Pantai di Purworejo Yang Wajib Dikunjungi

Pantai di Purworejo Yang Wajib Dikunjungi

Pernah jalan-jalan menyusuri pantai selatan Jawa? Yuk coba sekali-kali wisata ke Purworejo. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini terletak di pantai selatan Jawa. Menghadap langsung ke Samudera Hindia, maka tidak heran jika pantai-pantai di Purworejo memiliki pemandangan yang cantik dengan horizon yang luas.

Untuk teman-teman yang barangkali baru pertama kali mampir ke blog ini, Purworejo adalah kabupaten tempat tinggal saya waktu kecil. saya lahir di sana, sekolah dari SD – SMA juga di sana. Baru pindah keluar dari Purworejo saat saya harus mulai kuliah di salah satu perguruan tinggi pertanian di Bogor. Tau kan ya namanya.

Jadi buat saya, Purworejo itu berkesan banget. Orang tua masih tinggal di sana sampai sekarang. Begitupun saudara, sepupu, teman-teman masih banyak yang di wilayah yang berjuluk Kota Pensiun ini.



Ngomongin Purworejo, salah satu ikon wisata yang menarik dari Purworejo adalah pantai. Ini gak heran karena Purworejo memang secara geoggrafis terletak di pinggir selatan pulau Jawa. Garis pantainya sekitar 22 km terbentang dari perbatasan Kebumen sampai ke Jogja. Nah barangkali ada teman-teman yang berencana mau main ke Purworejo, bisa dijadwalkan loh mampir ke beberapa pantai di Purworejo ini.

Berikut ini daftar lima pantai yang wajib kita kunjungi kalau kita sedang berada di sekitar Purworejo, Kebumen, dan Yogyakarta.

  1. Pantai Jetis

Pantai Jetis Purworejo
Senja di Pantai Jetis

Pantai berpasir hitam ini terletak di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini banyak berbenah selama 2 tahun terakhir. Banyak sekali spot foto kekinian yang ada di pantai ini. Selain berfoto, kita juga bisa bermain pasir, menikmati deburan ombak, naik ATV, naik kuda poni, dan juga berburu kepiting yang banyak bersembunyi di balik pasir hitam.

Baca: Senja di Pantai Jetis Purworejo

  1. Pantai Ketawang

Pantai yang terletak di Kecamatan Grabag Purworejo pernah dilupakan orang. Namun saat ini mulai berbenah. Beberapa tahun lalu, di pantai ini banyak dilakukan penambangan pasir. Namun karena daerah-daerah pantai di sekitarnya berbenah, Pantai Ketawang pun turut berbenah agar wisatawan banyak berdatangan.

  1. Pantai Keburuhan

Pantai Keburuhan Purworejo
Jajaran cemara laut yang bisa dimanfaatkan untuk berteduh

Pasir di pantai ini sama dengan pantai-pantai lain di Purworejo, hitam dan mengkilap. Khas pasir pantai karena letusan gunung tektonik. Yang menjadi khas dari pantai ini adalah jajaran pohon cemara lautnya yang indah. Tajuknya lumayan teduh untuk berlindung saat matahari mulai terik bersinar.

  1. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tempat parkir yang luas, warung-warung yang menjajakan kuliner makanan laut, serta ada tempat pelelangan ikan. Pengunjung bisa membeli ikan segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan lokal. Jangan kuatir dengan harganya. Karena cukup terjangkau kok.

  1. Pantai Hutan Mangrove Jembatan Api-Api (MJAA)

pantai mangrove jembatan api api Kulon Progo Jogjakarta
Pantai Mangrove Jembatan Api-Api

Tempat wisata ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Seperti Pantai Jetis, pantai MJAA ini juga memiliki banyak spot foto kekinian.

Untuk bisa masuk ke objek wisata unik ini, hanya mengeluarkan tiket Rp 5.000/00 per orang dewasa. Untuk anak-anak dan bayi gratis.

Salah satu yang unik dari MJAA adalah jembatan api-apinya. Terbuat dari bambu yang disusun dan ditali sedemikian rupa sehingga jembatan ini bisa menghubungkan daratan dan hutan mangrove di sisi pantai. Jadi sebelum masuk ke pantainya, kita perlu meniti jembatan ini sebentar, lalu masuk ke hutan mangrove, baru deh sampai ke pantainya. Cantik sekali.

Baca: Main ke Pantai Hutan Mangrove Jembatan Api-Api

Untuk menuju wisata Indonesia berupa pantai-pantai cantik di Purworejo ini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika teman-teman dari luar kota, ada satu stasiun besar di Purworejo yang bisa kita manfaatkan. Namanya Stasiun Kutoarjo.ย Dari Stasiun Kutoarjo, teman-teman bisa menyewa mobil atau motor menuju pantai-pantai ini.

Tiket kereta api menuju Stasiun Kutoarjo, bisa kita beli melalui situs atau aplikasi travel. Kita tinggal menentukan dari mana stasiun keberangkatan kita dan kapan mau berangkat menuju Stasiun Kutoarjo-nya. Kita bisa pesan tiket kereta api untuk sekali pergi ataupun tiket bolak-balik sekalian. Mudah ya caranya.

Baca:ย Tip Mudik Lebaran Bersama Bayi dan Balita Menggunakan Kereta Api

Kalau saya sendiri biasanya main ke pantai di Purworejo ini sekalian pas mudik nengok orang tua. Biasanya selalu disempatkan main ke pantai. Soalnya kalau sudah di Bandung kan jauh tuh kalau mau main ke pantai. Makanya, mumpung lagi di Purworejo, dimanfaatkan buat main ke pantai.

Baca:ย Tip Mudik Bersama Bayi dan Balita Menggunakan Mobil

pantai mangrove jembatan api api Kulon Progo Jogjakarta
Akmal main pasir di pantai

Anak-anak seneng banget kalau udah mainan pasir dan kejar-kejaran di pantai. Seolah tidak mau berhenti. Baru mau berhenti kalau sudah menjelang magrib dan saatnya pulang.

Pergi berwisata menikmati pantai seperti ini, enaknya kita pergi bareng dengan rombongan. Bisa dengan teman-teman ataupun keluarga. Namun jika teman-teman ingin menikmati sendiri, juga tidak ada salahnya kok. Barangkali ingin menikmati kesendirian sambil bermuhasabah. ๐Ÿ˜€

Jadi gimana teman-teman, sudah siapkah menikmati indahnya pantai selatan Jawa dengan berkunjung ke pantai di Purworejo? Yuk kita eksplorasi wisata lokal kita. Biarkan dunia tahu bahwa Indonesia itu cantik sekali. Ayo dolan!



19 thoughts on “Pantai di Purworejo Yang Wajib Dikunjungi”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.