Menara Petronas Menara Kembar di Kuala Lumpur
Advertorial,  Travel

Rencana Liburan ke Kuala Lumpur

Rencana Liburan ke Kuala Lumpur sudah berkali-kali kami bahas di keluarga. Terutama oleh suami. Dia sudah seringkali mengajak saya dan anak-anak untuk mengunjungi Malaysia, terutama ke Kuala Lumpur.

Bagi suami, Kuala Lumpur adalah kota bersejarah. Di kota inilah, mama mertua kami hidup dan bekerja selama bertahun-tahun. Ia rela merantau jauh ke seberang demi membantu keluarga mencari tambahan biaya untuk sekolah suami dan adik ipar. Sampai nafas terakhir beliau pun dihembuskan di Kuala Lumpur.

Baca: Perjuangan Ibu Mertua Sampai ke Tanah Seberang

Rencananya, jika kami jadi ke Kuala Lumpur, pertama suami akan mengajak kami ziarah ke makam mama mertua. Saya yang baru 2x ketemu dengan beliau semasa hidupnya, juga ingin sekali menengok makamnya. Apalagi kedua anak saya (Akmal dan Azril), mereka belum pernah sama sekali bertemu dengan neneknya. Mama mertua meninggal sebulan sebelum saya melahirkan Akmal.

Tadinya, pertengahan tahun ini kami mau pergi ke Kuala Lumpur bersama-sama. Tapi mendadak suami dapat banyak tugas di kantornya. Lalu, ada pula tugas kantor yang mengharuskan ia pergi bersama rombongan kantornya ke Kuala Lumpur. Jadilah ia pergi bersama-sama teman kantornya sedangkan saya dan anak-anak tinggal di rumah.

Mau ikut rombongan kantornya, tentu saja saya tidak enak. Lagian mereka berangkat ke Kuala Lumpur untuk urusan pekerjaan, bukan untuk liburan. Masa saya mau ikut, kan ya nanti malah ngrepotin. Mereka juga pergi dengan layanan first class, yang kalau saya ikut, saya bayar sendiri dan itu mahal. Wekekek.

Buat saya dan suami, pergi liburan ke Kuala Lumpur dengan murah dan budget yang sesuai kantong itu perlu banget. Yang penting tujuan tercapai, yaitu ziarah ke makam mama mertua sekaligus silaturahmi ke saudara yang ada di Kuala Lumpur. Bisa jalan-jalan dan menikmati suasana kota Kuala Lumpur adalah bonus. Misalnya, bisa sekalian liburan ke Legoland, seperti impian Akmal.

Baca: Liburan ke Legoland, Malaysia

Pas terakhir suami ke Kuala Lumpur, dia tidak sempat ziarah ke makam mama mertua. Ya saya maklum lah, soalnya kan dia ke Malaysia untuk urusan pekerjaan. Kebetulan jadwal kerjanya tuh padat banget, sampai gak bisa izin barang sebentar ke makam mamanya.

Maka demi mendapatkan tiket liburan murah, saya rela deh berburu tiket penerbangan dan hotel yang murah di Kuala Lumpur. Tiket dari Bandung ke Kuala Lumpur (dan bolak-balik), wajib kami beli. Kalau tempat menginap sebenarnya kami juga bisa tidur sambil singgah di rumah sepupu suami di Kuala Lumpur, tapi sebenarnya enggak enak juga kalau tiap hari nginep di situ. Jadi rencananya, kami mungkin akan menginap di rumah sepupu sekitar 2 malam, dan sisanya cari hotel yang murah di Kuala Lumpur.

Hunting tiket dan hotel sudah harus disiapkan sekarang-sekarang ini. Sebab suami inginnya berangkat liburan ke Kuala Lumpur akhir tahun saat kegiatan di kantornya sudah mulai lengang dan dia bisa ambil cuti tahunan.

Aku mulai dari cari-cari tiket Bandung ke Kuala Lumpur ya. Aku pilih Bandara Husein Sastranegara di Bandung karena memang bandara inilah yang terdekat dari tempat tinggal kami sekarang. Aku cari tiket pesawat sekalian sama hotel. Coba cari-cari ternyata di Traveloka sudah menyediakan paket tiket pesawat yang barengan sama hotelnya sekalian.

Rencana Liburan ke Kuala Lumpur

Buat aku pribadi, adanya layanan yang bisa menyatukan saat cari tiket dan hotel seperti ini sih membantu banget ya. Soalnya kan biasanya terpisah-pisah gitu. Tiket cari sendiri. Hotel juga cari sendiri. Kalau udah dibuat dalam 1 paket gini, aku jagi bisa menghemat waktu.

