Bolu Susu Lembang, Kuliner Terbaru dari Bandung

Bolu Susu Lembang, Kuliner Terbaru dari Bandung

Bandung Dalam Kenangan Masa Kecilku

Bolu Susu Lembang, Kuliner Terbaru dari Bandung. Waktu saya kecil dulu, hal pertama yang paling saya ingat tentang Bandung adalah produk-produk fashionnya baik itu baju maupun sandal/sepatu. Sudah tidak diragukan lagi bahwa Bandung sangat terkenal dengan kedua hal tersebut.

Hal selanjutnya yang bisa saya ingat dari Bandung adalah alamnya yang sejuk, terutama Lembang. Lembang adalah Bandung, Bandung adalah Lembang. Seolah keduanya tidak bisa dipisahkan padahal Bandung areanya sangat luas, tidak hanya Lembang saja. Ini seperti identiknya Indonesia dengan Bali. Turis asing mengenal Indonesia pasti dengan Bali-nya. Sama dengan saya yang mengenal Bandung dengan Lembang-nya.

Jadi teringat momen pertama kali ke Bandung tahun 2000. Berarti sudah 17 tahun yang lalu ya. Waktu itu saya bersama-sama teman-teman satu SMP diajak karya wisata oleh sekolah mengunjungi Bandung dan daerah sekitarnya. Kami mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika, Gunung Tangkuban Perahu, dan terakhir wisata belanja di Cihampelas.

Saya ingat sekali, waktu itu belum banyak pilihan oleh-oleh khas Bandung yang dijajakan. Saya membeli beberapa kaos bertuliskan Bandung, keripik tempe, dan juga tidak ketinggalan peuyeum sebagai oleh-oleh untuk orang tua di Purworejo, Jawa Tengah.

Bandung Yang Sekarang

Wisata Bandung

17 tahun berlalu dan siapa sangka sekarang saya malah sudah menjadi warga Bandung. Melihat perkembangan Bandung yang sekarang, beda sekali dengan sekilas yang saya ingat di waktu lampau.

Bandung kini lebih semarak, maju, banyak sekali yang baru. Hampir setiap minggu muncul tempat wisata dan kuliner baru di Bandung. Sehingga tidak heran jika Bandung dinobatkan sebagai salah satu dalam jaringan kota kreatif UNESCO Creative Cities Network pada akhir tahun 2015 lalu.

Bolu Susu Lembang, Kuliner Terbaru dari Bandung

Bolu Lembang

Salah satu kuliner terbaru yang semakin menambah semaraknya Bandung adalah Bolu Susu Lembang (BSL). Bolu istimewa yang sangat kental nuansa susunya tapi rasanya enak dan tidak eneg.

Susu dipilih sebagai salah satu bahan pembuat bolu dimana susu adalah salah satu produk andalan dari Lembang. Yap, Lembang tidak hanya indah dengan pemandangan alamnya saja, tapi Lembang juga dikenal sebagai daerah penghasil susu sapi terbaik untuk wilayah Bandung dan sekitarnya.

Kalau bisa dikatakan, ibaratnya seperti ini. Bandung terkenal dengan Lembangnya. Lembang terkenal dengan produk susunya. Dan susu ini diolah secara khusus untuk dijadikan bolu yang istimewa cocok sebagai oleh-oleh khas Bandung.

Grand Launching Bolu Susu Lembang

Menyambut lahirnya kuliner terbaru dari Bandung ini, pada hari Minggu 17 Desember 2017 kemarin, diadakan Grand Launching Bolu Susu Lembang  bertempat di Outdoor Atrium Utama Cihampelas Walk (Ciwalk) Mall, Bandung. Acara yang dibuka sejak pukul 10.00 pagi ini meriah sekali dengan adanya berbagai kegiatan perlombaan. Seperti lomba food stylish, lomba foto dan video produk, lomba mewarnai, parade chef ICA hingga pembagian doorprize. Doorprize nya menarik sekali. Ada motor, mesin cuci, lemari es, blender, setrika, dan voucher belanja BSL.

Sejak 3 hari sebelum dibukanya grand launching ini, promosi sudah gencar dilakukan. Baik melalui radio lokal Bandung (Prambors FM, PR FM, dan Ardan Radio) maupun melalui media sosial. Bahkan hashtag #bolususulembang #bolulembang sempat mencapai trending topic Twitter sehari sebelum grand launching dibuka.

Maka tidak mengherankan apabila saat grand launching ini dibuka pada hari Minggu, lautan manusia memenuhi lapangan outdoor atrium utama di Ciwalk Bandung. Bahkan pada penjualan BSL sesi pertama di pagi hari, terjual 1.000 box. Luar biasa ya antusiasme masyarakat ingin mencoba Bolu Susu Lembang ini. Senang sekali saya dan rekan-rekan dari Blogger Bandung bisa turut mengabadikan momen istimewa ini.

Bolu Susu Lembang
 Antrean Pembeli yang Mengular untuk Mendapatkan Bolu Susu Lembang

Penjualan dibuka kembali pada siang hari di sesi kedua. Dengan membeli bolu 1 buah, pengunjung bisa mendapatkan gratis 1 juga (buy 1 get 1 free). Bahkan pengunjung bisa mendapatkan nomor undian dan berkesempatan memenangkan doorprize dengan hadiah utama berupa sepeda motor. Antrian kedua ini selesai dalam 1 jam dan semua bolu sudah ludes dibeli oleh masyarakat. Sold out!

Saat pengunjung antre mendapatkan bolu, panitia juga sambil menyelenggarakan lomba mewarnai untuk anak-anak TK dan SD kelas 1. Selain itu, ada juga lomba food plating yang diikuti oleh siswa sekolah tata boga dan masyarakat. Hasil mewarnai dan food plating-nya bagus-bagus sampai juri pun bingung menentukan yang terbaik.

