Cuci Mobil di Musim Hujan

Cuci Mobil di Musim Hujan

Hai teman-teman. Di Bandung, akhir-akhir ini cuaca sedang ekstrim. Pagi mendung, siang panas terik dan sore hari hujan deras sekali sampai malam. Di beberapa titik bahkan sampai banjir besar. Misalnya di daerah Rancaekek dan Bale Endah.

Kalau pas lagi musim hujan begini, aku biasanya enggak pergi ke mana-mana kalau gak terpaksa banget. Soalnya rasanya lebih aman kalau di dalam rumah. Paling aku perginya pas sore hari aja kalau lagi ada jadwal nganterin Akmal ngaji. Walaupun hujan, tetap harus berangkat ngaji.

Lokasi tempat ngaji Akmal gak jauh sih sebenarnya dari rumah. Belakangan ini aku lagi seneng berangkat antar jemput Akmal pakai sepeda. Tapi karena sering hujan, jadinya kami gak pakai sepeda dulu. Sebagai gantinya, aku harus pakai mobil.

Senangnya pakai mobil, anak jadi gak kehujanan. Tapi kadang kesel juga sih mobil kotor lagi padahal baru aja paginya dicuci. Kalau lagi rajin, biasanya mobil akan aku cuci ulang sendiri. Kalau lagi rajin loh. Wkwkwk. Kalau lagi malas ya suamiku bawa mobil ke tempat cuci mobil.

Enaknya cuci mobil di tempat cuci mobil itu, mobil kita bisa dibersihkan luar dalam sampai kinclong. Kita tinggal duduk manis aja sambil nungguin mobil dicuci. Gak perlu capek-capek. Kalau sudah selesai ya bayar. Hehehe. Harga sekali cuci mobil di Bandung Rp 35.000.

Yang aku suka lagi kalau pas lagi cuci mobil di tempat cuci, mobil kita bisa dibersihin pakai mesin steam. Mesin steam adalah alat semprot air yang digunakan untuk membersihkan mobil.  Bisa juga untuk motor. Mesin steam ini bisa membersihkan kotoran dengan mudah. Ada tekanan dari air yang cukup kencang akan menghancurkan debu atau kotoran yang sudah mengeras pada kendaraan terutama di bagian-bagian tertentu yang sulit kita bersihkan jika mencuci mobil dengan cara manual. Biasanya kotoran yang mengeras ini ada di bagian bawah mobil atau dekat roda.

Beberapa tahun lalu, pernah ada sales keliling yang datang ke rumah. Dia menawarkan dagangan mesin steam. Suami tertarik sih untuk membeli mesin steam ini. Apalagi bisa dimanfaatkan buat nyuci mobil sendiri. Mesin steam ini dilengkapi dengan mesin hidrolik untuk mendongkrak mobil supaya bagian bawah mobil dapat dibersihkan dengan leluasa. Bagian bawah mobil biasanya terdapat banyak kotoran dan perlu dibersihkan supaya tidak mudah keropos.

Selain itu, ada juga mesin kompresornya untuk mengangkat mesin hidrolik dan membuat busa cuci serta mampu mengeringkan kendaraan dari bagian mobil yang tidak dapat dijangkau oleh kain pengering. Kompresor juga berguna untuk mengisi angin ban kendaraan. Bisa multi fungsi ya.

Ada juga tabung snow wash untuk menghasilkan busa yang akan digunakan untuk membersihkan kendaraan yang dicuci. Tabung ini dapat berguna jika mesin ini didukung oleh angin yang di peroleh dari kompresor.

Tapi waktu itu kami gak jadi beli mesin steam karena uangnya dipakai untuk kebutuhan primer dulu.

Sebenarnya mesin steam ini bagus juga loh. Prospek untuk digunakan oleh mereka yang akan membuka usaha di bidang cuci mobil dan motor.

Selain penggunaan mesin steam, di tempat cuci mobil juga ada vacuum cleaner-nya. Vaccum cleaner berguna untuk menghisap debu atau kotoran yang terdapat pada sudut jok kursi pengendara dan penumpang. Vacuum ini juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan kering ataupun permukaan basah dengan menggunakan vacuum yang sudah memiliki teknologi khusus.

