Cara Mengatasi Blog WordPress Yang Kena Hack
Tips & Informasi

Tips Mengatasi Blog WordPress Yang Kena Hack

Tips Mengatasi Blog WordPress Yang Kena Hack. Dua tahun lalu, saya memutuskan migrasi blog dari wordpress gratisan (wordpress.com) ke selfhosted wordpress (wordpress.org). Tidak berapa lama, blog saya yang ada di Blogspot juga menyusul saya migrasikan ke selfhosted wordpress.

Baca: Ngeblog Tahun Ini Mau Ngapain

Alasan kenapa pindah? Karena ada beberapa hal yang tidak saya temukan saat mengunakan WP gratisan dan Blogspot seperti yang ada di selfhosted WP. Misalnya, biaya maintenance WP.com yang mahal, tidak bisa dipasangi Google Analytics (GA), dll. Padahal, sebagai seorang blogger, saya butuh banget data statistik yang masuk ke blog via WP. Memang di WP ada sih statistik bawaannya, tapi terkadang beberapa mitra kerja saya di blog butuh report yang terangkum di GA.

Mengelola blog dengan hosting sendiri ternyata gak segampang waktu masih nebeng di WP.com atau Blogspot. Ya iya lah, namanya juga “rumah” sendiri harus diurus sendiri, beda dengan saat ngontrak karena ada juragan yang otomatis ngurusin.

Salah satu masalah krusial yang pernah beberapa kali saya temui saat mengurus blog selfhosted WordPress adalah blog saya yang terkena hack. Baru install WP beberapa hari, eh langsung ada yang ngehack, tidak bisa login ke blog sendiri karena user name dan password diganti oleh sang hacker. Sampai yang baru-baru ini terjadi adalah blog saya diinjeksi dengan semacam script yang masuk ke cpanel saya dan dia mengobrak-abrik daleman blog saya. Akibatnya, blog terdirect ke link yang bukan milik saya. Waktu itu terdirect ke link dengan website yang berbahasa Jepang (Japanese Keyword Hack). Cerita ini pernah saya tulis di salah satu postingan di akun Instagram saya (@armitafibri – yuk follow, yang belum follow IG saya, ya).

BLOG KENA SERANGAN HACKER. Sepanjang pakai blog selfhosted wordpress, ini serangan hacker yang paling menyebalkan. Minggu lalu, blog aku kena JAPANESE KEYWORD HACK. Yang mengakibatkan blog aku berubah tulisannya jadi tulisan Jepang. Terutama tulisan aku yg masuk page one Google. Traffic blog juga langsung jeblog ke titik terendah, nyaris zero..😢😢 . . Terus, kalau klik tulisan Jepangnya, bakalan di direct ke link mereka yg ternyata mereka jualan produk. Tapi gak tau deh produknya beneran atau barang fiktif. . . Selama seminggu, blogku opname di ICU. Kesel banget sama si ulah hacker. Kok bisa sih mereka masuk ke cpanel aku dan ngobrak abrik file di dalamnya. Sampai mereka menginjeksi dengan codes yang sungguh ku tak mengerti. 😤😤 . . Lapor ke hosting, tapi mereka gak bisa banyak bantu. Cuma bisa restore aja. Walaupun udah direstore tetep aja muncul-muncul lagi tulisan Jepangnya. Pusing pala Mamak. Akhirnya dengan modal Googling sana – sini dengan bantuan keyword #japanesekeywordhack blog aku sembuh total 6 hari kemudian. Berhasil keluar dari ICU dengan selamat. 💪💪 . . Sekian curhat menjelang berbuka puasa. Ngeblog itu ada up & downnya. Tapi karena kusuka ngeblog, walau blog runyam kena retas, tetep aja balikan lagi sama si blog 😚 . . Pernah ngalamin blog kena hack temans? . . . . #blogger #armitafibri #armitafibricom #momblogger #ceritablogger #femaleblogger #ootd #bandung #hotd #clozetteid #momblogger #hacker #retas

A post shared by Armita Fibriyanti (@armitafibri) on

Memang menyebalkan ya jika blog sudah terserang hacker begini. Kinerja blog kita jadi menurun. Apalagi kalau pas lagi ada postingan ikut lomba blog. Takutnya tulisan lomba di blog kita tersebut gak bisa diakses oleh juri. Hiks.

Baca: Perempuan Bekerja dari Rumah, Mengapa Tidak

Pertama, tarik nafas. Tenangkan diri dulu. Sugestikan bahwa semua masalah akan ada solusinya.

Nah, untuk mengatasi blog wordpress yang terkena hack, saya punya tips yang bisa mengurangi intensitas serangan hacker yang kejam. Bisa disimak, ya.

Tips Mengatasi Blog WordPress Yang Kena Hack

  1. Pilih Hosting yang Terpercaya

Hosting adalah tempat dimana kita bisa menyewa server sehingga blog kita bisa menjadi online di internet dan bisa diakses oleh orang lain. Pengertian mudahnya seperti itu. Pilih tempat hosting yang tepat ibarat kita dapat kontrakan rumah yang nyaman banget. Salah satu penyedia web hosting yang murah berkualitas dengan fitur premium dan bantuan profesional yang siap membantu kita kapanpun dan dimanapun adalah Hostinger (*).

2. Gunakan Kombinasi Username dan Password yang Sulit

Username dan password yang mudah akan gampang ditebak oleh sang hacker. Jangan gunakan username admin atau password tanggal lahir atau tanggal penting kita lainnya (tanggal pernikahan, ultah anak dll). Gunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter yang susah. Misalnya:

username: d456#dk&*7

password: 5deirj#*^#$*(.

Syusyah kan? Mengingatnya juga syusyah. Wkwk. 😛

Ohya, jangan lupa simpan/tulis baik-baik user name dan password ini di tempat yang aman. Supaya kita bisa tetap masuk ke dashboard blog WP kita.

3. Update Blog dan Pluginnya

Punya selfhosted WP jangan jorok. Segera lakukan update jika ada notifikasi blog/theme/plugin yang harus segera diupdate. Kalau jarang diupdate, ada celah hacker bisa masuk loh.

4. Identifikasi Masalah

Jika blog sudah terlanjur terkena hack, coba identifikasi masalah hacker menyerang bagian yang mana. Bisa jadi ia hanya menyerang tampilan luar blog WP kita saja. Atau yang lebih serius lagi, dia masuk secara sistemik ke blog kita dan malah ngoprak-aprik daleman blog kita. Bisa jadi postingan tulisan kita lenyap diganti semua oleh si hacker. Kasus ini pernah kejadian di saya.

Mengetahui akar permasalahan saat blog kena hack akan menentukan langkah perbaikannya. Ibarat diagnosis yang tepat akan mempengaruhi tindakan pengobatannya kalau di medis mah.

5. Segera Hubungi Penyedia Hosting

Segera hubungi penyedia hosting blog WP kita jika ada indikasi serangan hacker. Biasanya saya akan buka tiket dan cerita permasalahan hack apa yang menyerang. Minta bantuan admin/teknisi hosting untuk memperbaiki serangan hacker tersebut. Atau kita bisa minta mereka untuk me-restore blog kita ke waktu saat blog kita belum kena serangan hacker. 

Ribet ya? Iya sih pas awal-awal pegang blog WP. Tapi lama-lama udah biasa ngatasin masalah karena hacker. Makanya kita perlu banget pilih-pilih penyedia hosting yang terpercaya. Karena data-data blog kita tersimpan semua di situ.

Oke deh teman-teman, itu aja dulu ya tips-tips yang bisa saya bagikan kalau misalnya suatu hari teman-teman pengguna blog selfhosted WordPress terkena serangan hack. Semoga membantu!

Keep blogging and sharing, ya!


(*) sponsored link, please read disclosure



17 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.