Bahan Alami Yang Ampuh Mengusir Ketombe. Siapa sih diantara kita yang tidak jengkel dengan kehadiran ketombe di kulit kepala? Tentu saja kita akan merasa jengkel dan risih dengan kehadiran ketombe tersebut. Pasalnya, kehadiran ketombe ini sering disertai dengan rasa gatal-gatal yang sangat mengganggu. Selain itu, pastinya kehadiran ketombe juga dapat mengurangi penampilan kita. Gemes kan ya.

Sejatinya, ada banyak sekali produk-produk shampoo anti ketombe yang bisa kita beli dipasaran. Namun, belum tentu juga produk shampoo anti ketombe tersebut aman digunakan. Sebab, ada sebagian dari kita yang kurang cocok pada produk shampoo anti ketombe tertentu lho. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini aku akan memberikan beberapa cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Bahan Alami Yang Ampuh Mengusir Ketombe

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara alami pertama yang sudah terbukti efektif untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala, yakni dengan menggunakan minyak zaitun. Menurut para pakar tambu terkemuka, yang menyebutkan bahwa kandungan antimikroba dan zinc pada minyak zaitun sangat ampuh melawan jamur penyebab munculnya ketombe di kulit kepala.

Mengenai cara penggunaannya, siapkan minyak zaitun secukupnya, oleskan pada kulit kepala secara merata sambil diberi pijatan lembut. Diamkan kurang lebih selama 30 menitan, kemudian bilas lagi rambutmu dengan air hangat sampai bersih.

Baca: Perawatan Rambut Rontok pada Wanita

  1. Menggunakan Minyak Almond

Selain minyak zaitun, ternyata minyak almond juga tidak kalah efektifnya dalam mengusir ketombe di kulit kepala. Pasalnya, minyak almond kaya akan kandungan vitamin E yang efektif untuk mengatasi masalah ketombe dalam waktu singkat.

Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan minyak almond secukupnya, aplikasikan pada rambut dan kulit kepala secara merata, beri pijatan lembut, dan diamkan selama 20 – 30 menitan. Jika sudah demikian, segera bilas kembali rambutmu dengan air hangat hingga bersih.

  1. Menggunakan Minyak Kemiri

Memang sudah sejak dari dulu, jenis minyak yang satu ini kerap digunakan untuk memelihara kesehatan kulit kepala dan rambut. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, minyak kemiri sangat efektif untuk mengusir ketombe tanpa merusak kondisi rambutmu lho. Ya, terang saja demikian, sebab minyak kemiri memiliki kandungan antimikroba yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan jamur penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala. Cara penggunaannya pun tidak beda jauh dengan cara yang diatas tadi.

Baca: Rosemary Hair Treatment, Bye Rambut Rontok

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Berbicara soal perawatan rambut dan kulit kepala, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada tanaman lidah buaya bukan? Hal itu memang benar adanya, dimana tanaman lidah buaya sudah terbukti efektif untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit kepala, termasuk dalam mengatasi masalah ketombe yang membandel. Sebab lidah buaya mempunyai kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Caranya, siapkan 1 batang tanaman lidah buaya. Kupas kulitnya, lalu blender atau tumbuk dagingnya sampai hancur. Oleskan gel lidah buya tersebut pada kulit kepala sambil diberi pijatan lembut, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas kembali dengan air dingin hingga bersih.

  1. Menggunakan Daun Sirsak

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ketombe, yakni dengan menggunakan daun sirsak. Sediakan beberapa lembar daun sirsak, cuci sampai bersih, campurkan dengan sedikit air, kemudian blender atau tumbuk hingga halus. Oleskan pada kulit kepala, beri pijatan lembut, diamkan selama 30 menit, lalu bilas lagi rambutmu dengan air dingin sampai bersih.

Oke deh teman, itu aja tips dari aku tentang list bahan alami yang ampuh mengusir ketombe. Semoga bermanfaat ya. Sampai ketemu di tulisan berikutnya!

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Me!