Hobi

Wishlist, Peralatan Pelengkap Perjalanan yang Ingin Dimiliki, Tripod Kamera Excell Salah Satunya

“Perjalanan banyak membuka mata saya dan membawa saya ke dunia baru”

Tahun ini, Azril masuk usia dua tahun. Artinya, dia sudah menjadi lebih besar dan mulai bisa saya tinggalkan untuk berbagai keperluan. Yap, saya memang 4 tahun terakhir ini tidak bisa pergi jauh-jauh meninggalkan rumah karena ada anak-anak yang masih kecil-kecil. Kalau pun saya pergi sendiri, itu masih yang dalam kota saja. Kalau keluar kota, satu rombongan keluarga harus saya bawa.

Sedikit demi sedikit, saya mulai latihan pergi-pergi jauh dengan membawa anak. Iya, traveling with kids. Belum sampai lintas pulau sih, masih sebatas lintas kota/kabupaten dan provinsi. Misalnya bulan lalu, kami membawa anak-anak jalan-jalan lintas kota dalam 5 hari. Rutenya yang dekat-dekat saja dulu, dari Bandung – Sukabumi – Depok – Tangerang – Bandung. Kalau perjalanan lintas provinsi yang paling sering ya mudik ke kampung halaman di Purworejo.

Baca: Senja di Pantai Jetis Purworejo

Dalam perjalanan-perjalanan tersebut, seringkali saya butuh tools untuk mengabadikan moment. Paling gampang pakai smartphone. Atau bisa suka pakai kamera DSLR. Tapi karena berat dan besar, kamera DSLR saya ini sering ditinggal di rumah. Sebagai gantinya, saya sekarang lebih prefer membawa kamera mirrorless yang saya dapatkan dari hasil memenangi lomba blog Pregnancy Educational Journey bersama Prenagen tahun lalu.

Baca: Program Edukasi Terlengkap Bersama Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016

Mulai tahun ini, saya ingin melakukan banyak perjalanan-perjalanan lagi. Untuk mendukung perjalanan ini, saya memerlukan beberapa alat pendukung perjalanan. Saya coba list ya apa saja yang saya perlukan di bawah ini. Kesemuanya memang saya belum punya. Saya tulis di sini untuk menyemangati supaya saya bisa membelinya, mudah-mudahan ada rezekinya ya. Tolong doakan ya teman-teman, semoga bisa kebeli ya barang-barang ini.

1. Tas Kamera untuk Mirrorless

Selamat Bergabung Bersama Keluarga Kami 🙂

Kameranya sudah punya, hadiah apresiasi dari Prenagen. Tapi saya belum sempat beli tasnya. Tas ini perlu banget buat menyimpan mirrorless saya terutama kalau pas lagi pergi-pergi jauh biar gak rusak, tergores, dan lecet. Kalau ada pelindung dengan tas kan kameranya bisa lebih awet.

Saya butuh tas kamera yang gak terlalu bulky jadi gak makan banyak tempat,ringan, modis, dan fit untuk mirrorless saya. Paling enak sih memang beli online ya soalnya kalau beli offline belum tentu toko yang saya tuju punya tas kamera seperti saya inginkan. Baiklah, nanti coba cari online ya.

2. Tripod

Tripod diperlukan saat-saat tertentu saya tidak bisa ambil gambar. Kadang kalau saya ambil manual pakai tangan, masih sering shaking. Katanya, untuk mengurangi shaking ini kita bisa memanfaatkan tripod. Sebenarnya, bisa saja sih pakai media yang ada, misalnya meja, atau diganjal tas. Tapi kan kadang ada saat-saat di mana tidak ada media apapun yang bisa dimanfaatkan di lapangan dan tripod adalah alat pendukung yang paling dibutuhkan saat itu. Ohya, tripod atau kaki tiga itu adalah kaki pendukung yang diperlukan dalam fotografi supaya kamera bisa berdiri dengan tegak dan tegar.

Salah satu tripod untuk pemula yang sering dipakai orang-orang adalah Tripod Kamera Excell. Harganya sekitar Rp 200ribuan, tergantung dimana kita membelinya. Katanya sih tripod ini lumayan ringan tapi kuat jadi cocok kalau dibawa buat jalan-jalan, tidak akan memberatkan.

3. Tongsis

Jangan ketawa ya, iya saya memang gak punya tongsis. Saat yang lain heboh narsis pakai tongsis, saya sampai sekarang malah belum punya tongsis. Hahaha, ampun jendral! Soalnya saya gak hobi narsis dengan foto wajah segede gaban. Masih malu nongol depan kamera.

Tapi ternyata jadi blogger sekarang sekali-kali perlu narsis ya, walau gak terus-terusan narsis. Biar gak dibilang hoax katanya. Dan juga mulai banyak blogger yang merambah juga jadi vlogger. Salah satu alat pendukung untuk jadi vlogger adalah tongsis. Walaupun saya belum jadi vlogger, tapi saya mau kok belajar jadi vlogger. Mungkin nanti kalau jadi vlogger saya gak akan terlalu banyak ngomong di depan kamera kali ya. Sesekali aja, selebihnya dubbing, nampilin foto atau video yang berkaitan dengan tema yang saya pilih. Wekekek. Ngevlog ini salah satu harapan ngeblog saya tahun ini loh.

Baca: Ngeblog Tahun Ini Mau Ngapain

Begitulah, ada tiga barang yang saat ini saya ingin wujudkan di tahun ini untuk mendukung supaya perjalanan bisa tercapture dengan sempurna. Doakan bisa kebeli ya teman-teman. Ohya, plus kalau ada kelas gimana bikin vlog, duh saya mau banget donk ikutan. Mau upgrade kemampuan diri nih. Kasih tau ya.

15 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.