Bulan kemarin, untuk pertama kalinya saya merasakan pusing-pusing yang hebat. Kepala seperti ditusuk-tusuk. Plus rasanya ingin muntah terus. Sudah dibawa istirahat sebentar dengan cara tidur-tiduran juga pusingnya masih terasa. Biasanya kalau pusing begini, dibawa tidur sebentar juga reda sakitnya. Tapi yang ini beda. Sudah diajak tiduran seharian plus minum air putih kok masih puyeng, nggliyeng. 

Saya sampai minta dibelikan supplemen Vitamin C ke suami dan juga minta dipijetin lanjut kerokan sama doi siapa tau jurus ini bisa menghilangkan pusing-pusing. Tapi memang lumayan berkurang sih pusing-pusingnya.

Setelah saya pikir-pikir, kenapa ya kok bisa sampai pusing banget dan rasanya ingin muntah. Padahal saya gak ada gejala hamil. Gak ada masalah berat juga. Ternyata pusing-pusing itu karena saya terlalu banyak bekerja di depan komputer. Terlalu terporsir istilahnya. Memang sih, bulan kemarin itu deadline terjemahan sedang penuh-penuhnya. Tumpuk-tumpukan antara dokumen satu dengan dokumen lainnya. Jadi ada beberapa malam yang saya ikut bergadang demi menyelesaikan pekerjaan terjemahan sebelum tenggat waktu.

Pekerjaan terjemahan Alhamdulillah selesai, bisa dikirimkan sesuai dengan waktu perjanjian. Tapi saya jadi puyeng dan memutuskan untuk tidak melihat komputer dan berbagai layar gadget selama 48 jam. Sesekali saja lirik pesan WhatsApp atau e-mail, siapa tahu ada yang penting. Kombinasi supplemen, pijatan suami, dan istirahat dari komputer tersebut Alhamdulillah bisa meredakan puyeng-puyeng saya ini.

Teman-teman, kesibukan yang super padat kerap membuat kita jadi lalai menjaga kesehatan. Akibatnya, tubuh jadi mudah sakit dan malah membuat rutinitas jadi terganggu. Supaya teman-teman tidak merasakan seperti apa yang saya alami di atas, sebaiknya, kita mulai lebih konsisten menjaga kesehatan meskipun sedang sibuk, sehingga tubuh kita jadi selalu sehat dan semangat kita senantiasa prima.

Sebenarnya menjaga kesehatan saat sibuk itu tidak sulit. Ada beberapa tips yang bisa saya bagikan ke teman-teman supaya tetap sehat walau deadline pekerjaan menumpuk. Ini juga sekaligus buat pengingat saya supaya juga tetap sehat dan prima. Kalau teman-teman punya tips lain, boleh donk dibagi di kolom komentar ya:

  1. Aktivitas Fisik Ringan di Tempat Kerja

Meskipun kita hampir tidak punya waktu untuk berolahraga, kita masih bisa melakukan aktivitas fisik ringan sambil bekerja. Mulailah bergerak lebih sering. Misalnya teman-teman bisa memilih menggunakan tangga daripada lift jika kantornya berupa gedung tinggi. Kalau saya, karena bekerja dari rumah, maka olah raga saya adalah keluar rumah dan jalan-jalan sebentar menghirup udara segar di luar rumah.

Selain itu, teman-teman yang bekerja kantoran bisa juga memilih untuk memarkir kendaraan lebih jauh dari biasanya juga membuat kita terlatih untuk berjalan kaki. Atau bisa juga menaiki sepeda (bike to work) saat pergi/pulang ke kantor. Kalau saya, karena bekerja dari rumah, kalau sedang ingin bersepeda ya tinggal mengeluarkan sepeda dari dalam rumah dan gowes mengelilingi komplek perumahan. Lumayan membuat berkeringat dan setelah itu jadi lebih segar. Hal-hal sederhana ini pun akan membuat ketahanan fisik kita menjadi lebih baik.

2. Angkat Beban Selama 10 Menit

Apakah angkat beban selama 10 menit sudah cukup untuk kebugaran tubuh? Tentu saja cukup jika kita melakukannya setiap hari. Kita hanya perlu menyisihkan waktu selama 10 menit saja setiap harinya supaya bisa lebih bugar. Gunakan beban yang sesuai dengan kemampuan kita. Jika nanti kita sudah lebih terlatih, maka kita bisa meningkatkan berat beban tersebut untuk menambah ketahanan fisik.

3. Berlangganan Catering Makanan Sehat

Sebelum kita telanjur sakit karena pola makan yang tidak sehat, alangkah lebih baik jika kita berlangganan catering makanan sehat. Dapatkan menu makanan rendah kolesterol di Gorry Gourmet. Bahkan, bukan hanya makanan untuk kolesterol saja yang ada di Gorry Gourmet, melainkan variasi makanan lain yang rendah lemak pun tersedia di catering yang satu ini. Gorry Gourmet senantiasa berkomitmen untuk menyajikan aneka makanan sehat dengan bahan berkualitas. Untuk itu, kita pun tidak akan kesulitan mengatur pola makan sehat walaupun kita selalu sibuk bekerja.

4. Mengonsumsi Suplemen Berkualitas

Semangat dan daya tahan tubuh menurun harus segera diatasi supaya tidak mempengaruhi produktivitas. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen berkualitas secara teratur. Kita bisa memilih suplemen sesuai kebutuhan, misalnya suplemen untuk kebugaran tubuh, suplemen penguat tulang, atau suplemen yang terdiri dari vitamin dan mineral. Ini bermanfaat banget ya teman-teman, seperti pengalaman mual pusing saya di atas yang salah satunya bisa diatasi dengan meminum supplemen. Saya waktu itu pilih supplemen Vitamin C. Tapi ada baiknya kalau teman-teman mengonsumsi lebih teratur dan jangan berlebihan (sesuai takaran) ya supaya tetap prima.

Bagaimana teman-teman, bisa kan ya kita sama-sama menjaga kesehatan meski sedang sibuk. Saya tidak mau kejadian pusing-pusing dan mual di atas terulang kembali. Begitu pun saya tidak ingin teman-teman sakit dan merasakan yang sama. Oleh karena itu, yuk kita lebih peduli dengan diri sendiri sehingga kesehatan kita senantiasa terjaga. Sekarang, mari mengajak orang-orang yang kita cintai untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri! Pay it forward!

Salam sehat 🙂

You may also like

8 Comments

  1. Klamaan menghadap layar komputer memang ga bgs bener2. Malah ada yg sampe matanya seolah ga bisa melohay jelas lg tulisan lainnya, mungkin saking capeknya mata dipaksa trs2an utk melihat layar pc/gadget. Mkanya aku ga mau terlalu lama mba.. Takut efek di mata jg di kesehatan keseluruhan..

    1. Betul Mbak, saya kalau lagi dikejar target suka memaksakan di depan layar komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Me!