Bermain Seru di Funtopia Balloon Park

Bermain Seru di Funtopia Balloon Park

Hal yang paling membahagiakan saat menjadi orang tua adalah bisa membersamai anaknya dalam tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah menemani mereka saat bermain.

Saya dan suami biasanya mengajak anak-anak kami bermain keluar rumah saat akhir pekan. Quality time seperti ini memang sengaja kami pilih saat weekend karena pada hari biasa suami saya harus bekerja. Pergi pagi dan pulang malam. Kadang saat suami pulang, anak-anak sudah tidur pulas. Suami jadi tidak punya kesempatan untuk bermain dengan mereka. Sehingga waktu yang efektif untuk bisa bermain bersama dengan formasi anggota keluarga lengkap adalah saat hari Sabtu atau Minggu.

Saat weekend seperti ini biasanya kami memilih bermain aktivitas outdoor. Selain bisa digunakan untuk membangun bonding antar anggota keluarga, aktivitas outdoor juga bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik anak, menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran, melatih kelincahan, meluaskan wawasan, menambah pengetahuan, meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, melatih interaksi sosial dan komunikasi, melepas stres, dan juga bisa  mengurangi ketergantungan anak pada gadget.

Wah, banyak juga ya ternyata manfaatnya. Yap! Makanya kami selalu menunggu saat akhir pekan tiba.

Salah satu akhir pekan yang istimewa dan gak bakalan terlupa buat kami adalah akhir pekan kemarin, Sabtu 29 September 2018. Inilah saat pertama kali main ke Funtopia Balloon Park. Sebuah taman keluarga terbesar dan pertama di Indonesia yang didesain secara khusus dengan menghadirkan 8 buah balon inflatable raksasa. Wow, dengar kata balon saja sudah senang banget. Anak-anak mana sih yang menolak dikasih balon. Apalagi ini balonnya berukuran raksasa, yang jauh lebih besar daripada ukuran anak-anak.

Karena penasaran banget, akhirnya Sabtu kemarin kami cuss pergi ke Prabuwangi Park ex Arcamanik Driving Range, Bandung. Lokasi detailnya bisa dilihat di peta di bagian bawah dari tulisan ini ya teman-teman. Ternyata pas kami sampai, lokasinya sudah ramai dengan pengunjung yang kebanyakan adalah anak-anak dan orang tuanya.

Funtopia Balloon Park
Selamat datang di Funtopia Balloon Park

Begitu tiba di lokasi sekitar pukul 15.00, kami langsung menuju ke meja registrasi untuk menukarkan tiket. Sudah ada teteh-teteh cantik yang stand by untuk menerima tiket kita. Tiketnya sendiri bisa dibeli di Traveloka di tab Traveloka Aktivitas & Rekreasi. Untuk hari Senin – Jumat, harga tike masuk Funtopia ini adalah Rp 50.ooo/hari. Sedangkan saat akhir pekan (Sabtu – Minggu), harganya Rp 75.000/hari.

Untunglah kami sampai di lokasi sore hari. Jadi sinar matahari tidak terlalu terik. Tapi cukup hangat dan terang. Anak-anak bisa bermain dengan lepas tanpa merasa terlalu gerah.

Sudah punya tiket masuk dan kami siap mengeksplor semua wahana, yeay!

Melihat sekeliling, lokasinya cukup luas dan besar. Lokasi yang sangat cocok digunakan untuk anak-anak dan keluarga dalam bermain outdoor. Sehingga kami semua bisa puas dalam bermain fisik dan juga meningkatkan momen kebersamaan keluarga, sesuai dengan tujuan dari dibukanya Funtopia Balloon Park ini di Bandung.

Ohya teman-teman, sebelum di Bandung, Funtopia Balloon Park sudah digelar di Jakarta loh. Dan acara ini sukses banget. Ada sekitar 20.000 keluarga datang ke Funtopia Balloon Park di Jakarta selama bulan Agustus kemarin. Jadi acara Funtopia yang ada di Bandung ini adalah acara kedua dari seluruh rangkaian Funtopia di Indonesia. Setelah Jakarta dan Bandung, keseruan nanti akan berlanjut ke Surabaya tepatnya di Lapangan Golf Bukit Darmo Golf, Surabaya, pada tanggal 25 Oktober – 4 November 2018.

