Tips Untuk Ibu Menyusui
Health

Agar ASI Bernutrisi, Ini Tips Yang Bisa Diterapkan Ibu Menyusui

“Pesan saya cuma satu Bu, susui bayi Ibu sampai 2 tahun ya!”

Masih terngiang jelas pesan yang disampaikan Ibu Bidan menjelang kepulanganku dari klinik bersalin. Tujuh tahun berlalu sejak aku melahirkan anak pertamaku.

Pentingnya Pemberian ASI bagi Tumbuh Kembang Bayi

Bukan tanpa alasan jika Ibu Bidan menyarankan seperti itu. ASI (Air Susu Ibu) sudah dikenal lama sebagai nutrisi terbaik bayi selama 2 tahun pertama dalam masa pertumbuhannya. Bahkan dalam Al Quran pun disebutkan demikian.



“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS   Luqman: 14).

Tempra

Begitupun dengan ilmuwan modern yang juga sepakat dalam hasil penelitiannya, bahwa ASI memiliki banyak manfaat.

  1. ASI dapat memberikan kekebalan tubuh terhadap berbagai bakteri dan virus.
  2. ASI dapat membantu mengecilkan rahim dan menghentikan pendarahan setelah melahirkan.
  3. Mencegah kehamilan berikutnya (sebagai kontrasepsi alami).
  4. Menyusui dapat merangsang turunnya berat badan Ibu setelah melahirkan.
  5. Menyusui bayi dapat mencegah kanker payudara.
  6. Meningkatkan hubungan psikologis yang baik antara ibu dan anak.
  7. ASI dapat mencerdaskan anak.

ASI Eksklusif perlu diberikan selama 6 bulan pertama. Jangan berikan makanan apapun selama 6 bulan. Hanya ASI saja. Setelah 6 bulan, ASI harus terus diberikan sampai 2 tahun dilengkapi dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI).

tips menyapih anak dengan cinta

Berdasarkan literatur yang aku baca, pada masa 6 bulan pertama ini, bayi belum memiliki enzim pencernaan yang sempurna untuk mencerna makanan atau minuman lain. Hanya ASI yang kandungannya cocok untuk pencernaan bayi.

Dan juga, semua jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sudah bisa dipenuhi dari ASI. Wah, hebat sekali ya ciptaan Allah bernama air susu ini.

Salah satu ciri ASI bernutrisi yaitu ASI memiliki warna kekuningan atau putih pucat, dan memiliki kandungan lemak yang cukup.

Pengalaman Menyusui Ketiga Buah Hatiku




Tujuh tahun terakhir ini, aku aktif sebagai ibu menyusui. Nyaris tanpa jeda. Mulai dari hamil anak pertama di tahun 2013, melahirkan, dan menyusui. Lahir lagi anak kedua tahun 2015, dan menyusul anak ketiga di tahun 2018.

Perjalanan menyusui Akmal, anak pertamaku, Alhamdulillah lancar. Akmal menyusu sampai berusia 2,5 tahun, tepatnya 31 bulan. Begitupun dengan adiknya, Azril (5 tahun), dia menyusu sampai usia 27 bulan.

Saat Azril lahir, Akmal belum mau disapih. Jadi aku sempat mengalami masa menyusui 2 anak sekaligus (tandem nursing). 

Dilema sebenarnya. Si kakak belum mau disapih, tapi adiknya keburu lahir.

Aku konsultasikan dengan dokterku, katanya gak papa. Asal dijaga aja ASI untuk adiknya cukup jumlahnya.

Review Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold
Alhamdulillah lancar mengASI ketiga putraku.

Sekarang tinggal anakku yang bungsu Hegar (21 bulan) yang masih aktif menyusu. Masih ada waktu sekitar 3 bulan lagi sampai saatnya tiba untuk menyapih.

Untungnya, tidak terlalu banyak tantangan selama aku menyusui ketiga buah hatiku. Sehari-hari, aku bekerja dari rumah sehingga hampir 24 jam aku selalu bersama anak. Menyusui pun selalu aku lakukan dengan direct breastfeeding atau menyusui langsung.

Perlunya Dukungan Keluarga dan Lingkungan Demi Suksesnya Menyusui

Memiliki keluarga yang mendukung sepenuhnya pemberian ASI aku anggap sebagai rezeki. Suami, mertua, orang tua, dan juga iparku berperan penting menyukseskan pemberian ASI kepada buah hatiku.



Termasuk saat puasa Ramadhan pun, aku masih menyusui. Walaupun disesuaikan dengan kondisi bayi dan badanku sendiri.

