pengalaman disengat tawon
Health

Pengalaman Disengat Tawon

Pengalaman disengat tawon adalah salah satu pengalaman buruk yang aku alami beberapa minggu lalu. Kejadiannya tepat terjadi sekitar jam 2 pagi. Saat itu aku terbangun dari tidur karena merasa haus. Lalu aku beranjak dari kasur dan segera menuju dapur untuk mengambil segelas air minum dari dispenser.

Glek.. glek.. glek. Segelas air minum tersebut sudah tuntas aku habiskan tak bersisa. Aku berjalan kembali menuju kamar tidur. Sambil sedikit mengantuk, aku melirik ke meja makan. Lalu aku teringat bahwa alat penanak nasi belum aku matikan. Aku memang biasanya selalu mematikan alat penanak nasi (magic com) saat malam hari supaya lebih hemat listrik dan nasi tidak menjadi basi.

Nah saat menuju penanak nasi inilah tiba-tiba tanganku yang bersandar ke kursi makan disengat tawon. Aku langsung kaget dan teriak minta tolong ke suami. Gimana tidak kaget, mata masih setengah ngantuk, tengah malam buta, dan tiba-tiba dapat sengatan tawon tepat di tangan kiri. Suami yang tertidur pulas langsung terbangun dan menuju ke ruang makan di mana aku masih kaget dan lemas.

Si tawon mungkin merasa terganggu dengan kehadiranku tiba-tiba. Lalu dia menyengatku sebagai bentuk pertahanan dirinya. Duh. Apes.

foto minyak akar lawang
Pakai minyak akar lawang ini buat ngolesin luka bekas sengat. Lumayan manjur.

Pertolongan pertama tersengat tawon aku berikan dengan cara mengolesi minyak akar lawang. Kebetulan punya stok minyak akar lawang yang dulu pernah suami beli pas dia ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kalau baca di petunjuknya, minyak akar lawang ini salah satu manfaatnya berguna untuk mengobati gatal-gatal. Biasanya sih aku pakai buat pijetan atau kerokan. Cara pakainya pun mudah yaitu dengan mengoleskan minyak akar lawang ke bagian yang terkena sengatan tawon.

Kalau punya minyak tawon di rumah, katanya sih bisa pakai minyak tawon ini. Tapi berhubung aku gak punya stok minya tawon, jadi weh pakai yang ada aja di rumah, yaitu minyak akar lawang.

Rasanya disengat tawon itu perih, panas, pegal, dan gatal campur jadi satu. Sekeliling daerah yang terkena sengatan tawon akan bengkak dan berwarna merah. Pengen digaruk rasanya karena gatal. Tapi gatalnya itu sampai ke dalam-dalam. Jadi walaupun sudah digaruk tetap aja kerasa gatal.

Waktu kecil, aku pernah disengat tawon juga. Pas aku SD, tapi gak inget umur berapa. Waktu itu disengat di bagian kaki. Aku nangis dan lagnsung ditolong digendong oleh Bapak. Gak tahu diobatin pakai apa sama Bapak. Yang aku inget, kakiku dioles-oles sama Bapak. Aku digendong terus sampai nangisku diam.

Untuk orang yang alergi terhadap sengatan tawon, bisa menyebabkan badan terasa panas dingin seperti demam. Sebaiknya segera ke dokter kalau misalnya menunjukkan gelaja yang lebih parah. Untuk aku sendiri, Alhamdulillah cuma berasa perih, panas,pegal dan gatal aja. Tangan memang menjadi bengkak selama sehari semalam. Fotonya ada sih. Tapi maaf ya gak bisa aku tunjukkin. Soalnya aurat, sis. Hoho. πŸ˜‰

Paginya, aku coba cerita ke grup WhatsApp keluarga tentang kejadian tersengat tawon ini. Oleh Mama, aku disarankan cari bunga kembang sepatu. Diremas-remas bunganya, lalu dioleskan ke daerah yang terkena sengatan tawon. Kalau gak ada kembang sepatu, pakai bunga lain juga tidak apa-apa.

bunga kembang sepatu
Bunga kembang sepatu yang dipercaya bisa mengobati luka karena sengatan tawon.

Tapi berhubung bunga-bungaan di taman rumahku lagi gak ada yang berbunga, jadi aku gak pakai bunga apa-apa deh. Aku cuma ngandelin olesan minyak akar lawang tadi.

Alhamdulillah dalam waktu sekitar 2 hari, tangan kiri bengkak bekas kena sengatan tawon itu mulai mengempes. Aku mulai bisa melakukan aktivitas lain. Yang tadinya tangan susah dan kaku untuk digerakkan, sedikit demi sedikit bisa digerakkan.

Ohya, sampai tulisan ini dipublish, aku enggak tahu kemana sang tawon pergi. Mungkin sudah terbang ke tempat lain. Semoga tidak mencelakai orang lain ya. Bekas disengat tawonnya masih ada loh sampai sekarang, meski kejadiannya sudah berlalu sekitar 3 minggu yang lalu.

Pas kejadian aku tersengat tawon itu, suami gak berani ngapa-ngapain si tawon. Mukul gak berani juga. Karena dia juga takut disengat sang tawon. Pas coba diintip dari kejauhan sama suami, si tawon masih bertahan waspada di kursi makan dekat penanak nasi. Melihat si tawon dalam posisi siap sedia begitu, suami kan jadi ciut nyalinya. πŸ™

Teman-teman pernah punya pengalaman disengat tawon juga gak? Duh rasanya gak enak sekali ya. Semoga ini jadi pengalaman terakhir.

Oke deh teman-teman, sekian dulu ya cerita ringan ini. Hati-hati kalau ketemu tawon. Biarain aja dia, jangan diganggu. Kalau diganggu, takutnya kita malah kena serang.



23 Komentar

  • Nchie Hanie

    Hahahhaa..ngakak pagi dulu Mitaaa…
    Mbayangin malem2 setengah ngalindur, disengat tawon. Lupa bilang ya, pait..pait..pait…pait..gituuh!

    Aku pernah juga dl waktu kecil, mainnya sma anak kampung ke kebon, gangguin rumah tawon, dicolok-colok, ealaah pada diudag2 emaknya tawon, bareuh tangan sam pipi. Pulang ke rumah digebukkin mama, makanya jangan maen sama anak kampung, atulaah.. meni geuleuh si mama mah

  • herva yulyanti

    duh teh aves bingits masih setengah ngantuk lalu cenghar yak hehehe…

    akupun pernah kesengat tawon waktu SMP, jadi si tawon ini ada disendal aku pas aku pake jess langsung maknyos lemas ga bisa jalan sambil nangis kejer langsung dibawa ke dokter semua tetangga panik soalnya aku emang ga bisa jalan jadinya :p aku sih teh lupa dikasih apa sama dokter, yang jelas tetangga pada nengok bawain makanan wwkwkwk malah ingetnya itu karena kusampe bahagia pas tetangga yang nengok bawain satu dus besar susu d*ncow wkwkwk rasa sakit lgsg hilang :p

  • Uwien Budi

    Aku dulu waktu kecil sering banget disengat lebah. Soalnya rumah ibuk ada sarangnya. Sekarang mah udah lama nggak disengat lebah, hehe.

  • Larasati Neisia

    Waduh si tawon meni betah diem dirumah ya teh.. baru tau nih bisa diobatin sama bunga-bungaan. Kebayang bengkaknya duh, aku belum pernah sih ngalamin. Semoga lekas sembuh teh dan bekasnya hilang juga.

  • Rani Yulianty

    Di rumah yang sekarang dekat kebun dan suka ada tawon dan pernah dong disengat tawon, rasanya panas banget dan gatal, agak bengkak juga, langsung kompress air es waktu itu, langsung bengkaknya kempes

  • Zia

    Temenku disengat tawon pas kita lagi dibawah pohon jambu, persis banget kayak gitu langsung bengkak trus panas dingin.

    Wah baru tau minyak lawang. Ohya pake bunga ya, sarannya mama. Hehehe

    Kemana tawon pergi? Pastinya innalillahi, setiap yang sudah menyengat tawon akan mati, teh.

  • Noniq

    Wahhhh, ngga bisa ngebayangin sakitnya disengat lebah deh mbak, saya aja dari jarak semeter ada lebah uda panik. Makasih sharingnya teh, saya jaga2 nyetok minyak tawon, lawang dan kembang sepatunya deh hehe

  • Sintha Novia Putri

    Aku paling takut kalo udah ada tawon, sampe suka teriak ‘pait pait’ padahal ga ngaruh juga yah tawonnya tetep aja nyamperin

  • megasavithri

    hai mba, kalau aku selalu sedia minyak tawon di rumah, tapi belum pernah juga sih disengat tawon..duh jangan sampai deh..hush..hush..tawon berdamailah dan setau yg pernah saya baca mba, biasanya tawon akan mati beberapa menit setelah ia menyengat..mungkin saja ia mati disuatu tempat.

  • Yoanna Fayza

    Aku pernah juga di sengat tawon waktu SD, trauma nya nggak hilang hilang sampai sekarang, setiap ada tahun mendekat langsung teriak teriak ketakutan, sampai di ketawain sama anak anakku :))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.