Bolu Lembang
Persiapan Lomba Food Plating

3 Varian Rasa Bolu Susu Lembang

Berbeda dengan roti/cake kekinian yang banyak diusung oleh artis-artis sebagai brand ambassador-nya, Bolu Susu Lembang adalah produk asli hasil karya warga Bandung. Mereka mengamati dengan detail produk apa yang bisa dijual khas dari Bandung dan ditawarkan kepada masyarakat. Dan akhirnya tercetusnya Bolu Susu Lembang, yang merupakan bolu dengan bahan olahan susu khas dari Lembang, Bandung.

Bolu Susu Lembang saat ini menyediakan 3 varian rasa yaitu Bolu Kukus Susu Coklat, Bolu Kukus Original, dan Bolu Kukus Susu Vanila (lihat gambar di bawah ya). Tidak menutup kemungkinan kedepannya akan bertambah lagi varian rasa dari Bolu Susu Lembang.

Saya sendiri sudah mencoba merasakan Bolu Susu Lembang yang rasa susu coklat dan original. Menurut saya, rasanya pas. Manis, legit, lembut, terasa susu dan coklatnya, tapi tidak eneg. Paling enak dibagian toppingnya ada vla dan parutan keju yang bikin nagih. Bahkan saya dan keluarga menghabiskan bagian topping-nya dahulu karena memang paling enak. Nyam…nyamm…

Begitu juga chef yang tergabung dalam ICA (Indonesian Chef Association) mengakui kualitas dari BSL ini. Enak, lezat, dan lembutnya pas. Wah sama donk kita Pak 🙂

Bolu Lembang
Lezatnya Bolu Susu Lembang Diakui oleh Perwakilan Chef dari ICA (Indonesian Chef Association)

Bolu Susu Lembang Bisa Dibeli Di Sini

Selain dinikmati sendiri, Bolu Susu Lembang ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk kawan, kerabat, ataupun rekan kerja. Bisa dibawa keluar kota juga karena walaupun dibuat tanpa bahan pengawer, Bolu Susu Lembang ini tahan lama bisa sampai 4 hari di suhu ruang loh, bisa tahan sampai 10 harian jika disimpan di lemari pendingin dan 1 bulan jika disimpan di freezer.

Asyikkk bisa nih nanti akhir tahun mudik ke Purworejo sambil bawa Bolu Susu Lembang buat orang tua. Biar mereka juga ikutan ngerasain gimana lezatnya Bolu Susu Lembang. Apalagi harganya termasuk bersahabat dengan kantong. Rp 29.000 saja per boxnya loh. Yuk, ah!

Nah untuk teman-teman yang belum mencoba dan penasaran dengan cita rasa Bolu Susu Lembang yang rasanya legit dan ngangenin banget, teman-teman bisa mengunjungi mitra resmi dari BSL yang berlokasi di bawah ini:
1. Jl. Raya Bojong Soang no. 108 b. Buah batu
2. Jl. Jendral Amir machmud no. 218 Cimahi Utara
3. Jl. A.H Nasution No. 105 Bandung
4. Jalan Raya Jatinangor no. 172
5. Jl. Malabar, Kosambi Bandung

Bolu Susu Lembang juga akan buka Booth BSL di Stasiun Bandung (Pintu Utara) loh mulai tanggal 23, 24, 25, 26, 30 31 Desember 2017 dan 1 Januari 2018. Jam buka mulai pukul 07.00 s/d 21.00 WIB. Yuk ayuk yang belum, segera serbu dan nikmati Bolu Susu Lembang, kuliner cita rasa khas Bandung.

Kalau ada yang gak sempat mampir mitra usahanya, BSL juga bisa dibeli secara online loh. Tinggal hubungi call centre-nya saja dan dapatkan free delivery untuk area Bandung. Sebut layanan ini sebagai BSL Gancang, layanan dari BSL untuk memudahkan produk BSL sampai ke tangan konsumen dengan cepat. Fyi, gancang dalam Bahasa Sunda artinya cepat. Wuzz… wuzz…

Nanti juga rencananya BSL akan bergabung dengan layanan Go-Food. Asyik nih, pesan BSL jadi makin mudah ya 😉

Untuk teman-teman yang kemarin tidak sempat hadir di grand launching BSL, keseruan grandlaunching Bolu Susu Lembang bisa dilihat di galeri foto di bawah ini ya (geser ke kanan/kiri untuk lihat full-nya ya..

Semoga Bolu Susu Lembang bisa menambah ragam kuliner Bandung, laris-manis dan diterima oleh masyarakat. Dengan membeli Bolu Susu Lembang berarti kita sudah turut menghidupkan UKM Bandung dan menjaga kearifan lokal. Karena ini produk lokal khas Bandung, makanya BSL hanya akan diperoleh di Bandung saja dan tidak akan ada produk BSL di kota lain. Hayuk ah teman-teman mampir ke Bandung dan borong produk BSLnya.

Baiklah teman-teman, sekian cerita saya tentang grand launching Bolu Susu Lembang, kuliner terbaru dari Bandung. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di tulisan berikutnya ya.

 


28 thoughts on “Bolu Susu Lembang, Kuliner Terbaru dari Bandung”

  1. Suka deh ada produk oleh-oleh baru hasil cipta karya masyarakat lokal, harus dibeli nih. Dari dulu aku taunya kalau ke Lembang ya cuma susu dan tahu susu. Kemaren pas ke Bandung masih kudet info ini jadi belom sempat beli. Semoga next trip ke Bandung aku bisa beli oleh-oleh bolu susu Lembang ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.