Pengalaman Merawat Anak yang Mengalami Patah Tulang

Pengalaman Merawat Anak yang Mengalami Patah Tulang

Pengalaman Merawat Anak yang Mengalami Patah Tulang [Ads]. Pertengahan bulan Oktober kemarin, sebuah musibah menimpa keluarga kami. Anak kedua kami (Azril 3,5 tahun), jatuh saat berlari-lari di tempat parkir. Lokasi tempat parkirnya terbuat dari paving block dan memang permukaannya tidak rata. Sepertinya Azril terantuk salah satu paving block yang mencuat ke atas dan ia terjatuh. Posisi terjatuhnya, ia tertelungkup ke bawah.

Saya yang saat itu berada tidak jauh dari Azril langsung berusaha menolongnya bangun karena ia terus menangis dan merintih kesakitan. Biasanya, jika jatuh ia akan langsung bangun sendiri dan kembali ceria bermain. Namun pagi itu kondisinya berbeda. Ia masih terlihat lesu dan kurang bergairah. Ia tidak mau turun dari gendongan suami. Suami bilang, ini kemungkinan tangannya bagian bawah patah karena seperti ada yang terlihat menonjol keluar.

patah tulang pada anak
Azril terlihat lesu

Sorenya, kami membawa ke sebuah tempat pengobatan alternatif patah tulang di Bandung. Dan benar, menurut praktisi patah tulang tersebut, tulang tangan kiri bagian bawah Azril patah. Oleh sang praktisi, tangan Azril dibalut secara tradisional dengan perban.

Untuk meyakinkan kondisi patah tulang pada anak kami seperti apa, kami bawa ia ke klinik terdekat untuk dirontgen. Hasil foto rontgen menunjukkan bahwa tangan kiri Azril bagian bawah patah jadi dua. Alhamdulillah kondisi patahnya rapih dan kata radiolognya semoga nanti bisa tersambung sempurna dan simetris.

Masih belum puas, hari berikutnya, ia kami bawa ke dokter spesialis tulang/orthopedi. Kami ingin berkonsultasi langsung gimana kondisi tangan yang patah punya Azril. Terus terang saya cukup khawatir dengan kondisinya. Saya sebelumnya tidak punya pengalaman apa-apa menghadapi kejadian patah tulang pada anak seperti ini. Berharap dengan berkonsultasi ke ahlinya, saya mendapat pencerahan dan bisa yakin dengan tindakan apa yang harus kami lakukan setelahnya.

Dokter spesialis tulang di Bandung yang kami datangi memeriksa hasil rontgen dan juga melakukan tindakan pemeriksaan langsung padatangan kiri Azril. Dari hasil pemeriksaan tersebut, dokter menyimpulkan bahwa kondisi Azril baik. Terbukti ia mampu menggerakkan jari-jari tangan kirinya. Ia juga mampu mengangkat tangannya ke atas tanpa ada rasa nyeri.

Tangan Azril tidak perlu digips, bisa dengan dibalut biasa. Namun harus dengan pengawasan ekstra ketat. Ia tidak boleh jatuh lagi karena takutnya tulang yang patah bergeser dan hasil sambungannya tidak simetris.

Anak patah tulang
Kondisi Patah Tulang di Tangan Kiri Azril

Sekitar 3 minggu setelah periksa ini, kami dijadwalkan lagi untuk rontgen. Orthopedi memberikan kami surah rujukan rontgen. Semoga dalam waktu 3 minggu ini sudah ada serabut-serabut tulang yang tumbuh.

Dokter spesialis tulang ini meyakinkan kami bahwa kami tidak perlu khawatir. Memang suka ada aja kejadian patah tulang pada anak karena anak-anak sudah kodratnya sangat aktif dan terkadang jatuh saat ia bermain yang mengakibatkan tulangnya patah.

Sebelum pulang, kami juga diresepi dengan obat yang harus ditebus di apotek rumah sakit. Obat tersebut berisi multivitamin dan kalsium yang dapat membantu penyembuhan patah tulang pada anak. Obatnya berbentuk sirup yang bisa diminumkan sehari satu kali.

Keluar dari ruangan dokter, saya merasa sedikit lebih lega. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan karena Insya Allah dalam waktu 1 – 1,5 bulan tulang Azril bisa nyambung lagi. Dalam waktu 3 bulan juga Insya Allah bisa kuat dan ia bisa kembali beraktivitas normal. Ini karena Azril masih kecil (3,5 tahun) dan ia dalam masa pertumbuhan.

Perawatan Patah Tulang Pada Anak

Saat masa perawatan pasca mengalami patah tulang, Azril memang saya awasi betul-betul. Sementara ia tidak boleh bermain-main terlalu ekstrim. Main sepeda, berenang, dan lari-lari tidak boleh dulu sampai ia sembuh. Alhamdulillah ia masih mau menurut. Tapi namanya juga anak-anak ya. Ia masih aktif aja ke sana kemari. Loncat-loncat di kasur dan kalau lupa, ia lari-larian sama Akmal, kakaknya. Kalau sudah begini, saya yang merasa khawatir. Takut ia jatuh dan tulangnya bergeser.

Selain mengawasinya saat ia bermain, saya juga berusaha rutin meminumkan obat yang diberikan oleh orthopedi. Memberikan asupan makanan yang bergizi dan tidak lupa minum susu. Saya percaya bahwa susu adalah salah satu sumber kalsium yang dibutuhkan oleh tulang anak dan bisa membantu Azril memulihkan kondisi paska mengalami patah tulang.

Bebelac Gold, Susu untuk Azril yang Mengalami Patah Tulang

Belakangan ini, Azril mengonsumsi susu untuk patah tulang anak yaitu Bebelac Gold dari Nutricia. Ia memilih yang rasa madu. Selain mengandung madu, Bebelac Gold juga tinggi serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak untuk dukung perut si kecil agar bisa hasilkan 7 kehebatan perut. Dalam Bebelac Gold juga mengandung 30% kalsium yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan Azril.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran cerna yangsehat dapat memberikan 7 Kehebatan sebagai berikut (disarikan dari https://bebeclub.co.id/7kehebatanperut):

1. Pencernaan Nyaman

Saluran pencernaan yang nyaman berarti saluran cerna pada anak bisa berfungsi dengan baik. Bisa menyerap makanan sehingga berguna bagi pertahanan tubuhnya dan toleransi terhadap makanan yang dikonsumsi. Jika saluran pencernaan tidak nyaman, anak akan rewel, menangis, muntah, bahkan gangguan defekasi.

patah tulang pada anak

2. Penyerapan Nutrisi

Pada usia 6 bulan ke atas, bayi sudah siap mencerna makanan padat secara lengkap. Untuk itu, penting sekali memilih makanan yang padat nutrisi dan mudah diserap untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Pada usia ini, sistem saluran pencernaan anak mengalami perubahan pesat sesuai kematangan fungsinya agar siap menghasilkan berbagai enzim untuk mencerna makanan.

3. Pencernaan Lancar

Salah satu tanda pencernaan yang lancar pada anak adalah pola buang air besar (BAB) yang sesuai dengan usianya. Pola BAB anak dipengaruhi oleh faktor organik (fungsi organ dan sistem syaraf), pola makan, dan usia. Anak yang memiliki kebiasaan makan yang cukup serat akan memperlihatkan pola BAB yang lebih baik.

patah tulang pada anak

4. Perlindungan Alami

Sekitar 70% sel daya tahan tubuh terdapat di saluran cerna dimana fungsinya dipengaruhi oleh keberadaan makanan dan mikroorganisme di dalam saluran cerna. Sebagai perlindungan alami, saluran cerna dapat melindungi anak dari serangan bakteri, virus, parasit dan lain-lain.

5. Tumbuh Kembang Optimal

Saluran cerna yang sehat akan mencerna dan menyerap nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, melindungi anak dari infeksi, dan berinteraksi dengan otak.

patah tulang pada anak

6. Cepat Tanggap

Sistem syaraf pada saluran cerna sangat banyak sehingga sering disebut sebagai otak kedua sehingga dapat mempengaruhi kecepatan otak dalam memberikan respon terhadap rangsangan yang diterima.

7. Menjaga Suasana Hati

Sebanyak 95% hormon serotoni (hormon yang mengatur suasana hati, selera makan, tidur, dan ingatan) ditemukan di dalam saluran cerna sehingga dapat mempengaruhi pengiriman sinyal dari saluran cerna ke otak dan memengaruhi kondisi mental, emosional, dan kognitif.

merawat anak yang patah tulang

Mengetahui bahwa Bebelac Gold ini mengandung tinggi serat yang baik untuk pertumbuhan Azril, saya jadi semangat menyiapkan susu untuknya. Pertama kali melihat susu Bebelac Gold ini Azrilbersemangat. Karena warna kemasannya yang menarik, kuning tumerik dan berkilau seperti emas.

“Yeaaay, yeaaay, yeaaay! Mau minum susu!” Seru Azril.

Hari ini tepat satu bulan setelah kejadian patah tulang itu. Hasil rontgen menunjukkan bahwa sudah terbentuk jaringan tulang lunak pada tangan Azril yang patah (lihat gambar di bawah ini). Alhamdulillah. Tidak sia-sia sebulan melakukan penjagaan ekstra terhadap Azril. Memberikan vitamin, obat, makanan, dan juga susu. Terasa manfaatnya.

patah tulang pada anak
Kondisi tangan Azril setelah 1 bulan, sudah ada sambungan tulang lunaknya

Perawatan ekstra tetap harus dilakukan. Minum vitamin, susu, dan konsumsi makanan bergizi juga masih dilanjutkan karena jaringan tulangnya masih lunak. Belum mengeras tulangnya. Masih ada beberapa bagian tulang yang belum menyatu dengan sempurna sehingga ketika disinar/rontgen, masih terlihat ada bekas patahannya.

Azril juga tetap harus diawasi saat bermain. Dijaga jangan sampai jatuh lagi karena jika jatuh terlalu keras atau menekan dengan keras, tangannya bisa bergeser lagi. Pemeriksaan dengan sinar – x/rontgen dilakukan 2 bulan yang akan datang. Nanti bisa dilihat perkembangannya tulangnya bagaimana. Diharapkan 2 bulan nanti, jaringan lunaknya sudah mengeras dan bekas tulang yang patah sudah menyambung dengan sempurna.

patah tulang pada anak
Semangat!

Bagi teman-teman yang barangkali tengah menghadapi cobaan karena anaknya mengalami patah tulang, tetap tenang dan jangan bersedih ya. Lakukan tindakan terbaik, bawa berobat, rawat dengan penuh cinta. Sediakan makanan dan minuman yang bergizi. Obat/vitamin juga harus rutin dikonsumsi dan bisa diberikan tambahan susu supaya cepat menyatu tulangnya.

Yakinlah bahwa cobaan ini bisa diatasi dan akan segera berlalu karena anak sedang dalam masa pertumbuhan. Jadi Insya Allah penyembuhan patah tulangnya bisa cepat.

Oke deh teman-teman, itu aja ya cerita saya tentang pengalaman merawat anak yang mengalami patah tulang. Semoga bisa diambil manfaatnya. Yuk, ikut cobain Bebelac Gold dan share ke saya ya manfaat apa yang sudah di Kecil dapat! Ditunggu,ya ☺



24 thoughts on “Pengalaman Merawat Anak yang Mengalami Patah Tulang”

  1. kalau anak proses penyembuhan cepat ya krn lag dalam pertumbuhan, aku merawat suamiku yg patah tulang kaki atas dan bawah, lama sekali operasnya saja sampai dua kali

  2. kebayang gimana rasanya jadi ortu saat tau tulang anaknya ada yang patah.
    pasti rada tegang dan waswas.
    untung teteh sigap dan langsung konsultasi ke dokter spesialis….
    semoga gak kejadian lagi.. aamiin.

  3. Wah, Azril pernah patah tulang? Duh… kebayang deh gimana sakitnya. Kita aja sakit, gimana anak2 ya. Alhamdulillah deh sekarang udah sembuh. Susu yang tepat bisa bikin proses pemulihan berjalan cepat ya. Sehat-sehat selalu Azril 🙂

  4. ngeliat hasil rotgennya serem ya mbak, sampai patah gitu. jatuh dan terbentur paving block yang cukup keras… saya aja baru tau kalau patah tulang gitu bisa nyambung lagi… Azril anak laki yang kuat, aktif dan luar biasa… senang deh patah tulangnya udah sembuh, jadi bisa main lagi

  5. Alhamdulillah belum pernah ngalamin gimana rasanya patah tulang. Azril kuatan huhu.. semoga cepat pulih sempurna ya, dek. Pasti udah kejadian gini jadi lebih overprotective ya teh, nggak boleh kelewat dia ngapain aja..

  6. Pernah patah tulang di tangan kiri, pas deket siku. Sakitnya hadohhhhhhh gak mau keulang lagi hahaha. Gak kebayang ngurusin anak kecil patah tulang, mit. Anak kecil sering lupa dia sakit apa 😀 atau belon ngerti aja ya mereka teh jadi kayak cuek walo patah tulang di tangan
    kaki sehat mah loncat2 aja terus wkwkwk.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.