4 Ide Dekorasi yang Ngetren di 2019

4 Ide Dekorasi yang Ngetren di 2019

Hai teman-teman. Kalian suka cari ide desainatau dekorasi properti gak sih? Atau suka carin foto-foto bangunan dan dekorasi hunian di internet? Biasanya sih aku kalau lagi nyari info ginian larinya ke Instagram atau Pinterest. Pinterest merupakan media sosial yang berbasis website dan aplikasi mobile yang menampilkan galeri foto-foto dengan beragam tema, salah satunya adalah ide dekorasi dan properti. Saat ini sekitar 250 juta pengguna aktif Pinterest per bulannya.



Setiap tahunnya, Pinterest merilis laporan tahunan tentang tren ide-ide bangunan dan dekorasi rumah. Di tahun 2019 ini, Pinterest baru saja merilisnya. Dalam laporan tersebut, rata-rata, pada tahun 2019 ini, tren dekorasi akan berfokus kepada dinding. Entah menambahkan warna, corak, hingga tekstur.

Untuk teman-teman yang baru saja membeli apartemen atau rumah dijual, dan berniat  mendesain hunian tersebut sebelum teman-teman tempati, teman-teman dapat mengadopsi tren ide-ide yang disajikan pada laporan tersebut. Di bawah ini adalah beberapa tren ide dekorasi yang akan ngehits pada 2019.

Warna Kuning Mustard yang Ngehits

rumah modern
rumah kuning mustard

Dalam beberapa tahun belakangan, warna primer kuning banyak diadopsi baik dari pewarnaan bangunan maupun warna-warna pada furnitur. Di Indonesia, beberapa proyek baru rumah dijual banyak yang mengadopsi warna kuning, dapat dibuktikan dari proyek-proyek hunian bersubsidi pemerintah. Jika tahun lalu kuning yang difavoritkan adalah kuning matahari yang bernuansa enerjik, warna kuning mustard dikatakan menjadi warna yang akan ngehits pada tahun 2019.

Menghias Dinding dengan Tumbuhan Rambat

Beberapa tahun belakangan, salah satu untuk menghias dinding luar pada hunian adalah dengan membuat taman gantung atau menempatkan beberapa tumbuhan rambat. Kedua metode ini selain memunculkan nuansa alami dan hidup, juga bisa memunculkan estetika menarik saat dipandang. Tahun 2019, dinding hidup dari penggunaan metode tersebut dikatakan akan menjadi tren yang banyak diadopsi pada hunian-hunian rumah dijual yang baru dibeli oleh sang pemukim.

Tumbuhan rambat dikatakan paling estetis karena dapat membentuk sebuah kesatuan warna. Namun, perlu juga diperhatikan, jangan sampai salah memilih tumbuhan untuk membuat ide dinding hidup di hunian teman-teman. Ada beberapa tanaman yang secara estetika terlihat menarik namun beresiko menimbulkan sebuah penyakit, misalnya tanaman dollar (Ficus Pumila). Beberapa tanaman yang disarankan adalah morning glory, sirih, atau mandevilla

Menghias Dinding dengan Kain

rumah bohemian

Bagi sebagian penghuni yang menginginkan huniannya berbeda dibanding yang lainnya, khususnya dalam dekorasi interiornya, ide-ide dekorasi yang unik dan indie akan ngetren pada tahun ini. Salah satunya adalah ide menghias dinding-dinding dengan menggunakan kain-kain atau permadani yang memiliki beragam warna dan pola. Ide menaruh kain-kain tersebut datang dari konsep bohemian atau lebih dikenal dengan konsep ‘boho’.

Pengecatan Dinding dengan Pola Geometris

ide dekorasi

Jika teman-teman merupakan pemukim yang memiliki preferensi untuk melakukan dekorasi ruangan dengan tangan teman-teman sendiri (DIY), cara paling mudah adalah dengan melakukan pengecatan. Namun, hal ini dapat saja serupa dengan tetangga teman-teman.

Dalam laporan Pinterest, tahun ini para pemukim yang baru membeli rumah dijual akan mengeksplor pengecatan beberapa warna dengan sentuhan motif-motif geometris. Selain membuat hunian berbeda dengan milik tetangga teman-teman yang juga baru menempati rumah dijual miliknya dimana hanya mengandalkan pengecatan standar, hunian milik teman-teman akan terlihat berbeda dan artistik. Salah satu cara termudah untuk menciptakan motif geometris yang artistik adalah dengan menggunakan pita sebagai pembatas sebelum mengecatnya.

Wah jagi pengen ngutak-atik desain rumah nih. Yuk bikin tampilan baru buat rumah kita đŸ™‚



11 thoughts on “4 Ide Dekorasi yang Ngetren di 2019”

  1. Waw… aku paling suka dgn konsep tanaman rambatnya. Kalo pake kain asa takut riweuh nyuci2 dan kalo ngecat geometris asa bingung (*bilang aja males wkwkwk). Tapi kuning mustard boleh juga, terang sekaligus kalem

  2. nah, kalo rumah aku pake konsep yang menanam tanaman rambat teh. Aku menanam bunga air mata pengantin dan kupilih warna merah muda…alhamdulillah rimbun, hanya aku khawatir ada ulatnya hehehehe

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.