menu Takjil
Tips & Informasi

6 Istilah Umum Selama Bulan Ramadhan

6 Istilah Umum Selama Bulan Ramadhan. Halo teman-teman. Alhamdulillah hari ini sudah memasukin puasa hari ke-18 ya. Gimana kabar ibadah Ramadan kalian nih. Semoga lancar tidak ada halangan ya.

Ngomong-ngomong ibadah selama satu bulan penuh di saat Ramadan ini, aku mau cerita nih tentang beberapa 6 istilah umum yang biasa dipakai selama bulan Ramadhan. Apa aja tuh? cek di bawah ini ya.



Sahur

Sahur adalah makanan sebelum fajar dimulai. Ini adalah makanan penting bagi siapa pun yang hendak berpuasa, karena hidrasi sangat penting, makanan berserat yang sehat dianjurkan untuk menjaga rasa lapar di siang hari. Hindari makan junk food atau makanan tinggi natrium lainnya atau teman-teman mungkin terpaksa menahan rasa haus dan lapar yang berlebihan.

Imsak

Jadwal Imsakiyah ini mengacu pada periode waktu – sekitar 10 menit sebelum sholat subuh, fajar, dimulai. Inilah saat beberapa jamaah memulai puasa mereka. Ini tidak wajib dan beberapa Muslim lebih suka menunggu sampai panggilan sholat fajar. “Waktu Imsak” yang ditulis dalam kalender menunjukkan waktu berhenti makan dan minum bagi mereka yang ingin berpuasa. Itu menunjukkan waktu untuk memulai puasa. Dan juga menunjukkan dimulainya periode waktu untuk sholat subuh. Setelah periode waktu ini dimulai, doa pagi dapat dilakukan.

niat puasa ramadan

Dengan demikian, waktu untuk sholat subuh dimulai dengan waktu imsak dan berakhir dengan matahari terbit. Menurut Hanafi, lebih baik untuk menunda melakukan itu ke waktu ketika mulai sedikit terbit tetapi menurut Shafiis, lebih baik untuk melakukannya lebih awal, ketika masih gelap. Jika matahari terbit saat seseorang melakukan sholat subuh dan sebelum dia selesai sholat, doanya tidak berlaku menurut Hanafi. Perlu untuk melakukannya lagi setelah masa karahah berakhir.

Ngabuburit

Ngabuburit adalah sebuah kegiatan di bulan Ramadhan yang paling menyenangkan. Karena ngabuburit ini adalah saat kita menunggu adzan magrib menjelang berbuka puasa, dengan melakukan beragam kegiatan. Contohnya seperti jalan-jalan di taman, bermain, mencari takjil untuk berbuka nanti, ataupun bisa dengan hal lain yang lebih positif seperti membaca Al-Quran.




Meski demikian, ditengah pandemic yang berlangsung di dunia termasuk di negara kita ini alangkah baiknya untuk ngabuburit dirumah saja. Ada berbagai hal yang bisa kita dilakukan #dirumahaja. Contohnya seperti membersihkan rumah, kamar, ruang tamu, ataupun bisa bermain di halaman rumah dengan keluarga.

Meskipun terdengar sedih, agar tetap sehat dan terhindar dari penularan virus kita harus tetap menjaga diri dan tetap dirumah saja. Oke, di rumah aja ya ngabuburitnya.

Iftar (Buka Puasa)

Saat semua orang menunggu: ditteman-temani oleh dikumandangkan-nya adzan maghrib, ini adalah saat ketika umat Islam berbuka puasa dengan makan atau makanan ringan (takjil). Nabi Muhammad berbuka puasa dengan makan beberapa kurma sebelum shalat maghrib. Dianjurkan untuk membatalkan/ berbuka puasa dengan makanan atau minuman manis.

homemade cookies
Dipidiff Snack Book

Takjil

Seperti yang sudah dikutip diatas, Takjil adalah makanan ringan untuk berbuka puasa. Biasanya takjil ini merupakan makanan atau minuman manis yang menyegarkan namun tidak terlalu membuat kenyang. Karena tujuan dari takjil ini hanya untuk menyegarkan mulut dan tenggorokan setelah seharian penuh berpuasa.

Di Indonesia sendiri teman-teman bisa menjumpai beberapa pedagang yang menjual Takjil dengan berbagai macam makanan dari berbagai daerah di Indonesia, dan yang paling popular tentunya kolak pisang. Kolak ubi juga enak buat disantap saat takjil. Cek video cara membuat kolak di channel YouTube aku ya:

Tarawih

Doa malam yang dilakukan hanya selama bulan Ramadhan. Berlangsung setelah shalat wajib isya di malam hati. Sholat Tarawih ini pun terdiri dari 11 rakaat ataupun 23 rakaat.

Taraweh hukumnya memang Sunnah. Akan tetapi umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan sholat ini selama bulan suci Ramadhan.

Tarawih berlangsung antara 30 menit hingga satu jam. Bisa dilakukan di masjid ataupun dirumah. Namun di masa pandemi corona dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), sangat dianjurkan untuk kita melaksanakan ibadah tarawih di rumah saja bersama keluarga. Ini sebagai bentuk ikhtiar kita untuk menghentikan penyebaran virus corona yang semakin meraja lela.



Setelah tarawih, biasanya kita akan membaca doa lafaz niat puasa. Karena sebaiknya niat puasa dibacakan pada malam hari menjelang puasa keesokan harinya.

Baca: Beberapa Contoh Lafaz Doa Niat Puasa

Oke deh teman-teman. Itu aja update tulisan hari ini tentang istilah umum selama bulan ramadhan yang biasa kita pakai di Indonesia. Semoga ibadah Ramadan kita ini maksimal ya karena siapa tau ini Ramadhan kita yang terakhir.

Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.