Untuk cari tiket dan hotel ini, aku langsung menuju websitenya Traveloka. Kalau teman-teman punya aplikasinya, juga bisa langsung menuju Traveloka App. Aku langsung isi data-data yang diperlukan. Seperti pemberangkatan dari mana ke mana, tanggal berapa, untuk berapa orang, kapan mau check in – check out di hotel, dan informasi pendukung lain.

Setelah selesai mencari tiket untuk pesawat, aku kemudian diarahkan ke pencarian hotel. Aku coba cari hotel berbintang 2 di sekitar Kuala Lumpur. Ada banyak pilihan hotel Bintang 2 yang disediakan Traveloka. Aku pilih salah satunya.

Setelah aku selesai pilih hotel, website Traveloka akan menunjukkan booking summary aku untuk perjalanan dari Bandung – Kuala Lumpur bolak balik di akhir tahun 2017. Dengan menginap di hotel bintang 2 selama 2 malam, total biaya yang harus aku keluarkan untuk perjalanan 4 orang adalah sekitar 6 juta rupiah. Bawa 10 juta ke Kuala Lumpur cukup lah ya. Asal gak jajan yang macem-macem 😀

Setelah tadi sempat nyobain pesan tiket pesawat dan hotel sekaligus seperti ini, ternyata cukup mudah dan saving time banget ya. Aku gak perlu kerja 2 kali. Gak perlu bolak-balik buka tab berbagai macam website penjualan tiket pesawat dan hotel. Cukup dengan Traveloka, layanan pembelian tiket pesawat dan hotel, sekarang sudah praktis, ringkas, jadi satu.

Nah untuk menyelesaikan pemesanan ini, aku tinggal log in aja ke akun Traveloka aku dan menyelesaikan booking – an ini. Setelah mengisi data-datanya, kita akan mendapatkan booking ID. Untuk proses pembayaran, ada berbagai macam pilihan pembayaran yang bisa kita pilih. Dari mulai transfer bank, kartu kredit, ATM, CIMB Clicks, Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, Mandiri Debit. Bayar di minimarket seperti Indomaret atau Alfamart juga bisa.

Seneng ya kalau banyak pilihan pembayaran seperti ini. Kita tinggal pilih mana tipe pembayaran yang paling cocok dengan kita. Untuk bisa melakukan pembayaran ini, kita punya waktu sekitar 1 jam untuk melakukan pelunasan pembayaran. Jika lebih dari waktu yang ditentukan ini, tentu saja booking – an kita akan hangus.

Selain lebih menyingkat waktu, pemesanan tiket pesawat dan hotel yang sudah menyatu seperti ini juga membuat biayanya lebih murah. Bayangkan opportunity cost yang bisa kita peroleh saat menghabiskan waktu berjam-jam mencari tiket dan hotel yang bisa kita gunakan untuk melakukan pekerjaan. Kalau browsing tiket berjam-jam tidak dibayar, kita justru bisa kerja dan dibayar pula. Lalu, ada lagi biaya administrasi yang tentunya lebih murah jika melakukan pembelian tiket pesawat dan hotel berbarengan. Saat membeli tiket pesawat dan hotel terpisah, kita bisa dikenakan biaya administrasi 2x lebih banyak.

Beruntunglah sekarang Traveloka punya paket yang menggabungkan pemesanan untuk pembelian tiket pesawat dan hotel yang digabungkan. Layanan seperti ini bisa memudahkan keluarga yang gak ingin ribet saat harus bepergian, seperti keluarga kami yang ingin melakukan rencana liburan ke Kuala Lumpur. Teman-teman yang ingin merasakan kemudahan pemesanan tiket pesawat dan hotel seperti yang saya lakukan ini, bisa mencoba menggunakan Paket Tiket Hotel Traveloka.

Ohya, untuk melakukan perjalanan liburan ini, karena ini perjalanan internasional, harus dilengkapi dengan passport. Aku, suami, dan Akmal sudah punya passport. Tinggal Azril yang belum punya passport. Sebenarnya sudah dari awal tahun, suami minta aku untuk segera bikinin passport buat Azril. Tapi akunya nunda-nunda terus karena alasan sibuk ini dan itu. Kalau gak cepetan bikin passport, nanti harga tiketnya semakin mahal loh. Hiks. Baiklah, memang langkah pertama terdekat adalah bikin passport untuk Azril.

Oke deh teman-teman, sekian ya cerita tentang rencana liburan kami ke Kuala Lumpur. Doakan bisa segera terealisasi. Kami sudah sangat rindu ingin berziarah ke makam mama mertua.

Semoga bermanfaat, ya!


Sponsored post, please read disclosure

14 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.