Melatih anak berpuasa
Parenting

Cerita Puasa Pertama Akmal dan Kejutan Menarik

Assalamu’alaikum. Alhamdulillah puasa udah jalan seminggu ya teman-teman. Gimana ibadah Ramadhannya? Lancar kan ya. Alhamdulillah saya dan keluarga juga lancar sih.

Ohya, mau cerita ya. Ada yang sesuatu yang baru di Ramadhan tahun ini di keluarga kami: Akmal (5 tahun) pertama kali belajar puasa. Pengalaman pertama yang istimewa buat dia. Aku sendiri salut loh sama kekuatan Akmal bisa puasa dari subuh sampai magrib. Ya memang sih pada dzuhur dia minum/makan ringan, tapi habis itu dia lanjut puasa lagi sampai sore.

Godaan pertama datang pas awal-awal puasa. Dia belum terlalu ngerti banget dengan konsep puasa. Pelan-pelan aku jelasin tentang konsep keutamaan puasa, hikmahnya, dan cara-caranya. Kalau udah siang, dia hampir setiap jam nanyain sekarang udah jam berapa. Masih mengeluh, aku lapar Bu. Aku haus, Bu. wkwkwk. Aku bujuk-bujuk dia supaya ditahan dan eh ternyata kuat juga tuh sampai magrib. Pas buka ada kelihatan aura raut bahagia di mukanya.

Awal sahur dia juga gak rewel dibangunin. Bahkan mau bangun sendiri dan nemenin aku masak buat sahur. Tapi pas belakangan ini dia jadi susah dibangunin. Alasannya masih ngantuk. Aku gendong dia dari kasur dan didudukin di kursi makan. Cuci mukanya pakai air biar segeran dikit. Lumayan dia masih mau makan sahur dan minum susu.

Sore, kalau dia udah mulai kelihatan lemes, biasanya aku ajak ngabuburit. Entah itu main, ngaji di masjid, keliling komplek jalan-jalan, nonton video lucu atau lihat-lihat online shop yang jual perlengkapan anak-anak yang lucu-lucu. Biar dia terhibur dan gak terlalu ngerasa lemes banget. Cara ini ampuh banget soalnya Akmal jadi beberapa kali sukses tidak jadi membatalkan puasa.

Anak puasa
Alhamdulillah, sampai magrib juga. Buka puasa deh!

Salah satu toko online tempat aku langganan lihat-lihat/cuci mata (juga belanja), adalah Tokopedia. Seneng banget pas lihat ada notifikasi kalau di bulan Ramadhan kali ini (terutama tanggal 24-25 Mei 2018), Tokopedia ngadain kejutan belanja dengan diskon 99%. Ih, mupeng banget ya. Ini aku ringkesin ya teman-teman kejutan diskonnya dari Tokopedia. Kali aja teman-teman juga mau manfaatin promo menarik dari Tokopedia ini buat belanja kebutuhan Ramadhan/Lebaran nanti.

1. SEMARAK RAMADAN EKSTRA – Kejutan Diskon 99% (24 Mei 2018)

– Shake-Shake Kejutan (Hadiah)

Caranya, teman-teman bisa buka aplikasi Tokopedia di jam-jam tertentu dan “Shake-Shake” smartphone untuk kesempatan dapatkan berbagai kejutan mulai dari berbagai hadiah seru, promo menarik, dan kejutan diskon 99% untuk produk-produk terbaik pilihan.

– Artist Perfomance

– Fashion Show by Exclusive Collaboration

Ada juga countdown menuju “Ramadan Ekstra, Kejutan Belanja Online” pada 24 Mei 2018 yang disiarkan secara langsung di NET, MNC TV, dan Trans7 dengan penampilan artis-artis papan atas Indonesia dan juga peragaan busana (fashion show). Berkolaborasi dengan brand-brand fashion eksklusif di Tokopedia semua produk fashion yang diperagakan bisa dibeli secara langsung melalui aplikasi Tokopedia. Intip ah, ini sepertinya seru!

 

2. RAMADAN EKSTRA – Kejutan Belanja Online (25 Mei 2018)

– Shake-Shake (5x dalam satu hari), – diskon 99%

Buka lagi aplikasi Tokopedia di jam-jam tertentu, “Shake-Shake” smartphone hingga 5 kali dalam sehari untuk kesempatan dapatkan berbagai kejutan mulai dari berbagai promo menarik, hingga hadiah utama Toyota Yaris yang didiskon 99%! wow!

– Flash Sale

Rebut dan jangan sampai kehabisan berbagai produk pilihan terbaik di Tokopedia dengan harga miring serba 25.000 untuk semua produk flash sale Tokopedia.

– Save My Coupon

Untuk teman-teman yang sudah mengumpulkan kupon-kupon promo menarik di Tokopedia, saatnya gunakan “Save My Coupon” milikmu untuk tambahan promo Ekstra! Asyik, aku sendiri kuponnya sekarang sudah jampir 3000an nih teman-teman. Lumayan, bisa dipakai nih.

– Promo Lainnya dan Exclusive Brand

Selain itu, dapatkan juga berbagai promo Ekstra Cashback lainnya untuk berbagai produk di marketplace dan juga produk digital Tokopedia, serta berbagai penawaran menarik dari pilihan brand-brand eksklusif dari Tokopedia.

Oke deh teman-teman itu aja cerita Ramadhan dari keluarga aku hari ini ya. Sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya dan jangan lupa manfaatin promo menarik dari Tokopedia ini ya. Sssttt… aku mau belanja dulu ya buat hadiah ponakan aku yang baru ulang tahun kemarin dan tentunya mau manfaatin promo Tokopedia. Sekalian mau intip-intip kali aja ada barang anak yang menarik. Lumayan buat hadiah rewardsAkmal karena dia sukses ikutan puasa di bulan Ramadan kali ini. :*

You may also like...

3 Comments

  1. Sukses terus Akmal belajar puasanya…
    Semoga sampai selesai sebulan Ramadan yah

    1. Armita Fibriyanti says:

      Aamiin. Terima kasih doanya ya

  2. Wah hebat Akmal sahurnya nggak rewel hehe. Dan ternyata bisa kuat puasa sehari penuh ya. Semoga Akmal di umur-umur selanjutnya bisa menyadari hal baik dari puasa yang dijalaninya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.