Di Funtopia Balloon Park, ada 8 buah balon raksasa, yaitu: Mysteri Maze, Old Octopus, Caterpillar Cave, Mighty Mushroom, Traveloka Track, Bunny Boo, Candy Cane, dan Crown Castle. Masing-masing balon raksasa ini punya manfaat dan aturan main tersendiri. Petunjuk permainannya bisa dibaca di setiap banner yang ada di masing-masing area balon.

Funtopia Balloon Park

Deskripsi setiap permainan

Di setiap wahana permainan ada penjelasan di depannya. Informasinya berisi tentang deskripsi permainannya, aktivitas yang bisa dilakukan, ide kreasi, apa yang bisa dilakukan dan sebaiknya tidak dilakukan. Lengkap sekali. Ada baiknya, sebelum kita memulai bermain di wahana tersebut, sempatkan dulu baca deskripsi permainannya ya. Lumayan menambah informasi loh.

Sebelum bermain, saya siapkan dulu perbekalan anak-anak. Saya pakaian mereka kaos kaki untuk melindungi kakinya dari benda-benda yang tidak diinginkan. Saya juga sudah siap dengan botol air minum, buat jaga-jaga siapa tahu saat bermain mereka merasa kehausan.

Nah ini dia ke delapan balon raksasa yang ada di Funtopia Balloon Park.

  1. TRAVELOKA TRACK

Di Traveloka Track ini kita bisa menemukan area jalur rintangan yang bisa mengasah ketrampilan anak dan menjadi ajang ketangkasan seperti para prajurit di dongeng kerajaan dulu. Seru sekali ya.

Anak-anak di sini bisa melompat, berlari, meluncur, merangkak, bermain bola/balok, serta berfoto dia. Kedua anak saya bisa betah sekali lama main di sini. Bahkan sampai sebelum pulang, mereka balik lagi ke sini untuk memuaskan rasa penarasannya.

Di sini, anak-anak sebaiknya selalu dalam pengawasan orang tua atau yang lebih dewasa. Tidak diperkenankan merokok, makan dan minum di area balon.

Traveloka Track yang Menantang Kedua anak saya enjoy sekali bermain di Traveloka Track
Funtopia Balloon Park
Bermain bola dan kubus

2. CROWN CASTLE

Kastil dengan bangunan yang megah dan warna yang cerah ceria sehingga tampan mencolok dan menarik. Cocok sekali untuk anak-anak. Melihatnya dari jauh menjadikan kami penasaran ingin segera memasuki kastilnya.

Setelah masuk melalui terowongan kecil di depan kastil, anak-anak bisa masuk ke dalam kastil yang ternyata dalamnya luas sekali. Anak-anak bisa mengintip dari balik jendela apa yang terjadi di luar. Merasakan hembusan angin semilir yang bertiup sore itu. Setelah itu, anak-anak bisa berlarian atau melompat di dalam kastil. Puas lihat anak-anak bermain di dalam kastil.

Funtopia Balloon Park
Crown Castle yang megah
Asyik berlari dan melompat di dalam Crown Castle

3. CATERPILLAR CAVE

Ulat besar dengan warna kuning belang-belang hijau. Menarik mata. Sang ulat/caterpillar ternyata sedang berjalan di atas batu. Anak-anak tampak sumringah saat mereka disuruh masuk melalui mulut kecil sang caterpillar. Wah ternyata mereka bisa toh masuk ke dalam tubuh sang caterpillar raksasa ini. Tentu saja anak-anak tersenyum senang. Ini pengalaman mereka masuk ke dalam balon besar.

Mereka merangkak, memanjat ke dalam perut caterpillar yang ternyata di dalamnya suasananya hangat, terang, banyak tangga, dan ruas. Mereka terus berjalan sampai akhirnya menemukan pintu keluar di bagian ekor caterpillarnya. Wow! Asyik ketemu juga ya pintu keluarnya.

Funtopia Balloon Park
Caterpillar Cave yang ramah menyambut anak-anak
Asyik bisa main dan masuk ke dalam perut caterpillar

4. MIGHTY MUSHROOM

Jamur raksasa yang besar dan tinggi sekali. Penasaran dengan apa yang ada di dalamnya. Wah ternyata banyak bunga matahari dan jamur kecil yang tumbuh di sekitarnya. Untuk bisa menikmati permainan Mighty Mushroom ini, anak-anak harus melewati rintangan. Mereka harus berjalan dan berlari di atas permukaan balon yang membal. Anak-anak bisa meloncat dan bermain saat melewati rintangan ini.

Jamur yang warnanya menarik perpaduan antara warna merah, putih, hijau, dan kuning ini tampak mencolok. Saat sudah berhasil melewati rintangan dan sampai ke dalam jamur, anak-anak bisa memanjat sang jamur sampai ke atas.

Funtopia Balloon Park
Mighty Mushroom yang bisa dipanjat sampai atas

 

Anak-anak asyik memanjat jamur

5. MYSTERI MAZE

Balon udara dengan warna biru dan kuning ini benar-benar tampak besar. Untuk bisa sampai ke dalam, anak-anak harus melewati gawang dan mereka dituntut untuk menemukan jalan sendiri melewati jalur berdinding tinggi dan berkelak-kelok. Misterius dan menegangkan. Apakah anak-anak berhasil mencari jalan masuk dan keluarnya sendiri?

Walaupun tidak bisa terbang, tapi anak-anak dapat pengalaman memecahkan masalah menemukan jalan keluar. Mereka berlatih merekam memori dan mengenali arah seperti bermain labirin dan petak umpet.

6. OLD OCTOPUS

Bisa menemui gurita yang besar sekali adalah hal luar biasa bagi anak-anak. Apalagi mereka bisa main perosotan di bagian tentakelnya. Mereka memanjat sampai tinggi, merangkak di dalam tentakelnya. Gurita pun tersenyum manis. Menambah riang anak-anak saat bermain di wahana ini.

Tubuh gurita yang besaar sekali ini memungkinkan anak-anak melompat dengan puas karena badannya empuk. Anak-anak saya sampai keringatan dan bajunya basah saking senangnya bermain, melompat, dan meluncur bersama gurita.

Funtopia Balloon Park
Sang gurita yang ramah
Bermain di dalam tentakel

7. CANDY CANE

Permen itu sudah pasti identik dengan anak-anak ya. Melihatnya dari jauh dengan warna merah dan putih, sudah membuat anak-anak ingin segera berlari dan bermain di dalam kelilingan permen lolipop.

Saat bermain di Candy Cane, anak-anak bisa memeluk, meninju, bersandar, berputar, atau menekuknya. Yang paling mudah adalah melompat-lompat di antara permen-permen tersebut. Saat mulai lelah, anak-anak duduk di pinggiran balon lalu menikmati pemandangan di sekelilingnya.

Funtopia Balloon Park
Permen Lolipop yang menggoda

8. BUNNY BOO

Apa yang menarik dari kelinci? Telinganya yang panjang. Oleh karena itu, pendengarannya pun sangat tajam. Kita bisa jelaskan fakta ini ke anak-anak loh. Mereka pun bertambah pengetahuannya. Saat di arena Bunny Boo ini, anak-anak bisa bermain, dan berlari mengelilingi kelinci. Mereka pun bisa berfoto di depan kelinci sambil bergaya seperti kelinci. Cobain deh, menarik sekali.

Funtopia Balloon Park
Si kelinci yang pemalu

Itulah kedelapan arena permainan balon raksasa yang ada di Funtopia Balloon Park. Anak-anak saya semuanya enjoy sekali menikmati setiap permainan yang ada di balon tersebut. Sampai-sampai susah sekali mengajak mereka pulang ke rumah. Padahal hari sudah gelap.

Ohya, untuk teman-teman yang mau datang ke Funtopia, jangan lupa bawa kaos kaki ya saat bermain di wahana balon. Karena setiap pengunjung baik muda ataupun tua, jika ingin bermain di arena balon, wajib memakai kaos kaki demi keamanan dan kenyaman. Namun jika teman-teman lupa membawa kaos kaki dari rumah, tenang. Di lokasi Funtopia, panitia juga menjual kaos kaki kok. Ada juga penyewaan sandal hotel jika teman-teman perlu. Setiap sepatu atau sandal bisa disimpan di rak sepatu yang sudah disediakan oleh panitia.

Lepaskan sandal/sepatu sebelum masuk ke arena permainan. Jangan lupa kenakan kaos kaki sebagai pelindung ya.

Sampah juga jangan dibuang sembarangan ya. Soalnya panitia juga sudah menyediakan tempat sampah besar berupa kantong plastik warna hitam yang tersebar di area.

Bermain di arena balon yang bsar dan banyak membuat kami kehabisan energi. Padahal pas berangkat dari rumah sudah kenyang. Tapi rupanya memang permainannya menguras energi. Untunglah di lokasi ada banyak tenant makanan yang berjualan. Dari mulai yang jualan ayam, soto, bakso, sosis bakar, dan lain-lain. Ragam minuman yang dijual juga banyak Dari air putih, kopi, es krim, jus, yogurt, cola, dan lain-lain.

Kami sempat jajan banyak karena emang benar-benar lapar. Beli sosis bakar, magic snack yang bisa mengeluarkan asap di mulut saat snacknya dimakan, es krim, dan berbagai minuman. Hahaha. Puas makan dan puas jajan. Di lokasi untungnya ada juga bangku-bangku dan meja makan yang sengaja disediakan agar para pengunjung bisa makan dengan tenang.

Salah satu truk penjual minuman
Funtopia Balloon Park
Selamat makan

Bermain di luar ruangan seperti ini sungguh menyenangkan sekali. Apalagi anak-anak bisa lepas sejenak dari gadget. Biasanya saat weekend jatah anak-anak main gadget. Tapi kali ini tidak. Anak-anak puas saja ajak main di Funtopia Balloon Park sampai malam. Pas adzan isya berkumandang, kami baru pulang. Itupun tadinya mereka gak mau pulang. Kalau gak dirayu, mereka gak mau pulang.

Saat bermain seperti ini, anak-anak bisa puas bermain dengan fisiknya. Seperti yang disampaikan oleh Tascha Liudmila sebagai penulis buku Screen Time, bahwa orang tua perlu menetapkan batasan yang konsisten dalam penggunaan perangkat digital oleh anak dan menggantikannya dengan aktivitas keluarga. Selayaknya perkembangan fisik dan kepribadian anak, perkembangan kreativitas terkait dengan pola asuh. Artinya peran orang tua sangat penting dan usia prasekolah merupakan rentang usia yang tepat untuk mengembangkan kreativitas anak.



Poin ini juga ditambahkan oleh Mia Lukmanto, sebagai CEO dan founder dari Beyond Screen Production. Menurutnya, saat ini, tren penggunaan gadget sudah tidak memandang usia dan anak usia prasekolah sudah paham teknologi. Artinya, kreativitas orang tua dalam menyediakan kegiatan pengganti screen time anak sangat dibutuhkan karena aktivitas fisik sangat berperan dalam menstimulasi kecerdasan anak. Otak dan daya tahan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik, sehingga pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan pemberian nutrisi.

Sedangkan Christian Suwarna, senior vice president business development dari Traveloka, menguatkan bahwa Traveloka telah menjadi lebih dari sekedar perusahaan teknologi yang menyediakan sarana pemesanan perjalanan secara online. Traveloka juga mendukung kebutuhan gaya hidup penggunanya. Tidak hanya dari sisi kebutuhan traveling, tapi juga seluruh aspek. Mencakup kebutuhan entertainment, seperti aktivitas, rekreasi, konektivitas, kuliner, hingga pertunjukan. Melalui produk Aktivitas & Rekreasi, Traveloka telah bermitra dengan ribuan partner di 327 destinasi domestik dan internasional. Diharapkan dengan kehadiran Funtopia di Traveloka, keluarga Indonesia dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan momen kebersamaan dengan keluarga terutama saat akhir pekan.

Saya pribadi senang banget sih ada alternatif permainan untuk anak seperti Funtopia ini. Tapi diantara teman-teman, adakah yang penasaran siapa sih penyelenggara yang sukses menggelar rangkaian acara Funtopia ini? Ialah Beyond Screen Production yang bekerja sama dengan Traveloka. Biar makin kenal dengan penyelenggaranya, berikut saya coba jelasin ya siapa mereka.

  1. MENGENAL BEYOND SCREEN PRODUCTION

Beyond Screen Production lahir tahun 2015 dan merupakan anak perusahaan dari event organizer Double Tape. Komitmennya adalah membuat alternatif kegiatan yang bermanfaat dan berkesan bagi seluruh anggota keluarga. Filosofinya adalah menghadirkan solusi yang dihadapi oleh para orang tua di era digital ini dengan menyediakan kegiatan yang mengasah kreativitas, kemampuan motorik, sensorik, dan sekaligus menjadi sarana untuk menstimulasi sebagai pengganti screen time anak. Misinya untuk merancang konsep yang sesuai dan dibutuhkan oleh masyarakat.

