Menilik Keunggulan dan Kekurangan dari Voucher Pulsa dan Pulsa Elektrik

Menilik Keunggulan dan Kekurangan dari Voucher Pulsa dan Pulsa Elektrik

Pada dewasa ini, masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan telepon genggam atau ponsel sebagai alat untuk berkomunikasi dengan yang lain dibandingkan dengan menggunakan telepon biasa. Hal ini dikarenakan ponsel tersebut dinilai lebih praktis dan juga bersifat personal, jadi hanya pemilik saja yang diperbolehkan untuk memakainya. Selain itu, saat ini ponsel sudah memiliki fungsi lain selain untuk menelepon dan juga mengirim pesan singkat, inilah yang menyebabkan masyarakat semakin tertarik untuk memakai alat elektronik ini. Berbeda dengan telepon yang setelah dipakai baru dibayar, pada ponsel memerlukan pulsa sebelum dipakai. Pulsa sendiri biasanya dijual dalam bentuk voucher pulsa atau elektrik. Berikut ini adalah perbedaan dari kedua cara isi ulang tersebut:



  1. Cara Isi Pulsa

Kedua jenis wujud dari pulsa ini mempunyai cara mengisi yang berbeda. Jika membeli dalam bentuk voucher, kita memang dibuat sedikit repot dengan memasukkan kode voucher tersebut sendiri. Jika tidak mengerti cara mengisinya, kita bisa melihatnya dibagian belakang voucher tersebut, biasanya terdapat penjelasan untuk nomor pengisian dan juga beberapa cara mengisi. Jika membeli yang berbentuk elektrik, kita tidak perlu lagi repot untuk mengisi pulsa. Yang harus dilakukan adalah membeli dan membayar, lalu tunggu sampai pulsa tersebut masuk sendiri ke nomor kita.

2. Bentuk

Bentuk atau wujud dari voucher pulsa dan juga pulsa elektrik sangatlah berbeda satu sama lain. Untuk voucher, bentuknya berupa sebuah kartu berkurang seperti biasa atau yang lebih kecil. kita dapat menemukan tempat yang berisikan kode voucher dan menggosoknya dengan uang koin agar dapat terlihat. Sedangkan pulsa elektrik berupa sebuah pesan singkat atau SMS yang berisikan bahwa pembelian akan pulsa berhasil dan akan ada pesan lain yang mengatakan bahwa pulsa sudah terisi. Wujud yang satu ini tentu tidak dapat kita pegang secara nyata.

3. Tempat Membeli

Meski pun sama-sama berbentuk pulsa, namun ternyata tempat membelinya pun tidak sama. Untuk yang berwujud voucher, kita bisa mendapatkannya di toko penjual pulsa atau toko penjual handphone. Memang biasanya tempat tersebut menyediakan pulsa elektrik juga, namun jika membelinya langsung, masyarakat lebih suka membeli yang berupa voucher. Sedangkan untuk elektrik, selain bisa dibeli di toko pulsa, Anda juga bisa membelinya secara online melalui situs belanja online terpercaya, toko online yang menjual pulsa, aplikasi, dan lain sebagainya. Cara ini pun saat ini lebih banyak digunakan untuk membeli pulsa, karena terbilang mudah dan juga cepat, serta pembayarannya pun tidak akan merepotkan kita.

Selain itu, kedua wujud pulsa ini memiliki keuntungan dan juga kekurangannya masing-masing jika lebih ditelaah. Berikut ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dari pulsa elektrik:

  • Pembeliannya sangat praktis.
  • Pulsa masuk secara otomatis.
  • Dapat dibeli kapan saja dan juga dimana saja jika menggunakan situs jual beli online mau pun memakai aplikasi belanja online terpercaya.
  • Pembayaran mudah dan tersedia beberapa metode pembayaran.
  • Sering terjadi error.
  • Jika salah memasukkan nomor telepon, maka akan hangus.

Setelah melihat kelebihan dan juga kekurangan dari pulsa elektrik, ketahui juga kelebihan serta kekurangan dari memakai voucher pulsa:

  • Harga yang terbilang murah.
  • Pulsa pasti masuk dan prosesnya cepat.
  • Kemungkinan terjadi kesalahan sangat kecil.
  • Jika salah memasukkan kode voucher, Anda bisa memasukkannya lagi.
  • Harus mengisi pulsa secara mandiri.
  • Repot untuk membelinya di luar.
  • Ketergantungan dengan toko pulsa tertentu.

Nah teman-teman lebih suka mengisi pulsa sekarang eletrik atau menggunakan voucher? Cerita donk 🙂

5 thoughts on “Menilik Keunggulan dan Kekurangan dari Voucher Pulsa dan Pulsa Elektrik”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.