Tips & Informasi

6 Jenis Tukang Bangunan dan Pembagian Tugasnya

Tak kenal maka tak sayang. Peribahasa ini memiliki makna, bila kita tidak mengerti dan memahami suatu hal, maka kita tak akan pernah mengerti arti hal tersebut yang sebenarnya dan takkan dapat menghargai hal tersebut – walaupun hal tersebut memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam hidup kita. Hal ini nampaknya perlu kita terapkan di segala macam aktifitas yang ada di kehidupan sehari-hari ya. Baik itu saat berkenalan dengan orang baru, saat akan mengambil keputusan di hidup, dan lain-lain. Salah satunya adalah apabila kita hendak membangun rumah dan mempekerjakan tukang bangunan untuk rumah kita.

Membangun rumah bukanlah persoalan sepele. Kita harus meluangkan waktu, tenaga, uang, dan pikiran yang tak sedikit demi lancarnya proses pembangunan rumah impian kita. Terlebih untuk mempekerjakan tukang bangunan. Kita harus mempelajari seluk-beluk mengenai tukang bangunan dan jenis tukang bangunan yang ada. Simak penjelasan berikut ini ya teman-teman untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis tukang bangunan dan pekerjaannya!



  1. Mandor

Walaupun seorang mandor tidak melakukan pekerjaan pembangunan rumah, mandor tetap dikategorikan sebagai tukang bangunan karena tetap memberikan ‘sumbangan’ pekerjaan terhadap progres pembangunan rumah kita. Tugas utama mandor adalah mengawasi jalannya pekerjaan tukang-tukang lain agar pekerjaan selesai cepat waktu. Selain itu, mandor juga bertugas sebagai ‘jembatan’ antara kita dengan tukang yang sekaligus menyampaikan intstruksi, complaint, dan keinginan kita kepada tukang bangunan agar hasil rumah kita sesuai dengan apa yang kita bayangkan selama ini.

  1. Tukang Gali

Pekerjaan pertama dalam membangun rumah adalah membuat pondasi. Maka, penggalian adalah hal pertama yang dilakukan tukang gali saat membangun rumah kita.

  1. Tukang Batu

Setelah pekerjaan menggali selesai dikerjakan oleh tukang gali, selanjutnya tukang batu membuat pondasi untuk rumah Anda. Selain membuat pondasi, tukang batu juga bertugas untuk memasang batu bata, mengecor, membuat dak, dan tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan semen, pasir, dan batu.

  1. Tukang Besi

Saat tukang batu membuat dak dan melakukan pengecoran, dibutuhkan material kuat lain untuk memberi sokongan pada bangunan, yakni besi. Tugas tukang besi sangat penting dalam pembangunan rumah. Mulai dari membuat konstruksi rumah, kolom, sloof, dak, dan lain sebagainya.

  1. Tukang Kayu

Tugas tukang kayu adalah membuat kerangka atap, kuda-kuda, rangka jendela, pintu, dan kusen. Intinya, semua bagian dari bangunan rumah yang terbuat dari kayu adalah hasil mahakarya tukang kayu.

  1. Tukang Cat

Setelah semua bangunan ‘berdiri’ sempurna, giliran tukang cat yang unjuk gigi dengan kemahirannya. Sesuai namanya, tukang cat bekerja untuk mengecat seluruh dinding rumah, baik dari dalam maupun dari luar. Biasanya, tukang cat juga merangkap tugas sebagai furnishing dan pewarnaan kayu, pintu, serta jendela.

Mencari Penyedia Jasa Tukang Bangunan Terpercaya

Semua orang berhak mendapat layanan yang terbaik. Mencari penyedia jasa tukang bangunan yang mudah dan tepat rasanya sulit, ditambah bila kita tidak mempunyai kolega dekat yang pernah berpengalaman memakai jasa tukang bangunan. Menjawab permasalahan kita, Sejasa(dot)com adalah marketplace penyedia layanan jasa apapun – termasuk jasa tukang bangunan, baik itu harian maupun borongan dan juga jasa pindahan.

Ini kerasa banget nih buat saya dan suami yang hidup di rantau dan tidak ada kenalan siapapun yang bisa mengerjakan proyek renovasi rumah kami. Akhirnya kami ‘pinjam’ sebentar tukang yang sedang mengerjakan renovasi rumah tetangga. Hehehe. Coba dulu sudah ada marketplace penyedia jasa seperti ini ya. Pasti saya gak kebingungan cari orang yang mau mengerjakan pekerjaan renovasi rumah. Untunglah sekarang sudah ada marketplace yang mengerti kebutuhan kaum urban masa kini.



2 Komentar

  • Lucky Caesar

    tfs infonyaaa mbak. . baru taau ada jenis jenisnyaa tukang bangunan, setau saya hanya mandor terus lainnya tukang biasa hehehe enak pasti mbak ya kalau ada marketplace penyedia tukang gtu, selama ini kalau ada proyek bangunan gtu pasti langsung kontak org kepercayaan yg ngurusin bangunan sebelumnya. biar komunikasi juga lebih gampang hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.