Cari Info Tentang Cara Mengatasi Kuku Cantengan di SehatQ.com

Cari Info Tentang Cara Mengatasi Kuku Cantengan di SehatQ.com

“Ibu, jangan senggol tanganku. Ini kuku aku sakit sekali!” Tangis Akmal pecah saat aku secara tidak sengaja menyenggol tangan kanannya. Gara-gara nangis ini, dia sempat mogok gak mau masuk sekolah.

Aku lihat jari tengah tangan anak pertamaku ini seperti ada gejala bengkak merah dan keluar sedikit nanah. Aku bingung sebenarnya kenapa dengan kondisi tangan Akmal itu.

“Oh itu hileudeun, kata orang Sunda mah!” celetuk suami saat aku ajak dia diskusi tentang sakitnya Akmal ini.

Hileudeun, apa itu? Aku juga baru dengar dengan istilah sakit ini. Agak aneh di telingaku yang asli orang Jawa ini. Meski udah 7 tahun tinggal di Bandung, tetap aja gak fasih-fasih Bahasa Sunda.

Karena penasaran, aku cek di Google. Apa itu penyakit hileudeun.

Ealah, ternyata hileudeun itu sama dengan penyakit cantengan kalau di Jawa. Nah kalau cantengan mah aku sering dengar walau belum pernah menderita juga sih.



Penyakit Cantengan 

Buatku, penyakit cantengan atau hileudeun ini termasuk baru. Jadi aku belum paham-paham benar apa dan gimananya. Aku coba cari info-info Artikel Kesehatan di Google tentang penyakit cantengan ini. Aku carinya via komputer desktop aku soalnya sekalian aku sambil ngerjain tulisan terjemahan. Jadi sambil kerja, aku juga sambil cari informasi penyakit yang saat ini diderita Akmal.

Artikel di Google merujuk ke website SehatQ.com Ini kali pertama aku membuka website yang kebanyakan berisi artikel kesehatan ini. Duh kemana saja aku, kok baru tahu.

Di website SehatQ.com ini aku menemukan beberapa artikel tentang cantengan. Di salah satu tulisannya, dijelaskan bahwa cantengan adalah suatu keadaan saat kuku bagian samping jari tumbuh ke dalam daging di sekitar kuku, bukannya tumbuh di atasnya. Saat seseorang mengalami kuku cantengan, daging di sekitar kuku cantengan akan berwarna merah, terasa sakit dan lunak, membengkak, dan pada kasus yang parah bisa mengalami infeksi.

cara mengatasi kuku cantengan
Tampilan SehatQ.com via Desktop

Kalau dari definisi itu, aku lihat kondisi kuku cantengan Akmal sudah pada kondisi parah karena daging di sekitar kuku sudah berwarna merah, sakit, lunak, bengkak, infeksi dan keluar nanah. Sedikit menyesal, karena aku baru sadar dengan kondisi tangannya saat sudah parah.

Waktu awal, aku memang lihat ini kenapa kok seperti ada lubang kecil di tangan Akmal. Waktu itu, masih membatin dalam hati. Oh, gak papa. Mungkin hanya bolong biasa. Eh, ternyata lama-lama bolongnya jadi besar dan bikin jari tengah Akmal jadi bengkak.

Baca: Cerita Sunat Anak Usia 5 Tahun

Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Dari artikel yang ada di SehatQ.com itu juga, dijelaskan cara penanganan kuku cantengan. Di bawah ini aku tuliskan cara mengatasi kuku cantengan yang relate sama kondisi kuku Akmal ya.

  • Rendam dalam air hangat.

Dari SehatQcom diinfokan bahwa air hangat akan membantu mengurangi pembengkakan pada jari kaki yang mengalami cantengan dan mencegah kuku tumbuh ke dalam daging. Kita dapat merendam kuku cantengan dalam air hangat selama 15-20 menit sebanyak tiga sampai empat kali sehari.

  • Oleskan anti biotik.

Karena perlu obat oles berupa anti biotik, maka aku menghubungi tetanggaku yang seorang dokter. Minta diperiksa kondisi kuku cantengan Akmal. Akmal diresepkan salep anti biotik yang perlu dioleskan 3-4x sehari di kuku cantengannya itu. Oles aja sampai kukunya benar-benar sembuh.

  • Konsumsi obat pereda nyeri.

Akmal diresepi obat pereda nyeri oleh dokternya berupa paracetamol. Boleh diminum kalau udah panas dan gak kuat banget nahan sakitnya. Tapi Alhamdulillah dia bisa nahan sakitnya sih. Jadi obat pereda nyerinya gak di minum deh. Dia minum vitamin penambah stamina tubuh aja.

Sekarang kondisi kuku cantengan pada anak aku sudah mulai membaik. Alhamdulillah dan sekarang dia sudah bisa beraktivitas lagi dengan normal.


Artikel tentang cantengan di SehatQcom bisa dibaca di link ini : https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengatasi-kuku-cantengan

Sosial Media dari SehatQcom bisa ditemukan di sini ya temans:

Instagram: https://www.instagram.com/sehatq_id/

Twitter: https://twitter.com/sehatq

Facebook: https://www.facebook.com/SehatQIndonesia



Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.