kasur khusus ibu hamil
Hamil

Efektif Turunkan Nyeri, Berikut Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Efektif Turunkan Nyeri, Berikut Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil. Hai semua. Kesulitan menemukan posisi nyaman saat tidur adalah permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh para wanita hamil. Aku ngalamin banget nih.

Pada trimester pertama tampaknya masalah ini tidak seberapa. Namun kian bertambahnya umur kandungan, rasanya menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sulit ditemukan.

Apalagi pas trimester 3. Duh rasanya aduhai gak bisa tidur nyenyak. Terlentang susah. Miring pegal. Tengkurap apalagi. Bye.

Padahal ibu hamil kan membutuhkan waktu tidur yang cukup ya agar tidak mudah lelah.

Selain sulitnya menemukan posisi tepat, ternyata ada gejala fisik lain loh yang dapat mengganggu kenyamanan wanita hamil agar bisa terlelap dengan nyenyak.  Contohnya seperti:

  • Sesak Nafas

Para wanita hamil, secara otomatis bekerja ekstra untuk menghirup oksigen di sekitarnya, akibat peningkatan hormon selama masa kehamilan. Sulitnya menghirup udara, juga diakibatkan oleh rahim yang membesar dan membutuhkan ruang lebih luas.

  • Sakit Punggung Disertai Kram Kaki

Ketika mengandung, terdapat beban ekstra yang harus ditopang oleh tubuh sang ibu. Beban tambahan inilah yang memunculkan kram kaki atau sakit punggung.

Baju Hamil

Berikut Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ada dua posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda agar bisa tertidur dengan nyenyak tanpa merasa sakit. Berikut ulasannya:

1. Tidur Miring

Para ibu muda disarankan untuk berbaring dengan menghadap ke arah kiri dengan lutut sedikit ditekuk. Posisi ini akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman bagi ibu hamil muda.

Menurut National Sleep Foundation, tidur miring ke kiri merupakan posisi tidur terbaik ibu hamil, karena aliran darah menjadi lebih lancar.

Mengapa ibu hamil harus tidur miring ke arah kiri? Posisi ini dapat menekan resiko hati tertekan oleh beban berlebih.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil  ini bisa meningkatkan kesehatan ginjal, sehingga keluhan seperti kaki kram atau pembengkakan pada kaki dan tangan bisa diminimalisir dengan baik.

Dr. Sushma Tomar, selaku Konsultan Obstetri dan Ginekolog Rumah Sakit Fortis mengatakan bahwa “itu karena pembuluh darah kita, yang sejajar dengan tulang belakang akan menekan jiwa wanita itu tidur di sisi kirinya. Jadi, rahim dan bayinya akan mendapatkan aliran darah terbaik”.

Nah teman-teman yang lagi hamil juga bisa mencoba posisi tidur satu ini jika punggung terasa sakit.

Kalau aku sih ganti-ganti ya. Kadang tidur miring kiri. Kalau lagi pegal ya miring kanan. Ganti-gantian aja. Senyamannya.

Disarankan juga untuk berusaha memenuhi berbagai macam nutrisi untuk ibu hamil dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur agar janin bisa tumbuh sehat.

Baca: Sakit Gigi Saat Hamil

obat sakit gigi buat ibu hamil

2. Tidur Setengah Duduk

Tidur menghadap ke arah kiri dapat meningkatkan kenyamanan, namun tubuh akan merasa kram ketika terlalu lama dalam satu posisi tidur yang sama.

Tidak perlu khawatir, karena teman-teman bisa mengandalkan tidur setengah duduk sebagai solusinya. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil ini juga bisa membantu meringankan nyeri di  ulu hati, terutama memasuki trimester pertama kehamilan.

Tidur merupakan cara tubuh untuk beristirahat sebelum memulai pekerjaan di esok harinya.

Sayangnya sebagian besar wanita hamil justru merasa kesulitan untuk tidur akibat tidak menemukan posisi berbaring yang membuatnya nyaman.

Agar keluhan seperti kram kaki hingga sakit punggung tidak terjadi, teman-teman bisa menerapkan dua posisi tidur di atas dan rasakan bedanya ya.

yoga untuk ibu hamil

Bagi calon ibu yang memasuki fase kehamilan awal ataupun akhir, disarankan untuk tetap menjaga kondisi kesehatan dan rutin kontrol ke dokter kandungan. Biasanya, ibu hamil memerlukan nutrisi asam folat yang tinggi sekitar 400 – 800 mcg per hari.

Teman-teman bisa memenuhi semua kebutuhan asam folat tersebut dengan mengkonsumsi Realfood Wonder Mom yang dirancang khusus dari ekstrak sarang burung walet serta diperkaya dengan kandungan asam folat yang tinggi. Tanpa menggunakan bahan pengawet ataupun pemanis, jadi aman untuk dikonsumsi.

Sehat-sehat ya teman-temanku, semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai ketemu di lain kesempatan 🙂

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.