Tips Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Anak

Tips Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Anak

Tips Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Anak. Zaman sekarang, kebutuhan untuk liburan itu penting. Sama pentingnya dengan kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Ya gak? Kalau gak liburan tuh gimana ya, rasanya ada hidup yang gak lengkap.

Keluarga aku sendiri ya kadang suka liburan. Tapi gak yang tiap bulan pergi keluar kota khusus liburan. Pergi keluar negeri buat liburan malah belum pernah. Paling sekitar Bandung, Subang, dan Purworejo aja. Wkwk.



Liburannya sih lebih sering dadakan. Jarang terencana. Karena kami lebih suka dadakan. Biar seger dan fresh seperti tahu bulat yang baru diangkat dari wajannya. Ish, apa sih.

Seringnya, liburan nebeng saat suami kerja ke luar kota. Suamiku beberapa kali dapat undangan mengajar di luar kota. Nah daripada dia berangkat sendirian, dia sering mengajak kami sekeluarga liburan tipis-tipis.

Anak-anak dibawa serta. Untungnya mereka masih kecil-kecil. Anak yang pertama (Akmal) masih sekolah TK. Bisa lah izin sebentar ke Ibu guru untuk gak masuk. Entah nanti kalau sudah SD, apakah Akmal masih bisa izin-izin untuk ikutan liburan.

Saat liburan di luar kota ini, biasanya kami menginap di hotel. Kalau penyelenggara kegiatan atau sponsornya baik, kami akan disediakan hotel. Datang ke lokasi tinggal check in dan istirahat. Tapi pernah juga beberapa kali, kami gak disediakan hotel. Cuma dikasih uangnya buat bayar hotel sendiri. Atau pesan dulu, lalu uang hotelnya nanti akan diganti (reimbursement). 

review Hotel dan Restaurant Augusta Sukabumi
Tulisan Penanda di Depan Hotel dan Restaurant Augusta Sukabumi

Tips Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Anak

Nah dari beberapa kali pengalaman pergi liburan membawa anak, aku punya tips nih teman, gimana tips memilih hotel yang nyaman untuk keluarga.

  • Prioritaskan Hotel yang Dekat dengan Lokasi Pekerjaan

Kolam Renang Murah di Jatinangor

Lokasi hotel yang strategis dekat dengan lokasi kerja itu penting banget menurutku. Soalnya, kasian suami kalau hotel yang dipilih ternyata terlalu jauh.

Pernah kami pesan hotel murah di Jakarta Pusat. Kalau dilihat di Google Maps, kayaknya lokasi hotel dekat dengan tempat suami mengajar. Ternyata pas hari H, suami berangkat naik ojek online harus muter-muter dulu. Rupanya ada banyak jalur searah. Kasian, jadi capek di jalan dia.

Aku jadi belajar. Lain kali, kalau mau pesan hotel harus survei yang jelas. Tanya-tanya teman yang memang paham daerah tersebut. Cek di Google Maps aja gak cukup.

  • Cari Hotel yang Sesuai Budget

Kolam Renang di Sukabumi

Biasanya, suami dapat jatah untuk pesan hotel. Katakan jatahnya itu Rp 700.000/malam. Dengan harga segitu, biasanya kami bisa dapat hotel yang lumayan bagus kalau di kota. Tapi kalau di daerah, biasanya harganya bisa lebih murah, walau fasilitasnya gak banyak. Dengan jatah uang hotel segitu, aku akan cari di situs online yang menyediakan info hotel. Aku cari yang dekat dengan lokasi kerja dan yang sesuai anggaran kantor.

Kalau bayar hotelnya pakai uang sendiri, aku pilih yang dekat dan murah, hahaha. Tetap donk prinsip emak harus cari yang irit.

  • Coba Hotel yang Kids Friendly

Pernah sekali waktu, kami disediakan hotel yang gak terlalu bagus. Tidak ada AC di kamar. TV masih tipe tabung. Kondisi kamar agak kotor. Dengan kondisi seperti itu, aku dan suami sih gak masalah ya. Soalnya udah disediakan oleh sponsor.

Tapi Akmal protes. “Apaan nih, hotel kok kotor. Hotel kan harusnya bersih, ada TV dan ACnya”. Aku maklum, dia punya pemikiran seperti itu. Soalnya sebelumnya, kami menginap di sebuah hotel bagus yang kids friendly di Cirebon.

Baca: Cirebon yang Mengundang untuk Kembali

Kolam Renang di Sukabumi

Saat menginap di hotel sambil membawa anak-anak, sebagai orang tua, aku gak bisa pungkiri bahwa mereka suka dengan suasana hotel yang banyak arena bermainnya. Apalagi kalau ada mini zoo, arena panjat tebing, ayunan, perosotan, panahan, dan sebagainya.

Hotel yang menyediakan fasilitas seperti ini biasanya harganya memang agak mahal. Tapi konsumen puas. Karena kita gak perlu lagi keluar hotel untuk bermain. Semua sudah tersedia lengkap di dalam hotel.

  • Hotel yang Menyediakan Sarapan Lebih Oke

Wisata Kuliner di Bandung

Biasanya, sarapan sudah disediakan oleh hotel include harga. Tapi ada juga yang menawarkan exclude breakfast. Siapa tau ada konsumen yang ingin merasakan makan sensasi makanan lokal di sekitar hotel.

Tapi, kalau aku sendiri repot kalau harus cari-cari sarapan buat sekeluarga. Jadi aku akan pesan sarapan sekalian di hotel. Walau anak-anak biasanya akan ada charge tambahan saat makan di restoran hotel. Gak papalah keluar uang, daripada rempong.

  • Pilih Hotel yang Ada Kolam Renangnya

hotel di Jatinangor

Berenang adalah aktivitas favorit anak-anak saat menginap di hotel. Sambil nunggu ayahnya selesai kerja, mereka akan bermain air. Gak mau keluar kolam kalau tangan belum keriput. Aku sih biasanya akan duduk di pinggir kolam renang sambil ngerjain konsultan nama.

Saking senengnya kalau diajak nginep di hotel yang ada kolam renangnya, anak-anak pernah loh protes, “Kenapa sih hotel ini gak ada kolam renangnya, Bu?” saat kami ajak menginap di hotel yang gak ada kolam renangnya. Hgh, anak-anak mah ya udah bisa protes sekarang.

Oke teman, itu aja cerita dari aku tentang tips memilih hotel saat liburan bersama anak. Semoga bermanfaat dan ayo dolan.



9 thoughts on “Tips Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Anak”

  1. tips sangat membantu ini kak bagi saya yang ingin berlibur bersama keluarga, semoga aja rencana saya bisa terwujud untuk berwisata dan nginep bareng keluarga tercinta, soalnya bentar lagi musim libbur lebaran ya 🙂

  2. Pingback: Staycation di Jakarta Saat Libur Lebaran - Armita Fibriyanti
  3. wiw, asyik mbak. makasih sharing tipsnya. emang ya, nyari tempat menginap gak cukup hanya dengan batasan murah, namun fasilitas lain juga harus dipertimbangkan apalagi kalo bawa anak-anak. urusan anak ini bisa menjadi pertimbangan nomor 1.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.