ibu hamil

Mengobati Batuk Saat Hamil

Mengobati batuk saat hamil memang gampang-gampang susah ya. Gak diobatin salah. Minum sembarang obat juga salah. Jadi, harus gimana donk?

Namanya orang hamil, harus waspada dan hati-hati mengonsumsi obat-obatan kimia. Karena kalau salah minum obat, takutnya bumil malah keracunan dan membahayakan janin yang sedang dikandung ataupun juga nyawa sang ibu.

Deuh, hamil di atas usia 30 tahun ini memang aku mengalami banyak keluhan. Dari mulai sakit maag di trimester 1 (padahal aku gak punya riwayat sakit maag), kepala pusing, gatal-gatal, mual, dan darah rendah. Hamil sebelumnya padahal gak pernah mengalami gejala seperti itu. Kehamilanku sebelumnya nyaris mulus tanpa sakit apa-apa. Kata orang, dulu aku hamil kebo. 

Baca: Cerita Kehamilan Trimester 1

Memasuki trimester 3 ini, sakit beruntun menimpa aku. Dari mulai kesengat tawon, sakit gigi sampai batuk yang gak sembuh-sembuh. Aku jadi merasa kok ringkih sekali ya badan ini. Sembuh penyakit yang A eh terbit penyakit yang B.

Baca: Pengalaman Disengat Tawon

Baca: Sakit Gigi Saat Hamil

Sakit batuk saat hamil itu sama menderitanya dengan sakit gigi. Uhuk-uhuk. Kalau lagi batuk menyerang, perut kencang. Gak dibatukin tapi tenggorokan kering dan sakit. Kalau dibatukin perut seperti tertekan. Apalagi kalau batuknya itu pas malam-malam. Bolak-balik kebangun dari tidur dan bikin tidur jadi gak nyenyak. Paginya malah merasa lelah dan ngantuk karena semalam kecapekan.

Duh semoga sakitku ini jadi pahala ibu hamil dan bisa mengurangi dosaku.

Selama hamil ini, aku memang tidak mengonsumsi obat-obatan khusus buat menghilangkan batuk. Tidak seperti saat sakit gigi yang sudah tidak bisa ditahan, kalau batuk ini masih bisa aku tahan sedikit. Makanya aku gak minum obat kimia apa-apa. Aku betul-betul mengandalkan obat-obatan alami.

Ramuan alami yang aku gunakan untuk meredakan batuk saat hamil adalah wedang jahe. Selain untuk menghangatkan badan dan meredakan batuk, wedang jahe ini juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan, mengurangi mual saat hamil, menyehatkan saluran pernapasan, dan memperbaiki sirkulasi darah.

batuk saat hamil
Segar sekali ^_^

Cara Membuat Wedang Jahe

Mudah sekali loh teman-teman untuk bisa membuat wedang jahe ini. Caranya kita cukup ambil beberapa ruas jahe. Cuci bersih, lalu kupas kulitnya. Potong-potong jahe dan rebus dalam air di atas kompor sampai airnya menyusut setengahnya. Jumlah airnya terserah ya. Kalau mau agak light, ya airnya dibanyakin. Kalau mau rasa wedang jahenya agak pedas, ya airnya agak sedikit/jumlah jahenya ditambah.

Kalau saya sendiri biasanya pakai 2 ruas jahe untuk 1 gelas/mug. Jumlah air yang direbus berarti 2 gelas karena nanti akan disusutkan jadi sekitar 1 gelas saja untuk sekali minum. Kalau nanti bekas rebusan jahe yang pertama ini mau dipakai untuk rebusan kedua masih bisa kok. Karena masih ada sisa-sisa sari ekstrak jahe yang tertinggal. #irit. 😛

Untuk campurannya, biasanya aku tambahkan gula merah/gula jawa. Supaya rasanya gak terlalu pedas dan ada manis-manisnya dikit. Duh rasanya seger banget. Kalau lagi rajin, aku tambahkan lemon dan juga sereh yang digeprek. Duh tambah wangi dan seger.

Memanfaatkan ramuan obat-obatan alami ini untuk mengobat batuk saat hamil memang sembuhnya gak instan ya teman-teman. Cenderung agak lama karena memerlukan waktu. Aku baru sembuh dari batuk saat hamil ini sekitar 1 minggu rutin mengonsumsi wedang jahe. Sabar-sabarin aja deh demi dede bayi. Hehehe. Doakan kami sehat.

Sekian dulu ya curhat hari ini tentang pengalamanku mengobati batuk saat hamil dengan herbal/ramuan alami wedang jahe. Semoga bermanfaat buat teman bumil. Sehat selalu ya buat kita semua dan dede bayi di perut. Muah.. muaah!



25 thoughts on “Mengobati Batuk Saat Hamil”

  1. Duh aku ngalamin banget batuk pas hamil, waktu itu bingung gimana miumobatnya, trus ngemut permen fisherman yang original, alhamdulillah sembuh, resep ini juga berkhasiat ya dan lebih alami ya

    Reply
  2. Ah beneran mba hamil lagi, syenangnya btw mba aku juga pernah batuk pas hamil gegara rumah renov huhu ga kepikiran bikin wedang jahe cz ga dikasih obat juga ama dokter. Sehat terus mba Mita

    Reply
  3. Hah mita hamil? Alhamdulillah kabar baik, mit! Selamat ya. Aduh pernah banget saya batuk pas hamil. Mana udah gede pula hamilnya. Heeuuu terus masuk 9 bulan saya kena ambeiein uhuhuhu. Dan batuk. Ahahahaha sakit banget rasanya tersiksa :((((

    Reply
  4. Dulu istri saya juga batuk pas hamil & udah berbagai cara dicoba tapi ga sembuh2 akhirnya pas periksa kehamilan konsul sama dokter deh & dikasih obat baru bisa sembuh batuknya

    Reply
  5. Aku waktu hamil ketiga ini batuknya lama banget dr usia kandungan 5 bulan sampai mau lahiran batuk terus kebayang dong gak enaknya mana batuk gatal lagi dan sudah bulak-balik dokter akhirnya dibiarkan karena itu cuma bawaan hamil. Tapi aku minum air jahe buat kurangin frekuensi batuk gatallnya. Hehehehe

    Thanks for share sehat selalu ya

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.