menstruasi pasca nifas
Health

Cemas Belum Datang Kapan Waktu Haid Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan anak ketiga akhir tahun 2018 lalu, aku cemas dan selalu penasaran kapan waktu haid setelah melahirkan itu akan tiba. Setiap bulan aku deg-degan, apakah sekarang akan datang waktu mentruasi pasca nifas?

Pengalaman waktu melahirkan anak pertama dan kedua, menstruasi setelah melahirkan datang saat bayi usia 8 bulan. Tapi pas anak ketiga ini (Hegar) kok aku tunggu-tunggu mens-nya gak datang-datang ya. Padahal Hegar udah usia 8 bulan juga. Kirain bakalan sama dengan kedua kakaknya.

Hegar masuk usia 9 bulan. Haid juga masih belum datang. Aku masih tunggu sabar sampai 12 bulan. Gak datang juga ituh mens.

mens setelah nifas
Hegar usia 12 bulan

Huhuhu, jujur aku sempat khawatir kenapa aku belum dapat haid setelah nifas. Padahal anakku udah berumur 1 tahun. Takut kalau gak haid, tiba-tiba aku hamil lagi. Cmeas melanda karena bisa saja seorang Ibu hamil walau haid belum datang pasca melahirkan. Walaupun aku udah nyiapin nama bayi, tapi kalau hamil anak ke empat lagi? No.. no.. no.. aku langsung parno ūüėÄ

Aku sampai tanya ke teman-teman di IG story ku kapan waktu normal haid datang setelah teman-temanku ini melahirkan.

Bisa ditebak, jawaban mereka bervariasi. Ada yang langsung dapat haid begitu selesai nifas (rata-rata 40 hari). Ada yang 3 bulan, 8 bulan, 12 bulan, bahkan ada yang sampai 2 tahun. Waaaa.. aku terkejut ada yang sampai 2 tahun gak haid. Total 3 tahun gak haid (2 tahun masa menyusui dan sekitar 9 bulan hamil).

ibu hamil

Penyebab Belum Haid Setelah Melahirkan

Meskipun ini bukan pengalaman pertamaku, tapi aku tetap penasaran kenapa haid belum datang pasca melahirkan anak ketiga padahal bayiku udah 1 tahun. Selain tanya-tanya dengan teman-teman via IG story, aku juga tanya ke beberapa tenaga medis tentang kenapa aku tak kunjung menstruasi setelah melahirkan. Bidan-bidan yang aku kenal semua aku tanyain.

Bahkan aku sempat konsultasi dengan dokter spesialis akupunktur ASI menanyakan masalah haid pasca melahirkan ini. Aku minta ditusuk pakai jarum akupunktur supaya bisa haid. Tapi dokter spesialis akupunktur ini menolak. Beliau tidak bisa melakukan akupunktur untuk memperlancar haidku karena aku masih dalam masa menyusui dan terpengaruh oleh hormon prolaktin dari dalam tubuh.

Semua menjawab bahwa memang setiap wanita membutuhkan waktu yang berbeda untuk mengembalikan siklus tubuhnya menjadi normal lagi. Cara kerja tubuhku bisa saja berbeda dengan ibu lain. Penyebab mengapa belum haid setelah melahirkan, yaitu perubahan hormon. Saat menyusui, tubuh kita mengeluarkan hormon prolaktin. Nah hormon inilah yang berperan menekan aktivitas indung telur di dalam rahim.

Makanya sering disebut bahwa menyusui itu termasuk KB alami. Jadi wajar saja jika haid atau menstruasi datang terlambat. Apalagi kalau kita berikan ASI eksklusif buat bayi.

Gambar Susu Bayi

Kapan Waktu Haid Setelah Melahirkan? Akhirnya Yang Ditunggu Datang Juga

Wohooo, akhirnya yang aku tunggu datang juga.

Lelah menunggu 12 bulan dalam kecemasan, akhirnya haid datang juga di bulan ke 13. Aku senang dan agak nervous juga. Berarti siklus tubuhku sudah kembali normal. Yang artinya aku harus cepat-cepat putuskan pakai KB apa. Sebelum kebobolan lagi. Hiks.

Malam sebelum tamu bulanan datang, badanku tuh rasanya kayak pegal habis angkat beban berat. Udah dipijit sama suami tapi gak sembuh-sembuh. Waktu itu aku belum sadar kalau ternyata itu tuh sinyal dari tubuh.

Paginya pas mau pipis, cek celana dalam kok ada bercak merah. Wah langsung donk ngerasa surpise. Yang ditunggu-tunggu setahun terakhir akhirnya datang juga.

Pengalaman Hamil dan Menyusi Tandem Nursing

 

Haid Tidak Teratur Selama Menyusui

Dari pengalaman menyusui 2 anak sebelumnya, aku biasanya mengalami haid tidak teratur selama menyusui. Kadang haid sebulan sekali. Dua bulan sekali bahkan 3 bulan sekali aku juga pernah.

Penyebab haid tidak teratur selama menyusui ini ya masih ada pengaruhnya dengan si hormon prolaktin tadi. Biasanya siklus haidku akan kembali lancar setelah selesai menyusui.

Ohya, Alhamdulillah aku gak pernah bermasalah dengan siklus haid. Kalau gak lagi menyusui, haid selalu lancar. Datang tepat waktu dengan siklus per 28 hari. Telat dikit dicurigai hamil.

Kolam renang air panas Cipanas Garut

Pakai KB Apa Ya

Makanya kalau menstruasi kacau begini, aku gak bisa pakai KB kalender. Dulu pas anak pertama belum sempat memutuskan pakai KB apa. Pas mau suntik KB pertama kali, malah ketauan aku hamil 4 bulan. Kaget donk! Kirain aku gak haid itu karena menyusui anak pertama eh ternyata malah hamil kedua. Lieur kan!

Baca: Cerita Hamil Anak Kedua

Nah pas anak kedua lahir, aku buru-buru pasang KB IUD. Selesai nifas, langsung ngehubungi bidan langganan kalau aku mau pakai KB IUD. Biar ada jarak juga dan aku bisa lebih fokus merawat 2 anak.

Eh la kok qodarullah KB IUD gagal. 3 tahun pakai KB IUD, aku hamil dengan posisi IUD masih terpasang di dalam rahim.

USG Bayi 2D
Calon Bayi Ketiga ^^

Konsultasi dengan 3 dokter kandungan dan 2 bidan langganan. Tidak ada yang membolehkan untuk copot IUD. Semua menyarankan untuk tetap mempertahankan IUD di dalam rahim. Toh IUD posisinya ada di luar kantong bayi. Jadi aman. Semua tenaga kesehatan yang aku datangi Alhamdulillah bisa meyakinkanku untuk melanjutkan kehamilan ini, meski akunya sendiri agak was-was.

Sekarang anak ketiga udah 13 bulan, menstruasi sudah datang. Tapi aku masih mikir-mikir pakai KB apa. Pengen sih pakai KB IUD lagi soalnya dia non hormonal dan yang paling aman katanya. Tapi gak dipungkiri, aku masih punya rasa trauma. Takut kejadian gagal IUD lagi.

Share donk teman-teman, kalian pakai KB jenis apa dan alasannya ya. Bantu aku, please …. 

5 Komentar

  • Efi Fitriyyah

    Jadi pasca melahirkan bisa selama itu ga mensnya ya? Duh untung aku baca artikel ini. Sebelum skroll ke bawah aku dah bayangin gelisah dan ga nyaman aja ada darah kotor tertahan di rahim ternyata faktor hormonal dan alami, ya. Baik, noted deh siapa tau bermanfaat di masa yang akan datang ūüôā

  • Lina W. Sasmita

    Waaah lama banget ya Mbak sampai 8 hingga 1 tahun nggak haid-haid. Saya malah ngeri takut kenapa-kenapa. Wajar jika cemas dan khawatir.

  • Reisha

    Saya dulu juga baru haid lagi setelah 1 tahun lebih. Tapi emang ga dinanti-nanti juga sih soalnya selama ini si siklus haid ga pernah teratur. Jadi udah pasrah aja kapan dia datangnya, wkwk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.