Baca: Pengalaman Menyusui Bayi Saat Bulan Ramadhan

Caraku mengedukasi mereka cukup mudah karena sebelumnya mereka sudah mengetahui betapa pentingnya pemberian ASI di 2 tahun pertama. Aku hanya menambahkan sedikit informasi saja yang aku berikan via buku, media sosial, dan kadang nonton bareng TV atau YouTube dengan tema seputar pemberian ASI Berkualitas.

Tips Sukses Menyusui Bayi

tips sapih anak

Seorang Ibu pada fitrahnya bisa menyusui karena Allah menciptakan janin bisa tumbuh di dalam rahim Ibu beserta dengan nutrisinya. Bahkan ASI sudah mulai disiapkan untuk berproduksi menjelang akhir kehamilan.

Ada beberapa tips yang bisa aku bagikan terutama buat mama muda yang baru pertama kali punya bayi biar lancar memberikan ASI untuk si kecil.

  1. Berprasangka positif

Yakinlah bahwa produksi ASI itu cukup untuk bayi. Dengan memiliki asumsi positif seperti ini tubuh akan merespon untuk mengeluarkan jumlah ASI sesuai dengan kebutuhan bayi.

Selain itu, menyusuilah dengan keras kepala alias tidak putus asa. Jika ada orang lain bilang bahwa ASI kurang, ASI jelek, dan sebagainya, tetaplah teguh untuk menyusui bayi kita.

2. Menyusui setiap 2-3 jam sekali.

Terutama menyusui untuk bayi yang masih dibawah usia 6 bulan. Produksi ASI itu on demand. Dengan sering menyusui/pompa maka produksi ASI otomatis akan meningkat dan makin lama akan lancar menyusui.

Gambar Susu Bayi

3. Breast care atau pijat payudara.

Pijat payudara bisa membantu melancarkan saluran ASI yang tersumbat. Apalagi di awal menyusui karena payudara biasanya akan bengkak. Pijat ringan di area payudara atau kompres dengan air hangat.

4. Mengonsumsi makanan dan minuman bergizi tinggi.

Kandungan nutrisi yang ada dalam ASI diperoleh dari apa yang dimakan sang Ibu. Semakin bergizi makanan dan minuman Ibu, maka semakin bernutrisi ASInya.

Hotel Grand Tjokro
Makanan Lezat

Kalau bisa makanan yang tinggi protein seperti ayam, daging merah, kacang-kacangan. Air putih minimum 8 L/hari, buah dan sayur jangan lupa.

Jangan diet dulu ya teman karena setiap tetesnya ASI begitu penting untuk tumbuh kembang bayi. Ingat penjelasanku di atas ya kalau menyusui bisa juga sebagai diet alami.

5. Cukup istirahat.

Ibu menyusui biasanya kurang istirahat karena ia harus menyusui bayinya dan juga bangun di malam hari setiap 2-3 jam sekali.

obat sakit gigi buat ibu hamil

Supaya bisa istirahat dan busui gak terlalu capek, kalau kita punya dana lebih, bisa alokasikan anggaran untuk ART atau pengasuh. Karena biasanya kalau capek, mood akan jelek, dan produksi ASI bisa drop.

6. Konsumsi suplemen penambah ASI/ASI booster. 

Jika kelima tips di atas sudah dicoba, tapi produksi ASI belum banyak, teman-teman bisa coba makan/minum ASI booster. Saat ini banyak beredar berbagai ASI booster di pasaran. Ada yang berbentuk cookies, teh, minuman, obat dalam bentuk kapsul, tablet, dan lain sebagainya.

Blackmores untuk Ibu MenyusuiAku minum Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold Agar ASI Bernutrisi

Salah satu suplemen yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk penambah kualitas ASInya adalah merek Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold. Untuk lebih memaksimalkan manfaatnya, Blackmores ini bisa dikonsumsi sejak masa kehamilan.

Aku sudah lama dengar bahwa Blackmores bagus untuk ibu menyusui. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold adalah suplemen dengan kandungan lengkap dan mengandung 17 Nutrisi Esensial seperti asam folat, zat besi, tinggi DHA, tinggi Kalsium, vitamin dan mineral lainnya.

Review Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

Dengan kandungannya yang lengkap ini, Blackmores bisa bantu penuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk Buah Hati terutama di 1000 hari pertama pertumbuhannya.

Asam folat dan zat besi yang terkandung di Blackmores PBFG dapat membantu menjaga ibu dari risiko anemia. Kandungan kalsiumnya dapat digunakan untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu.

