan. Kita bisa menerapkan konsep desain rumah minimalis ala Skandinavia di dalamnya. Caranya kita bisa memilih tanaman yang mudah dirawat dan tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Manfaatkan tangga atau meja kecil untuk menyusun pot tanaman agar tampah lebih cute.

6. Satukan Dapur Dan Ruang Makan

Membeli rumah dijual di Semarang dengan konsep minimalis memang mengharuskan kita untuk menghemat ruang dan bahkan sampai harus menggabungkan dua fungsi menjadi satu. Seperti misalnya menyatukan ruangan makan dan dapur. Furniture berbahan kayu akan membuat kesan yang simple namun membunuh mata dengan keindahannya. Kita juga bisa menambahkan tanaman hijau agar suasana makan menjadi lebih nyaman dan menyegarkan. Tata dengan rapi dan hindari menggunakan perabotan kecil dengan jumlah yang banyak agar ruangan tetap terkesan bersih rapih dan luas. Jangan lupa dengan jendela yang menghubungkan kita dengan pemandangan taman yang menyegarkan di luar ruang makan.

Itulah uraian inspirasi desain rumah minimalis dengan konsep gaya Skandinavia. Buat rumah yang kita miliki menjadi lebih unik dan fresh dengan gaya yang anti mainstream. Keluarkan kreatifitas dan insting keindahan yang kaita miliki untuk menciptakan hunian yang nyaman dan tidak membosankan.

Selamat mencoba teman-teman 🙂

 

Comments

  1. William says:

    Mantap buat referensi nih

  2. Rizki Maulida says:

    Belakangan ini rumah minimalis menjadi pilihan banyak orang, dengan desain yang simpel tapi terlihat elegan dan keren.
    Saya juga baru tau kalau ada rumah minimalis tipe skandinavia ini, keren banget asli. Jadi pengen cepet2 punya rumah nih hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *