Cara Investasi S&P 500 di Pluang
Finansial

Pluang S&P 500, Cara Investasi Generasi Masa Kini

Pluang S&P 500, Cara Investasi Generasi Masa Kini. Pandemi karena COVID-19 ini memang luar biasa efeknya ya. Yang paling kerasa banget buat keluarga kami adalah efek ekonominya. 

Terus terang pendapatan keluarga kami selama pandemi COVID-19 ini berkurang drastis. Banyak proyek di kantor suami yang terpaksa harus batal setahun ke depan. Jam kerja juga berkurang. 

Demikian juga dengan pekerjaanku. Meskipun sehari-aku bekerja sebagai freelancer, tapi tetap aja terpengaruh.




Hikmah dari Pandemi Covid-19

Namun, yang pasti dari COVID-19 ini, aku banyak belajar tentang mengelola keuangan. Gimana pentingnya dana darurat yang harus disiapkan dan sewaktu-waktu bisa dipakai dalam kondisi darurat seperti saat pandemi ini. 

Dari COVID-19 aku juga belajar gimana punya pendapatan lebih dari 1 pintu. Jadi kalau pendapatan pertama terdampak, masih ada pendapatan sumber kedua dan ketiga yang bisa diandalkan. 

Investasi Zaman Dulu

Sejak masa pandemi ini, aku juga jadi lebih getol lagi belajar masalah keuangan. Diantaranya, aku jadi belajar investasi lewat reksadana dan saham. 

gambar emas batangan

Sebelumnya, aku pernah investasi juga di emas, deposito, tanah, dan properti. Dulu ngertinya investasi hanya produk-produk ini aja. 

Saham, bit coin, dan reksadana belum ngerti. Baru pas pandemi ini aku belajar lebih jauh. Efek kebanyakan di rumah aja yang berujung positif nih. Tau jenis-jenis investasi lebih banyak.

Untungnya belajar investasi sekarang ini tuh aksesnya lebih gampang. Bisa belajar  online. Aku tinggal buka aja berita googling cari info, nontonin videonya di YouTube, ikut  webinar, atau yang gampang yang belajar via akun finansial di Instagram. 



Belajar Investasi S&P 500

Yang terbaru, aku baru belajar tentang S&P 500 yang diluncurkan oleh Pluang, sebuah aplikasi teknologi finansial yang membantu kita mudah dalam berinvestasi. 

Ada beberapa produk investasi yang ditawarkan Pluang. Yaitu emas, saver/tabungan, dan yang terbaru adalah S&P 500. 

Aku belajarnya investasi S&P 500 ini di sebuah webinar yang diadakan Pluang tanggal 29 September 2020 lalu. Teman webinarnya tentang virtual launch gebrakan investasi tahun 2020 by Pluang S&P 500.

Webinarnya diisi oleh 2 orang pemateri yaitu Claudia Colonas sebagai co-founder Pluang dan Mr. Paul Fry sebagai Chief Operating Officer of SFLLC. Dan juga Ken Handersen sebagai moderator.

Webinar Pluang S&P 500
Pengisi Webinar dalam Virtual Launching S&P 500

Apa itu  S&P 500

Pluang S&P 500 adalah produk berjangka yang ditransaksikan di bursa Chicago Mercantile Exchange, bursa berjangka terbesar di dunia. Kita bisa investasi beli saham yang dijual di Amerika. 

Nah, kita bisa beli produknya melalui aplikasi Pluang. Pluang ini merupakan aplikasi investasi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dapat memberikan akses kepada nasabah untuk berinvestasi di pasar saham Amerika.



Baca: Mengenal S&P 500 Lebih Jauh

Wah keren juga ya bisa beli saham perusahaan yang ada di Amerika. Selama ini sih aku baru nyobain beli saham di Indonesia karena ilmunya baru sebatas ini aja. Kalau nyobain beli saham di Amerika, aku belum pernah. Karena belum tau ilmunya. 

Untungnya sekarang ada aplikasi Pluang yang bisa bantu beli saham perusahaan-perusahaan besar di Amerika misalnya Apple, Microsoft, Amazon, Google, Johnson&Johnson, VISA, Facebook, dan lain-lain. 

Cara Investasi Jangka Panjang dengan S&P 500
Ikut Webinar Virtual Launch Micro E-Mini S&P 500 by Pluang

Tahu kan ya kalau Amerika Serikat tuh negara adidaya dengan ekonomi terbesar di dunia sejak 1871, dan masih diprediksikan akan terus bertumbuh. 

Selama 10 tahun terakhir, saham AS telah berkinerja kuat sebagaimana yang ditunjukkan oleh indeks S&P 500. 

Tidak semua perusahaan bisa masuk ke indeks S&P 500. Hanya perusahaan terpilih dan memenuhi syarat yang dapat masuk ke dalam indeks ini. 

Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut juga harus memenuhi beberapa kualifikasi, seperti memiliki kantor pusat yang berlokasi di AS, melaporkan laba positif selama empat triwulan terakhir, memiliki nilai kapitalisasi pasar sama dengan atau lebih dari USD 3,7 miliar, serta telah IPO atau menjadi perusahaan publik selama minimal satu tahun.

Investasi di S&P 500, cukup menguntungkan karena dari data menunjukkan bahwa dalam 10 tahun terakhir ini ada peningkatan imbal hasil S&P 500 sebesar 325,54%! 

Investasi Pluang S&P 500
Imbal Hasil Indeks S&P 500 yang terus naik

Produks investasi berjangka indeks S&P 500 di Pluang beda dengan yang ditransaksikan di bursa Chicago Mercantile Exchange, karena yang ditawarkan di Pluang itu versi mininya. Namanya Micro E-Mini S&P 500. 1 unit sama dengan 1/100 S&P 500 index futures. 

Risiko Berinvestasi pada Micro E-Mini S&P 500 Index Futures

Namanya juga investasi ya. Tidak melulu menguntungkan tapi memang ada risikonya. Buat kita investor awal yang masih agak bingung, ini aku coba ceritain ya teman apa aja risiko yang kemungkinan bisa kita peroleh. 

Salah satunya adalah volatilitas pasar mungkin menjelang pemilihan presiden AS di bulan November nanti. Volatilitas itu artinya masa saat pasar berfluktuasi. Kadang harga naik cepat, lalu  bisa turun dengan cepat pula. 

Risiko lain adalah produk Micro E-Mini S&P 500 Index Future ini cocok untuk investasi jangka panjang. Yang dibeli pakai uang dingin. Jangan dibeli pakai uang dana darurat apalagi pakai uang belanja dapur. 



Makanya, produk ini cocok buat mereka yang punya profil risiko sedang sampai tinggi dan udah punya pengalaman investasi yang bagus. 

Kebetulan aku profil risikonya moderat. Lihat harga saham yang naik turun tuh suka deg-degan. Hehe. Belum terlalu berpengalaman di saham juga. Baru level pemula yang portofolio sahamnya masih itu-itu aja dan beli lotnya juga gak punya banyak.

Aman Gak Sih Investasi Lewat Pluang?

Pluang Micro E-Mini S&P 500
Beli S&P 500 di Pluang

Nah buat teman-teman yang agresif dan cocok profil risikonya, bisa cobain investasi pakai S&P 500 ini. Belinya lewat aplikasi Pluang.

Pluang by PG Berjangka ini aman karena sudah memiliki izin Penyaluran Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). 

PALN adalah kegiatan penawaran kontrak dan menyalurkan amanat nasabah untuk kontrak tersebut dengan menggunakan sistem yang disediakan oleh bursa.

Dana yang masuk untuk pembelian Pluang S&P 500 (Micro E-Mini S&P 500 Index Future) akan langsung diteruskan ke akun segregate PG Berjangka, dan kemudian ke PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) sehingga transaksi nasabah aman dan terjangkau.

Selain itu, beli produk S&P 500 ini juga praktis karena kita tinggal tap-tap aja layar di HP. Semudah beli barang online di marketplace. Dengan modal sekitar US$ 34 kita udah bisa mulai investasi S&P 500.

Penjualan dan penarikan dana juga dapat dilakukan secara realtime. Artinya, tidak ada penundaan dalam mencairkan dana. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pluang – Investasi Online (@pluang_id) on

Oke deh teman-teman. Segini dulu cerita finansialku hari ini. 

Buat teman-teman generasi masa kini yang tertarik dengan aplikasi Pluang dan profil risikonya cocok, bisa download aplikasinya di sini ya. Ini bisa buat pilihan mendiferensiasi sumber investasi teman-teman. 

Selalu ingat: “Don’t put your eggs in one basket”

Bye! Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.