Review Kandungan Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold
Kandungan Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold

Blackmores PBFG juga mengandung Omega 3/DHA. Namun kandungannya tidak berbau sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi. Selain untuk menunjang pertumbuhan otak dan mata buah hati, Omega 3/DHA penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral dan lemak menjadi lebih baik kadarnya.

Blackmores Pregnancy
Minum Blackmores PBDG 2x Sehari

Blackmores diproduksi oleh Kalbe Blackmores Nutrition. Bentuk suplemennya berupa kapsul. Ukurannya agak besar dibandingkan kapsul biasa. Namun baunya gak amis sama sekali menurutku. Kan biasanya kapsul agak amis-amis gimana ya.

Cara mengonsumsi Blackmores mudah banget ya teman. Aku minum 2x sehari masing-masing 1 kapsul. Diminum setelah makan.

Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold Kapsul
Kapsul Blackmores

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding mendukung World Breastfeeding Week

Sudah taukah teman kalau di bulan Agustus yang lalu ada yang namanya World Breastfeeding Week atau Pekan Menyusui Sedunia. Dirayakannya setiap tanggal 1-7 Agustus.

Review Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold
Blackmores Mendukung World Breastfeeding Week

World Breastfeeding Week adalah bentuk dukungan dunia, terutama dari WHO, UNICEF dan organisasi lain untuk mendorong pemberian ASI dan meningkatkan kesehatan bayi di seluruh dunia dengan melindungi, mempromosikan, dan mendukung program menyusui. Betapa pentingnya menyusui ya sampai-sampai banyak sekali pihak yang mendukung.

Kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation

Berapa Harga Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold
Blackmores Andalan Ibu Hamil dan Menyusui

Salah satu pihak yang mendukung World Breastfeeding Week adalah Blackmores. Dan di tahun 2020 ini, Blackmores sudah bekerjasama dengan Bumi Sehat Foundation.

Bumi Sehat Foundation adalah yayasan nirlaba yang berlokasi di Bali dengan fokus memberikan bantuan layanan kesehatan dan persalinan anak yang berkualitas, sesuai budaya, higienis, layak dan penuh cinta kasih. Didirikan oleh Bidan Robin Lim tahun 1995.

Kerjasama Blackmores dan Yayasan Bumi Sehat
Kerjasama Blackmores dan Yayasan Bumi Sehat

Kalbe Blackmores Nutrition bekerja sama dengan Bumi Sehat Foundation sejak 2017 dengan membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui. Blackmores membagikan sebanyak 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat. Tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua.

Konsumsi Blackmores Pregnancy and BreastFeeding Gold untuk ASI yang Lebih Bernutrisi

Sejak mengetahui bahwa Blackmores memiliki banyak manfaat untuk ibu menyusui dan bayinya, aku juga mengonsumsi Blackmores PBFG ini. Aku mau punya ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa.

Suplemen Menyusui yang bagus
Recommended nih Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

Aku merekomendasikan kepada teman-teman yang saat ini sedang menyusui juga untuk mengonsumi Blackmores Pregnancy and BreastFeeding Gold. Teman-teman yang sedang hamil pun bisa mengonsumsi Blackmores PBFG ini sejak masa kehamilannya supaya manfaatnya lebih maksimal.

Cara Membeli Blackmores PBFG

Produk Blackmores bisa didapatkan di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store ya teman-teman. Atau bisa juga ke website dan akun sosial media Blackmores Indonesia:

Website : https://www.blackmores.co.id/mom-and-baby/

Instagram : @blackmoresid

Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold harganya sebagai berikut:

  • Rp 230.000 isi 60 kapsul
  • Rp 625.000 isi 180 kapsul

Baiklah teman-teman. Itu saja ceritaku tentang pengalamanku agar ASI bernutrisi dan berkualitas tinggi.

Review Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Fold ini juga sudah aku unggah di Youtube. Kalian bisa tonton reviewku di bawah ini:

Semoga bermanfaat ya dan sampai ketemu di tulisan berikutnya.



31 Komentar

  • andiyani achmad

    kecukupan ASI untuk bayi di usia 0 bulan hingga 6 bulan dan terus sampai 1 tahun adalah hak-nya dalam hidup. Makanya sebagai orangtua kita pasti berusaha memaksimalkan produksi ASI dengan menambah asupan nutrisi seperti konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold untuk ibu dan bayi istimewa

  • nurulrahma

    Adek pinteerrrr, energik dan sholeh yaaa
    Semogaaa ibu2 semua juga bisa meng-ASI-hi dengan lancar jaya!
    Dokter SpOG ku juga recommend produk BlackMores ini Mak.