Kami di rumah juga ada sebenarnya vacuum cleaner khusus mobil. Tapi mesinnya rusak. Padahal baru dipakai beberapa bulan eh sudah rusak. Mungkin karena kualitasnya kurang baik ya, jadi cepat rusak deh. Pengen sih beli lagi, tapi masih trauma dengan vacuume cleaner yang dulu. Harus benar-benar survei dan cari vacuum cleaner khusus mobil yang bagus.

Oke deh teman-teman. Sekian dulu ya cerita tentang musim hujan dan cerita cuci mobilnya. Tetap jaga kesehatan selama musim hujan ini ya!


Sponsored post, please read disclosure

 

15 thoughts on “Cuci Mobil di Musim Hujan”

  1. Bandung masih hujankah? Alhamdulillah Tangerang cuaca cerah hari ini. Suamiku suka nyuci mobil sendiri di rumah, ndak pakai alat apa-apa. Ada vacum di rumah, tapi cuma dipakai beberapa kali buat bersihin karpet saja. Kapan-kapan, kupakai dech vacum itu buat bersihin dalamnya mobil.

  2. Teh Mita baca ini aku asa kasindir secara meni males ih cuci mobil teh.
    kalau sabtu – minggu teh males kemana2, pun akang suami sok hoream cuci mobil 😀 lagian suka sedih teh pernah nih dicuci baru dicuci turun hujan besar disitu aku meni kaduhung 😀

  3. Waah kalau punya jiwa bisnis langsung kepikiran yaa, hehe.. dan memang bisnis menjanjikan.. apalagi kalau lokasinya strategis dan musim hujan kayak gini.. laris banget tp juga antara galau karena kalau dah dicuci trus hujan lagi, langsung berasa sayang deh.. hehehe

  4. Ini bener banget, paling sebel kalau musim hujan mobil dekil & dalemnya kadang bau lembab karena pas hujan2 masuk ke mobil. Aku pengen punya mesin steam sendiri dirumah tapi buat apa ya hahahha nanti kayaknya malah akan berakhir digudang 😀 kalau vacum cleaner, pengen beli yg kecil tp daya sedotnya lumayan bagus biar remah2 dibawah jok bisa keangkut semua 😀 biasalah punya anak kecil kl makan suka rametek jadi bikin mobil tambah kotor.. 🙁

  5. Hahhaa….aku mah…engga teh.
    ((kalo ada perintah dari suami buat nyuci, baru aku cuciin – ke tempat cuci mobil )) karena yang paling sering make pak Suami.
    Aku maaah….cuma pas anter-jemput anak sekolah, kalo pas ada ajaaa…

    Dan di sekitaran Buah Batu, cuci mobilnya 45 ribu, teh…
    Masih ada 35 ribu di mana teteh?

  6. Di Cimahi juga sekitar harga segitu sih, Mit. Btw, kubaru tahu mesin cuci mobil yg bisa menyemprotkan air dengan tekanan besar itu namanya mesin steam. Kukira mesin steam itu mesin pengukus *ditabok netizen* XD

  7. Hihihi…iya, suka gemes, kalau paginya mobil baru aja di cuci, eh siangnya ke hujanan. Mobil jadi kotor lagi. Apalagi kalau hujannya hanya rintik-rintik. Kalau hujan besar sih, gak masalah, kayak dicuci ulang. :))

  8. Rejekinya tempat pencucian mobil waktu musim hujan, ya mbak. Nanti pas musim kemarau belum tentu banyak yang cuciin mobil, hehe..

    Kalau saya adanya sepeda motor, tapi yang cuci suami, termasuk ketika musim hujan gini jadi sering cuciin motor nih suami saya. Nggak pernah dicuciin ke tempat pencucian motor. Semoga tempat pencucian motor rejekinya juga banyak pas musim hujan gini, meskipun suami saya nggak pernah kesana :).

  9. Kalo aku sih sering malasnya nyuci mobil, makanya sering dianter aja ke tempat nyuci mobil. Ditambah lagi dengan aktivitas yang banyak (kalo ditempat nyuci mobil kan bisa blogwalking, seperti sekarang) heheee…

    • Ah iya bener. Biarin orang lain ngerjain cuci mobil kita ya, sembari kita fokus mengerjakan aktivitas lain.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.