Literasi keuangan untuk anak
Finansial

Cara Mudah Anak Mengenal Nilai Uang Melalui Cha-Ching Kid$ at Home

Cara Mudah Anak Mengenal Nilai Uang Melalui Cha-Ching Kid$ at Home. “Kapan kita jalan-jalan keluar negeri, Bu?”

Menjawab pertanyaan anak umur 8 tahun seperti ini agak tricky ya. Karena bukan hanya masalah pandemi Covid-19 yg belum beres, tapi juga masalah duit yang dibutuhkan tuh gak sedikit.

Perlu alokasi anggaran buat 5 orang mulai dari beli tiket bolak-balik, uang makan di jalan, hotel, transportasi dll. Kebayang kan berapa duitnya kalau pergi bawa segini orang.

Kalau lagi ditanya begini sama Akmal, ini lah saatnya diskusi sama dia. Bahwa pergi jalan-jalan tuh juga butuh uang.

Uangnya dapat dari mana? Kerja.

Kalau uangnya belum cukup, ya nabung sampai terpenuhi.

Mengenal Program Cha-Ching Kid$ at Home

Cha-Ching Kid$ at Home
Siap membersamai anak belajar mengenal nilai uang

Pas banget lagi masanya Akmal punya banyak keinginan, beberapa hari yang lalu kami ikut program pengenalan pengelolaan uang untuk anak bernama Cha-Ching Kid$ at Home yang diselenggarakan Cha-Ching Kid$ at Home pada hari Sabtu, 27 Maret 2021.

Acara ini, dihadiri oleh teman-teman media dan blogger, serta anak-anak mereka. Ada juga Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia yang membuka acara ini. Jens mengatakan bahwa untuk membentuk kebiasaan finansial bagus dimulai sejak usia 7 tahun. Pas banget dengan usia Akmal yang sekarang menginjak 8 tahun.

Prudential Indonesia kembali berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) untuk pelaksanaan program Cha-Ching Kid$ at Home di Indonesia. Cha-Ching Kid$ at Home merupakan program yang sejalan dengan dukungan perusahaan terhadap Global Money Week (GMW).

Kampanye tahunan global ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya memastikan anak-anak muda sejak usia dini paham mengenai literasi keuangan. Cha-Ching Kid$ at Home juga sejalan dengan aspirasi perusahaan untuk membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih sejahtera.

Buat teman-teman yang ingin tau program Cha-Ching Kid$ at Home lebih lanjut, Cha-Ching merupakan program literasi keuangan pemenang penghargaan yang diluncurkan oleh Prudence Foundation pada 2011, bekerja sama dengan Cartoon Network serta Dr. Alice Wilder, pakar edukasi dan psikologi anak ternama. Program ini telah diimplementasikan di 13 negara di Asia dan Afrika.

Ada 4 pilar utama yang diajarkan di program Cha-Ching Kid$ at Home untuk anak usia 7-12 tahun:

  1. Memperoleh (Earn),
  2. Menyimpan (Save),
  3. Membelanjakan (Spend), dan
  4. Menyumbangkan (Donate)
Cha-Ching Kid$ at Home
Sudah tahukah anak dari tujuan menabung?

Cukup seru mengajak Akmal mengikuti program belajar literasi keuangan secara virtual di Cha-Ching Kid$ at Home. Di acara tersebut, kami belajar gimana mengenal nilai uang, menghitung berapa harga barang, membedakan antara keinginan dan kebutuhan, gimana cara mewujudkan mimpi, cara mengelola uang secara sederhana dll.

Sebelum ada pandemi Covid-19, program Cha-Ching Kid$ at Home dilaksanakan secara offline. Prudential Indonesia bersama PJI telah melaksanakan program Cha-Ching ini sejak 2012. Hingga September 2020, kurikulum Cha-Ching telah diimplementasikan di 2.665 sekolah di Sidoarjo, Trenggalek, Blitar, Jakarta, dan menjangkau 4.828 guru dan 146.799 siswa Sekolah Dasar.

Secara total, Cha-Ching telah menjangkau hampir 10 juta orang di Indonesia melalui berbagai aktivitas dan saluran komunikasi (program pengajaran Cha-Ching, media sosial, kolaborasi dengan berbagai komunitas, dan TV nasional). Wow banyak juga ya.

beda keinginan dan kebutuhan
Ini bedanya keinginan dan kebutuhan

Manfaat Cha-Ching Kid$ at Home

Bagus ya program literasi keuangan sejak dini seperti ini karena anak jadi tau nilai uang. Gak cuma sekedar minta aja dari ortunya. Kalau anak sudah paham pengaturan uang sejak dini, tentunya nanti bisa membantu mereka membuat keputusan finansial dengan lebih baik saat mereka dewasa kelak.

Kalau dari sisi orang tua, program #MoneyParenting seperti ini bisa membantu para orang tua memberikan pemahaman dasar yang lebih mudah kepada anak mengenai pentingnya nilai uang,

Walaupun secara sederhana anak sudah belajar mengenai uang secara sehari-hari, tapi di program Cha-Ching Kid$ at Home tuh lebih terstruktur. Ada kejelasan step-stepnya.

Cha-Ching Kid$ at Home
Mengisi lembar kerja Cha-Ching

Misalnya ada lembar kerja tantangan mengurangi belanja keluarga, tantangan menabung, mengenal harga barang di rumah, sampai ada formulir perjanjian donasi/sumbangan anak juga.

Di akhir pembelajaran juga ada tes/kuis untuk menguji pemahaman anak-anak mengenai literasi keuangan yang sudah dipelajari tadi.

Hmm.. jadi gak sabar untuk mengimplementasikan program Cha-Ching ini di rumah bersama anak-anak.

Baiklah teman-teman. Itu saja cerita keseruan saya dan Akmal mengikuti program Cha-Ching Kid$ at Home. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.