Cara Mudah Mengatasi Ketiak Gelap Agar Terlihat Lebih Putih dan Cerah

Cara Mudah Mengatasi Ketiak Gelap Agar Terlihat Lebih Putih dan Cerah

Sstt… mau ngomongi seputar ketiak ya kita teman-teman di blogpost kali ini. Hihihi ūüėĬ†Sebagian besar wanita Indonesia memang jarang memamerkan ketiak seperti halnya orang-orang Eropa atau Amerika atau bule yang gemar mengenakan tank-top atau¬†pakaian (baju) tanpa lengan. Ya soalnya bagian ketiak ini memang masih dianggap tabu untuk dipamerkan ke khalayak umum. Apalagi buat kita muslimah. Bagian ini memang wajib ditutupi karena termasuk aurat.

Tapi bukan berarti kebiasaan tersebut serta-merta membuat kita rela punya kulit ketiak yang gelap atau berwarna hitam. Selain itu, tentu saja ketiak mungkin 90% atau lebih waktunya, selalu berada di tempat yang tersembunyi dan tidak terekspos di depan umum. Bahkan bagi diri kita sendiri sekalipun, mungkin tidak terlalu sering melihatnya.

Namun ada saat-saat seperti ketika kita mengangkat ponsel lebih tinggi dari¬†kepala untuk mengambil foto selfie, secara tidak sadar, ketiak terekspos begitu saja dan warna gelap kulit ketiak membuat kita merasa risih dan malu. Apalagi buat kita yang sudah menikah ya. Kadang ngerasa malu kalau pas keliatan ketiaknya berwarna hitam di depan suami. Qqiqiqi ūüėÄ

Penyebab Ketiak Berwarna Gelap

Aku sendiri pernah penasaran, kenapa sih ketiak kita tuh bisa berwarna hitam. Padahal, pada awalnya dulu waktu masih muda perawan kinyis-kinyis ketiakynya bersih dan berwarna putih bahkan lebih putih dari kulit tubuh yang lain.

Baca: Masalah yang Sering Dihadapi oleh Perempuan yang Masuk Usia 30

Menurut dokter kulit bernama Carlos Charles, MD, pendiri Derma di Colore, penyebab ketiak, siku, dan lutut berwarna gelap bisa disebabkan karena faktor genetik atau dapat juga disebabkan karena kondisi medis tertentu seperti diabetes. Bahkan ada beberapa teman aku yang kulit ketiaknya menjadi hitam dan menebal saat hamil dan menyusui. Barangkali ini pengaruh hormon juga kali ya.

Walau demikian, kondisi ini lebih banyak dialami oleh mereka yang memiliki kulit berwarna gelap seperti sawo matang. Kayak jenis kulitku nih. Karena pada dasarnya, kulit yang berwarna gelap akan menghasilkan sel-sel yang berpotensi menciptakan pigmentasi pada kulit. Dalam beberapa kasus, kegiatan mencukur atau menggunakan deodoran dapat menimbulkan hiperpigmentasi yang akan membuat kulit terlihat lebih gelap dari yang seharusnya.

Mengapa mencukur ketiak dapat menyebabkan ketiak jadi hitam? Alasannya sederhana, kegiatan mencukur ketiak dapat menyebabkan peradangan serta trauma dan gesekan yang berulang-ulang. Setiap kali ada friksi atau gesekan yang berulang pada kulit, kulit akan merespon dengan meningkatkan ketebalannya. Sehingga, semakin tebal kulit tersebut maka akan semakin gelap warnanya (hiperpigmentasi).

Cara Mengatasi Ketiak yang Berwarna Gelap agar Lebih Putih dan Cerah

Pemutih ketiak

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ketiak yang berwarna gelap agar terlihat lebih putih dan cerah? Mencabut bulu ketiak walaupun tidak lebih baik dari mencukur bulu ketiak bisa dijadikan sebagai alternatif. Mencabut bulu ketiak memang tidak serta merta menyelesaikan masalah kulit ketiak yang hitam. Kita juga bisa mamanfaatkan alternatif lain seperti dengan menggunakan laser hair removal  atau menggunakan pemutih ketiak untuk mencerahkan warna kulit.

Baca: Menghilangkan Tahi Lalat, Kutil, dan Komedo Putih dengan Laser

Pemutih ketiak yang dikeluarkan oleh produsen kecantikan maupun pemutih ketiak alami bisa jadi alternatif yang kita gunakan. Tapi ingat, kita tidak dianjurkan menggunakan air lemon karena menurut beberapa dermatologist (dokter spesialis kulit) efeknya justru dapat menyebabkan ketiak semakin parah. Berikut adalah alternatif bahan alami terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk
memutihkan warna ketiak.

  1. Gunakan minyak alami seperti minyak kelapa murni

Minyak kelapa adalah pilihan yang paling mudah kita temukan di sekitar kita  selain minyak zaitun yang kaya vitamin E dan bisa membantu mencerahkan warna ketiak. Cara memanfaatkannya:
‚óŹ Ambil minyak kelapa secukupnya kemudian gunakan untuk memijat¬†bagian ketiak yang berwarna gelap
‚óŹ Setelah itu diamkan selama 15 menit sebelum kemudian dibersihkan dan dibilas dengan air hangat
‚óŹ Ulangi cara tersebut sebanyak 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil¬†yang cepat dan maksimal

2. Lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati

Selain karena beberapa faktor di atas, sebenarnya kulit ketiak juga bisa berwarna lebih gelap dibandingkan dengan warna kulit di tubuh kita yang lainnya karena adanya penumpukan sel kulit mati yang tidak terangkat dengan sempurna. Untuk mengatasinya, satu-satunya cara adalah dengan melakukan eksfoliasi menggunakan kain yang lembut atau exfoliator lainnya termasuk lulur mandi.

Jika ketiak mau berwarna gelap karena penggunaan deodorant. Secara teori, beberapa bahan yang terdapat di dalam deodoran seperti (parfum) bisa saja menyebabkan kulit bereaksi dengan cara merubah warna. Menurut pengalaman banyak orang, berhenti menggunakan deodorant atau antiperspirant bisa membantu mereka mengatasi masalah ini.

Teman-teman punya masalah seputar ketiak yang berwarna hitam? Share yuk gimana cara mengatasinya.

18 thoughts on “Cara Mudah Mengatasi Ketiak Gelap Agar Terlihat Lebih Putih dan Cerah

  1. Dulu ketiakku juga item banget banget gara2 selalu pakai deodorant, skrg aku hrs merogoh kantong lebih karna pakai deodorant mahal demi mencerahkan ketiak krna aku suka pakai baju tanpa lengan, udh cukup cerah sih tp aku belum puas, next time aku mau coba minyak kelapa ahh, sp tau berhasil kan hihi, thks for sharing bebs.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.