Pengalaman Menggunakan BPJS

Pengalaman Menggunakan BPJS

Berawal dari blogpost saya sebelumnya tentang melahirkan dengan bantuan BPJS, saya kemudian membuat status mengenai tulisan saya ini di Facebook. Alhamdulillah banyak yang menanggapi dengan respon positif. Ada beberapa rekan saya yang kemudian berbagi pengalamannya kepada saya, baik pengalaman pribadi maupun pengalaman dari saudara atau tetangganya.

Ini saya copy-kan ya respon dari teman-teman Facebook saya. Sayang kalau berita bagus tentang BPJS ini tidak disebarkan. Mungkin ada yang sedang mencari informasi mengenai pengalaman menggunakan BPJS, semoga informasi ini membantu ya. Lebih baik menebar berita baik bukan, daripada menebarkan berita yang belum jelas kebenarannya alias hoax.

Iya mba BPJS memang sangat membantu. Aku nggak ngeluarin 1 rupiah pun pas ngelahirin kemarin padahal di RS swasta. Alhamdulillah… Jam 2 malam masuk RS soalnya ketuban udah keluar duluan mba. Sampai jam 6 pagi baru bukaan 2, akhirnya induksi dan Rara lahir jm 8.40, normal. Nginep di RS 3 hari, dapat kelas 1 gak bayar sama sekali πŸ™‚ – Dian Hapsari Eka Putri (Ibu dari seorang anak)

Bapak saya juga pakai BPJS PNS bukan BPJS yang iuran sendiri, operasi jantung pemasangan ring sampai 2x, operasi gratisss. Cuma obatnya, dibilang obat BPJS habis jadi pakai non BPJS deh bayarnya. Lumayan banget. – Lidya Sofianti

Tetanggaku di rumah sakit berhari-hari sampai lahiran gratis tuh. – Noer Hastuti dari Purworejo

Saya SC anak kedua gratis dengan BPJS mbak.., di rumah sakit swasta. Gratis tis sejak kontrol pertama. Pelayanan juga bagus, hanya saja namanya BPJS apa2 diminimalis. RS SariAasih Serang – Rahmah Utaminarsih dari Serang

Oia, mamah kan sudah 2 tahun tervonis gagal ginjal, sudah 2 tahun juga menjalani cuci darah. Alhamdulillah mamah itu PNS, alhamdulillah biaya cuci darah sejak awal ditanggung BPJS. Awalnya masih bernama ASKES, mamah cukup bayar Rp.50.000 per cuci darah. Sejak berubah jadi BPJS, alhamdulillah malah ditanggung full. Mamah cuci darah 2x dalam seminggu, biaya cuci darah kalau tanpa BPJS itu Rp.750.000,- Febrina Yusvan Wardani, ibu dari dua orang putri, Bogor

Dari cerita sesama pasien kanker anak dan kelainan darah lain yang kebetulan sekamar. BPJS bantu banget nget..bayangin yang harusnya ngeluarin jutaan per bulan bisa gratis. Alhamdulilah bgt. Aku baru pakai sekali karena one day care ga ditanggung sama asuransi kantorku. Alhamdulilah.. Dita Fitriarini, Purwakarta

Itulah beberapa cerita teman saya mengenai pengalaman mereka menggunakan BPJS. Saya dan keluarga sendiri juga punya pengalaman saat menggunakan asuransi BPJS ini.

Bapak sesaat sebelum operasi mata
Bapak sesaat sebelum operasi mata

Bapak saya kan menderita glaukoma di mata kirinya yang menyebabkan kebutaan. Sekitar 75% dari mata kirinya sudah tidak bisa melihat. Untuk mencegah parahnya tingkat kebutaan, kami dan keluarga memutuskan untuk operasi saja di RS Mata Cicendo Bandung. Bapak adalah pensiunan PNS jadi BPJSnya bukan termasuk BPJS yang bayar iuran sendiri, tapi dipotong dari pensiunan beliau. Kontrol dan operasi semuanya menggunakan layanan dari BPJS. Alhamdulillah pelayanannya bagus, tapi ya memang antrinya panjang banget. Antri dari mulai pendaftara sampai ambil obat di apotek. Bahkan jadwal operasipun harus antri. Harus punya stok sabar yang banyak karena pasiennya berjubel. Maklumlah, namanya juga gratisan ya.

Pas sudah dinyatakan kondisi Bapak lebih baik dan boleh pulang pulang dari RS, saya dapat cerita dari Mama kalau tagihan operasi glaukomanya sekitar 11 juta. Alhamdulillah Bapak tidak bayar segitu banyak. Cuma keluar sekitar 75 ribu rupiah untuk menebus obat yang habis di apotek BPJS rumah sakit. Jadi kami harus beli obatnya di apotek luar.

Alhamdulillah, BPJS banyak membantu keluarga saya dan teman-teman. Terimakasih ya BPJS. Terus tingkatkan pelayanannya. Jika ada yang kurang, bisa diperbaiki supaya konsumen semakin puas.

Tulisan ini bukan tulisan berbayar ya, semata-mata hanya ingin berbagi mengenai pengalaman menggunakan BPJS. Mari menebar kebaikan di bulan Ramadhan ini.

Comments

  1. kornelius says:

    BPJS, banyak manfaatnya tetapi untuk pelayanan sepertinya masih jauh dari kurang,,, bahkan beberapa pasien yang menggunakan BPJS dipersulit administrasinya,,, mulai dari kamar yang habis, dokter yang alakadarnya,,,

    Semoga BPJS lebih dapat meningkatkan pelayanan yang sudah ada πŸ™‚

    1. Semoga BPJS terus memperbaiki diri ya Pak dan semakin bisa diandalkan oleh pemakainya..

  2. Saya juga merasakan manfaat BPJS, ceritanya ada di sini
    http://raniyulianty.com/2015/07/saat-darurat-kartu-bpjs-bermanfaat/

    1. Alhamdulillah, banyak yang terbantu. Oke, nanti mampir ya Mak.

  3. Pakde saya masuk rs gegara serangan stroke Alhamdulillah juga gratis pake BPJS mandiri

    1. Alhamdulillah, jadi tidak mengeluarkan uang ya Mak.

  4. evisrirezeki says:

    Saya juga pengguna BPJS dan mendapat banyak manfaatnya ^_^

    1. Alhamdulillah ya Mak kalau banyak manfaatnya.

  5. Aku juga ngerasain manfaatnya pas suami operasi cabut gigi kemarin. Cuma BPJS ada syarat dan ketentuan berlaku, misal, sehari untuk rontgen ahanya bisa skali, padahal sebelum operasi cabut gigi harus beberapa kali ronsen priksa ke dolter penyakit dalam segala, jadi gabisa sehari beres

    1. Oh gitu ya Mak, aku malah baru tau.. tetep ada plafonnya ya..

  6. diah siregar says:

    saya rasa,kebijakan apapun pastinya niat awalnya bagus. hanya saja mungkin saat dijalankan ke masyarakat, orang-orang yang menjalankan ini yang berpengaruh apakah kebijakan itu jadi bagus atau tidak di mata publik. misalnya saja perawatnya yang tidak ramah, dokter yang kerjanya setengah hati dll πŸ™‚

    1. Betul, memang harus bagus dari hulu sampai hilirnya ya Mba.

  7. ayunovanti says:

    Halo mbak, saya sih belum pernah ngerasain manfaatnya BPJS, tapi punya rencana mau gunain BPJS pas melahirkan nanti dan harus bnyk cari info ni, karena gak semua Rs terima BPJS dan kemungkinan lahir cesar, kira2 klo lahir cesar di cover gak ya? Mungkin bisa share mbak klo ada yg punya pengalaman melahirkan cesar. Makasih mbak

    1. Bisa Mba, lahiran sesar dengan ditanggung oleh BPJS, asal ada rujukan atau karena kegawatan.

  8. Sekar says:

    BPJS jadi semacam asuransi kesehatan bukan sih Bu? Saya kok ngerasanya gitu ya. Misalkan nih, saya meninggal dan di tabungan BPJS yang dibayar tiap bulan itu masih ada sisa 5 juta. Itu kan nggak bisa diambil. Agaknya, sedikit bikin rugi. Tapi kalau untuk meringankan biaya pas sakit berat atau melahirkan, itu sangat membantu. Meskipun saya setuju soal pelayanan yang masih kurang oke.

    Oh ya, dengar-dengar tahun 2017 nanti, BPJS akan diwajibkan untuk seluruh penduduk Indonesia ya Bu? betulkah?

    1. Ya, BPJS membantu meringankan biaya berobat. Untuk pelayanan yang kurang oke, mari sama-sama memberi masukan dan berdoa agar BPJS semakin baik. Betul, nanti BPJS adalah wajib untuk penduduk Indonesia.

  9. adi pradana says:

    Alhamdulillah, jika BPJS ada manfaatnya. Jangan yang negatif2 yang di share ya mbak. Pikiran positif menghasilkan aura positif… khususnya untuk kesehatan. Kalau kita pikir negatif2 mulu berarti kita juga lagi sakit, perlu berobat pakai BPJS. hehehe. Komen ngawur.

    1. Iya, betul.. alhamdulillah BPJS banyak manfaatnya. Memang kudu prasangka positif sama BPJS, kalau ada yg kurang harus sama sama diperbaiki.

  10. […] juga: cerita tentang Pengalaman Menggunakan BPJS yang dirasakan oleh teman-teman […]

  11. evrinasp says:

    ikut BPS juga nis via Askes, udah pernah make waktu Alfi akit, ga apa2 ikut iuran aku mah, tapi aku gak mau sakitnya hehe

    1. betul kak, nanti dipakai lagi pas hamil + melahirkan adiknya Alfi. Selain itu, jaga kesehatan biar gak sakit πŸ™‚

  12. rinsa says:

    mbak armit KALU UNTUK PASNG RING JANTUNG RS DI JAKARTA YG TERIMA BPJS DIMANA YA?DAN APA AZA SYARATNYA ..MOHON BANTUAN INFONYA..MKS

    1. Kalau itu saya kurang tau, maaf ya mba..

  13. Atika sari says:

    Mit, 2 mggu yg lalu asma aku kambuh, dibawa ke igd rs Hermina Bogor, masuk icu 3 hari di ruang perawatan 2 hari menggunkan bpjs, alhamdulillah pelayanan mereka sangat bagus… Malahan setelah sdh di rumah , perawat tlp saya mengingatkan jgn lupa untuk kontrol kembali dan mereka sudah mendaftarkan, salut untuk manajemen Hermina Bogor..

    1. Mba atik, alhamdulillah ya BPJS banyak memberikan bantuan. Skrg gimana kondisi Mba atik?

  14. Ria Happy says:

    Hi mba, aku mau tanya. Aku kn rencana mau melahirkan normal di bidan tp seandainya ada tindakan utk operasi brarti harus di rujuk ke rumah sakit yg melayani Bpjs. Tp apakah benar Bpjs hnya bisa dipakai per wilayah? Saya daftar Bpjs lwat kantor suami di tebet, tapi rumah saya di bekasi. Apa bisa di rujuk di rumah sakit sekitar bekasi mba? Mohon penjelasannya. Terimakasih mba

    1. Coba langsung tanya ke bidannya ya Mba. Harusnya bisa ya..

  15. denisdk says:

    Bpjs Mirip main Kartu, untung bila darurat, rugi bila hanya biasa saja, misal Kalau lahiran Normal cuma 600ribu dicover n itung 9 x 42.500 kelas dua berapa? Lahiran normal diluar Bpjs 1.1 juta kira2 jadi nambah 500 ribu tambah 9 x 42.500 sama saja kayak nabung, diluar dari penyakit lain (yg mo ngarep)

  16. denisdk says:

    Bpjs Mirip main Kartu, untung bila darurat, rugi bila hanya biasa saja, misal Kalau lahiran Normal cuma 600ribu dicover n itung 9 x 42.500 kelas dua berapa? Lahiran normal diluar Bpjs 1.1 juta kira2 jadi nambah 500 ribu tambah 9 x 42.500 sama saja kayak nabung, diluar dari penyakit lain (yg mo ngarep)))))))

    1. Semoga kita sehat terus dan dijauhkan dari sakit ya Mas..

  17. nina hayati says:

    Sy ….punya kista hrs d oprasi ..sy mau pake bpjs apakah bisa ke rs yg lain mksudnya d luar rs yg d rujuk bpjs …

    1. Biasanya dengan rumah sakit yang kerjasama dengan BPJS ya Bu.

  18. Smart People says:

    Tidak ada seorangpun mungkin mohon maaf ‘Yang Kuasa’ yang bisa memberikan pertanggungan di atas 5Miliar sampai unlimited selain BPJS Kesehatan. Bapak/Ibu wajib menggunakan BPJS bila Bapak/Ibu smart. Saya punya pengalaman bila kita terkena penyakit kritis, maaf mungkin berbulan-bulan atau tahunan di rawat dirumah sakit, siapa yang mau menolong Bapak/Ibu? Rasanya mau kiamat atau pengen mati jadi tapi tidak mati juga heuheu. Berdoa iya, tapi itu saja tidak cukup tanpa usaha nyata. Ikut BPJS berarti menolong sesama dan diri Bapak/Ibu sendiri. Jangan pikir untung rugi karena ini adalah gotong royong prinsip bangsa Indonesia.

  19. varianti says:

    Maaf mba saya mau tanya ibu saya mau oprasi . Beliau punya penyakit hernia , sudah sekitar 8 bulan ikut bpjs mandiri kelas satu .. apa sudah bisa ditanggung bpjs ?

    1. Seharusnya bisa ya

  20. Nur Hidayat says:

    Mba mita mau nanya, rencana saya mau bawa anak saya periksa ke dokter di rumah sakit swasta, kalau ingin menggunakan BPJS syaratnya apa saja ya mba?
    Trims sebelumnya.

    1. Bawa rujukan dari faskes 1 dan bawa kartu bpjs nya ya Bu.

      1. Nur Hidayat says:

        Aku cowo mba..hehehh…Satu lg mba kalo di RS Hermian Bogor untuk kedokter spesialis kira2 bisa ditanggung BPJS ngga ya mba?

        1. Kalau ada rujukan bisa Pak =)

  21. Saya baru saja di Rawat Oprasi Alhamdulilah gratis.
    cuma pelayanan agak sedikit berbeda padahal saya di potong tiap bulan untuk pembayaran BPJS
    semoga kedepan nya lebih baik

    1. Bedanya bagaimana ya?

  22. Christin says:

    Mbak,aku mau tanya aku kan pnya pnyakit ginjal ya skrg lg kambuh bengkak gitu klo mau brobat kers lgsg mke bpjs bisa ga ya?

    1. Harus ada rujukan.

  23. diah says:

    Iya mba BPJS memang sangat membantu. Aku nggak ngeluarin 1 rupiah pun pas ngelahirin kemarin padahal di RS swasta. Alhamdulillah… Jam 2 malam masuk RS soalnya ketuban udah keluar duluan mba. Sampai jam 6 pagi baru bukaan 2, akhirnya induksi dan Rara lahir jm 8.40, normal. Nginep di RS 3 hari, dapat kelas 1 gak bayar sama sekali πŸ™‚ – Dian Hapsari Eka Putri (Ibu dari seorang anak)

    Mba,itu caranya melahirkan normal di RS dengan BPJS gimana ya? saya kirain cuma lahiran sesar aja yang bisa di RS yang ditanggung BPJS,,

    1. harus ada rujukan dari faskes 1 Bu.

  24. Lulu says:

    Mbak..mau tanya .. posisi saya di Malang … ayah saya didiagnosa menderita glaukoma,selama ini kontrol 1 bukan sekali di rumah sakit khusus mata (non bpjs),singkat cerita u/ mengatasi tekanan mata yg tidak turun sekarang dokter menyarankan operasi sebelum terlambat ..
    Kartu anggota bpjs sudah ada , apa yg harus dilakukan sekarang? Saya ke dokter umum u/ meminta Surat rujukan , Surat rujukan saya bawa ke rumah sakit khusus mata-non bpjs (apakah mereka mau melakukan operasi u/ pasien bpjs???) … atau saya harus ke rumah sakit yg bekerjasama dengan bpjs mencari dokter baru,melakukan pemeriksaan dari awal,baru dilakukan operasi? … mohon sharing pengalamannya .. tq

    1. Minta surat rujukan dari faskes pertama dulu Mbak. Terus ke RS/dokter tersebut minta surat rujukan operasi. Tempat operasinya di RS yang bekerja sama dengan BPJS. Semoga membantu ya.
      Semoga ayahnya lekas sembuh ya.

  25. krisan says:

    Halo mbak, senang sekali baca cerita mbak tentang ayah mbak yg sukses OP nya di bantu dengan BPJS.
    Oya mba, saya mau tanya, sebaiknya datang untuk proses antrian dengan memakai BPJS jam berapa ya ke Cicendo nya? Waktu itu mba berapa lama?
    Saya sih ga masalah untuk mengantri, cuma ingin mendapatkan info nya sebaiknya datang jam berapa ke sana nya hehe. Hatur nuhun..

    1. Pagi banget Mbak, antrean sudah buka jam 06.30 pagi πŸ™‚

      1. krisan says:

        Oh kalau begitu sebaiknya lebih pagi dari itu ya, supaya dapat nomor antrian ga terlalu besar. Baiklah kalau begitu, hatur nuhun info nya.

        1. Iya, betul. Sama sama πŸ™‚

  26. Kurang keren apa coba kita, belum sakit aja udah bayar iuran hehehe…

  27. raisyha03 says:

    Aku lebih suka bpjsku gak kepake,biarpun tetep bayar rutin perbulannya.Yang namanya sakit biar kata berobat gratis tetep aja gak enak.Dan semogalah sehat selalu.

    Gak perlu merasa rugi toh,gak nyampe cepe/gocap perbulannya juga.Itung2 buat dukung program pemerintah,bantu mereka yang sakit,Dan buat jaga jaga juga.

  28. amyzet says:

    Saya pernah pake BPJS, alhamdulillah emang gratis ya. πŸ™‚

    1. Iya My, kita bayar iuran bulanannya aja

  29. […] Baca: Pengalaman Menggunakan BPJS […]

  30. yudi says:

    hai kak.persyaratan pakai bpjs itu apa aja kak..soalnya saya baru mau mrujuk orang tua saya operasi mata katarak

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *