obat batuk yaang aman untuk ibu hamil
Hamil

Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil

Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil. Saat didera batuk, biasanya ibu hamil akan merasa sangat tersiksa, karena kondisi psikologis dan juga fisik yang sama sakitnya.

Beberapa ibu hamil mungkin akan sangat mengeluh dengan batuk yang tidak kunjung mereda, walaupun sudah menggunakan bahan alami untuk mengobati batuknya.

Jika sudah diusahakan mengonsumsi bahan alami namun batuk tidak mereda, ada baiknya jika ibu hamil mengunjungi dokter terdekat untuk melakukan pengobatan. Biasanya dokter akan meresepkan obat yang aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Baca: Penyebab Batuk pada Ibu Hamil

Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa obat yang tergolong aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil antara lain sebagai berikut :

  1. Lacerin

Obat batuk untuk ibu hamil yang pertama adalah lacerin. Obat batuk ini tergolong aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Lacerin juga memiliki harga yang sangat terjangkau mulai dari tujuh ribu hingga tiga belas ribu rupiah.

Lacerin dapat diminum sebelum ataupun sesudah makan. Selain itu lacerin ini juga tersedia dalam beberapa varian rasa jadi dapat dipilih rasa yang sesuai dengan keinginan ibu hamil.

Adapun cara minumnya adalah tiga kali sehari sebanyak satu hingga dua sendok makan untuk dewasa. Konsumsi obat ini hingga batuk yang di rasakan ibu hamil mereda.

  1. Paracetamol

Paracetamol menjadi obat batuk untuk ibu hamil yang aman selanjutnya. Obat ini dapat membantu meredakan batuk dan pilek akibat demam.

Selain itu obat ini sebaiknya di konsumsi 30 menit sebelum makan agar penyerapan obat dapat dilakukan dengan baik dan sempurna. Aturan minum untuk paracetamol adalah dikonsumsi setiap 4 sampai 6 jam sekali.

Minum obat ini hingga batuk yang dirasakan oleh ibu hamil mereda. Jangan biarkan batuk berlama – lama karena akan memperparah keadaan batuk pada ibu hamil.

Baca: Mengobati Batuk Saat Hamil dengan Herbal

Baju Hamil

  1. Silex Sirup

Obat batuk yang satu ini memiliki kandungan yang dapat meredakan batuk seperti menthol oil, anise oil, primulae, ekstrak thyme dan droserae. Silex sirup aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Obat ini dapat diminum sebanyak tiga kali sampai empat kali sehari dalam takaran sebanyak tiga sendok makan. Rutin konsumsi obat ini hingga batuk Teman-teman mereda.

Sebab meredakan batuk juga memerlukan usaha agar batuk tidak menjadi semakin parah akibat terlambat dalam pengobatannya.

  1. Guaifenesin

Obat batuk untuk ibu hamil selanjutnya adalah guaifenesin. Obat ini dianjurkan untuk di konsumsi dalam takaran 200 – 400 miligram per empat jam.

Guaifenesin di rekomendasikan oleh dokter dan jangan di konsumsi melebihi batas yang di anjurkan oleh dokter. Teman-teman dapat mengonsumsi obat ini sesuai dengan resep yang di berikan oleh dokter. Dan semoga batuk teman-teman bisa segera mereda dan tidak kambuh lagi.

  1. Codeine

Codeine dapat di konsumsi sebanyak tiga sampai dengan empat kali dalam sehari. Obat ini tergolong aman untuk ibu hamil sesuai dengan arahan dokter.

Rutin mengonsumsinya berdasarkan dosis yang di berikan dapat membantu meredakan batuk pada ibu hamil, sehingga ibu bisa beristirahat dengan tenang tanpa perlu terbangun lagi karena batuk yang tiba – tiba menyerang.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai obat – obatan yang aman bagi ibu hamil untuk meredakan batuk yang di deritanya. Namun beberapa obat di atas tetap memerlukan resep dan saran dari dokter agar tidak memberikan efek samping bagi ibu hamil dan janin yang tengah di kandung ibu hamil.

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.