  • nchie hanie

    Nah, Ibu yang sehat duluan yaa, tau kapasitas diri selain itu butuh asupan nutrisi palagi kalo pas menyusui. Btw Hegar 21 bulan, aahh bentar lagi jatah ASI nya.
    Seneng banget kalo lihat baby yang menyusui ASI full 2 tahun, ASI tetep berkualitas karena minum Blackmores ya Mitaaa.

  • Dian Restu Agustina

    Alhamdulillah 3 anak selama 7 tahun proses menyusui lancar jaya ya Mbak..Memang perlu ada tips jitu agar menyusui lancar sesuai harapan. Apalagi ASI yang terbaik dan istimewa untuk buah hati. Maka perlu dilengkapi juga suplemen yang lengkap kandungannya untuk menambah kecukupan nutrisi ibu menyusui seperti Blackmores ini

  • Nanik Nara

    Anak pertama dan kedua, alhamdulillah produksi ASI saya lancar, bahkan berlebih.
    Nah pas anak ketiga, produksi ASI saya sangat kurang, akhirnya harus menyerah dengan menambahkan sufor buat anak ketiga. Seandainya dulu sudah ada dan kenal Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, bisa jadi anak ketiga pun bisa full ASI

      • Lina W. Sasmita

        Alhamdulillah ya Mbak semua anak Mbak bis ASI full 2 tahun. Kalau saya nggak bisa karena memang jadi ibu yang bekerja di luar rumah juga. Paling full hanya 3 bulan saja.

  • Ana Ike

    Dulu pas menyusui suka kelabakan cari makanan apa yang bisa menambah volume ASI. Karena memang nggak deras. Padahal sudah menyusui per 3 jam, pumping juga rutin. Kalau sudah kenal Blackmores sih enak banget ya.
    Mau coba nanti. Semoga segera hamil dan bisa menyusui lagi aamiin

  • Artha

    Menyusui selama 2 th itu ternyata tak semudah bayangan saya, itu yg saya rasakan. Ada banyak kisah, tentang gimana cara menyusui si kecil. Hihi, Alhamdulillah kalau stok ASI lancar jaya karena juga konsumsi suplemen.

  • Alfa Kurnia

    Tipsnya bermanfaat banget buat para busui. Sekarang ilmu dan penunjang menyusui makin lengkap dan mudah didapat. Semoga juga semakin banyak anak dan ibu yang mendapat manfaat dari menyusui.

  • Nunung Yuni

    BlackMorres ini keren banget ya mbak. Aku juga pakai vitamin C nya buat jaga kesehatan tubuh. Ini kalau suplemen buat ibu hamil dan menyusui ngaruh banget yaa

  • Mirna Rahardjo

    aku ini botol ke 3 pake balckmores, emang bagus sih dan dokter emang nyaranin karena udah paket lengkap jadi ga perlu dikasih vitamin tambahan lagi, tip menyusuinya aku udah lakuin juga dan menyusui 2-3 jam sekali itu struggle banget huhuhu

  • Grandys Sofia

    alhamdulillah kali ini hadirnya blackmores ini sangat membantu ya untuk membuat para busui memberikan asi yg bernutrisi untuk anak-anak terkasihnya…sehat-sehat ya mba

  • Uniek Kaswarganti

    Dulu pas punya anak bayik, ASIku selalu kurang maksimal. Mungkin faktor dari asupan gizi yang masuk ke tubuh plus unsur kelelahan. Jaman dahulu masih ngantor, pulang-pulang pasti udah cape banget. Mungkin itu ya sebabnya sehingga ASI tidak bisa banyak. Coba dulu udah ada Blackmores, bisa banget tuh untuk support

  • diane

    Alhamdulillah ya anak-anak ketiga2nya lancar semua dapet ASI nya…Nutrisi tambahan emang diperlukan banget nih sama busui…biar ASInya lancar dan full nutrisi ya…

  • April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    Biasanya yang berhasil sukses menyusui emang ibu2 yang dapat dukungan dari keluarga ya mbak. Oleh krn itu emang sangat penting menyiapkan anggota keluarga lain bahwa kita akan menyusui full sblm si anak lahir. Jd udah gk ada campur tangan soal pemberian asi.
    Yes suplemen jg penting supaya asi berkualitas ya.

  • Milda Ini

    thanks blackmores support mom like you, i am always support mommy who want give ASI for her baby. is not easy loh, i am salute..if they keep fighting do it best.

  • NETI

    Mak, sehat dan energi sekali kelihatannya. Bahagia sekali ya mak bisa memberikan ASI dengan baik pada si buah hati. Tips dalam tulisan ini pastinya sangat bermanfaat bagi ibu dan calon ibu seperti saya. terimakasih sudah berbagi…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.