2. MENGENAL TRAVELOKA

Kenal donk ya dengan Traveloka. Perusahaan berbasis teknologi ini menyediakan produk perjalanan dan gaya hidup dalam satu platform. saya sendiri sudah lama pakai Traveloka ini. Biasanya saya pakai Traveloka buat beli tiket kereta dan pesawat sih. Tapi layanan lainnya masih ada kok seperti aktivitas dan rekreasi, konektivitas, transportasi bandara, bus, rental mobil, hingga kuliner.

Traveloka telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 100 maskapi low – cost loh teman-teman baik domestik maupun internasional. Pilihan rutenya pun banyak. Lebih dari 200.000 rute di Asia Pasifik dan Eropa.

Akses inventori akomodasinya terbesar di Asia Tenggara. Bervariasi dari hotel, apartemen, guest house, homestay, resort dan vila. Pelayanan customer service-nya pun 24 jam. Saat ini Travelokasudah diunduh lebuh dari 40 juta kali. Jadi gak heran ya kalau Traveloka ini populer banget di Asia Tenggara. Lebihjelasnya kita bisa mampir ke websitenya di www.traveloka.com

Selama di acara Funtopia Balloon Park ini juga ada booth Traveloka loh teman-teman. Kalau kita punya aplikasi Traveloka, kita bisa main permainan yang disediakan. Mainnya seperti wheel gitu. Kita cukup tekan tombol Traveloka dan nanti kalau beruntung, kita bisa dapat hadiah. Alhamdulillah aku dapat hadiah voucher Rp 50.000 untuk Aktivitas & Rekreasi di aplikasi Traveloka. Senangnya 🙂

Funtopia Balloon Park
Mainkan games-nya dan dapatkan hadiahnya.

Baiklah teman-teman. Kalau teman-teman ada di sekitaran Bandung, jangan lupa datang ke Prabuwangi Park ya. Mumpung Funtopianya masih buka sampai tanggal 7 Oktober 2018. Alamat lengkap Prabuwangi Park di Jalan Padang Golf nomor 1, Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung. Peta lengkapnya bisa dilihat di gambar di bawah ini ya. Saya jamin teman-teman pasti puas.

Untuk beli tiketnya, teman-teman bisa ke aplikasi Traveloka. Pilih tab Aktivitas dan Rekreasi. Harga tiketnya Rp 50.000 untuk weekday dan Rp 75.000 untuk weekend. Yuk, kapan lagi ke Funtopia, Taman Balon Pertama dan Terbesar di Indonesia. Lihat aja keseruan kami di video di bawah ini.

Selamat bersenang-senang dengan keluarga ya, teman-teman!

More info about Funtopia Balloon Park, bisa cek di Instagram:

@funtopiaballoonpark

@traveloka

@beyondscreenproduction



22 thoughts on “Bermain Seru di Funtopia Balloon Park”

  1. Hai mbak,
    Salam kenal.

    Pertama kali meluncur ke blog mbak nya nih.
    Bandung ini selalu menawarkan wahana menarik yang asik untuk dikunjungi ya mbak. Ku baru sekali ke Bandung dan saat itu belum bisa nyobain keseruannya wahana ini.

  2. Baloooon… Anak2 ima suka banget sama permainan balon. Kadang2 kalo di rumah suka bikin balon banyak2 , sampe rumah penuh. Mereka seneng banget. Apalagi kalo dibawa ke funtopia, yah, pasti betaaaah.

  3. Ya ampuuuun, ini bakal ada di jakarta ato jgn2 udh lewat ga sih?? Anak2ku bisa betah ga mau pulang kalo main di balon2an gini. Sbnrnya di jkt ada bbrp tempat wahana balon raksasa, tp semuabya aku ga sreg mba. Kotor soalnya.. Maklumin aja krn yg adain pasar malam. Berharap kalo traveloka yg adain pasti bersih dan lbh bagus 🙂

    • Hai Mba Fanny. Event yang di Jakarta udahan bulan Agustus kemarin. Next, bulan ini bakalan ada eventnya di Surabaya. Iya Mba, Alhamdulillah tempatnya bersih

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.