7 Langkah Bersihkan Rumah Setelah Banjir

Tingginya frekuensi hujan yang belakangan terjadi memang menyisakan beberapa kerepotan. Aktivitas menjadi sedikit terganggu. Apalagi jika hujan deras turun cukup lama hingga menyebabkan banjir. Banjir ini sering mengganggu apalagi jika banjir bukan hanya di bagian jalan saja, namun juga masuk ke dalam rumah.

Ada beberapa lokasi perkotaan yang tergenang banjir. Di kota Bandung misalnya baru-baru ini juga terkena banjir. Bahkan hal tersebut terjadi di tengah kota. Hal yang sama juga kerap terjadi di wilayah Jakarta, hal ini menyebabkan harga rumah dijual di Jakarta Selatan yang tidak kena banjir menjadi tinggi dan yang langganan banjir jadi harganya turun drastis.

Setelah banjir surut, tentunya muncul pekerjaan rumah untuk membersihkan sisa sisa bencana tersebut. Hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena akan dapat merusak fisik rumah dan menambah risiko kecelakaan. Maka simaklah cara tepat membersihkan rumah setelah kebanjiran berikut.

Matikan Listrik

Aliran listrik di rumah harus dimatikan ketika akan membersihkan rumah pasca-banjir hal ini agar nantinya tidak terjadi korsleting yang bisa berbahaya di rumah. Korsleting dapat menyebabkan kebakaran. Selain itu juga dapat mencelakakan penghuni rumah jika tersetrum.

Gunakan Desinfektan

Teman-teman perlu untuk menggunakan air bersih ketika membersihkan rumah setelah banjir. Hal ini karena air banjir sendiri banyak membawa kuman sehingga sebaiknya dibilas dengan air bersih. Jika perlu, ditambahkan juga desinfektan untuk membunuh kuman.

Mengelompokkan Barang

Kelompokkan barang-barang yang terkena dampak banjir. Pakaian segera dicuci dan dijemur, kemudian perabotan kayu segera dikeringkan agar tidak cepat rusak. Alat elektronik diperiksa apakah benar-benar kering.

Cuci Barang Lembab dengan Benar

Bersihkan barang lembab dengan benar. Barang lembab di sini mulai dari pakaian, handuk, gorden, hingga karpet rumah. Hal ini karena barang-barang tersebut sangat berpotensi menjadi tempat berkumpulnya kuman.

Keringkan Dinding

Bersihkan dan keringkan dinding yang terkena banjir. Biasanya tembok akan menjadi lembab dan berlumut. Sikat dan bilas lumut tersebut dengan cairan desinfektan dan keringkan.

Perbaiki Alat Elektronik

Perbaiki alat elektronik yang terkena banjir. Jangan langsung memasangnya ketika banjir telah surut. Periksa dulu kondisinya apakah benar-benar kering. Jika rusak, bawalah alat tersebut ke jasa servis yang tepercaya.

Hubungi Pihak Asuransi

Jika teman-teman sudah mengasuransikan rumahnya, maka sebaiknya teman-teman  segera menghubungi petugas asuransi. Jangan lakukan apapun terlebih dahulu sebelum mereka datang. Jika perlu, buat video kondisi rumah untuk mengatasi persoalan.

 Semoga bermanfaat ya!

Comments

  1. alimuakhir says:

    Tipsnya bermanfaat sekali, e tapi semoga rumah nggak kebanjiran ya, hehehe

  2. Bermanfaat banget nih tipsnya, ga kebayang deh ya klo rumah kita kebanjiran.

  3. bermanfaat banget nih, disini kalo udh banjir pada males bersihinnya hehe

  4. alligator sky says:

    mantaplah tipsnya, jadi lebih enteng beresin rumah abis banjir

  5. alligatorsky.net says:

    mantap tipsnya, bermanfaat dan bisa jadi amal jariyah

  6. davin davin says:

    sangat membantu untuk saya yang rumahnya suka kena banjir… terimakasih

  7. Agusti Muhsy Maghribi says:

    bagus kak tips-tipsnya, semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak. 🙂

  8. udah ngalamin rumah banjir >.< dan lembabnya itu memang bikin ga nyaman, harus banyak-banyak buka pintu dan jendela supaya cepet kering

  9. Artikel ini sangat membantu. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *