Di Teras Cihampelas Bandung, Ada Apa Aja?

Di Teras Cihampelas Bandung, Ada Apa Aja?

Teras Cihampelas atau Bandung Skywalk sudah lama mencuri perhatian saya. Sejak selesai dibangun setengah tahun yang lalu, Teras Cihampelas ini membuat Bandung kini nampak lebih berbeda.

Dulu, Jalan Cihampelas dikenal sebagai salah satu jalan yang padat dan macet di Kota Bandung. Banyak pengunjung yang datang ke jalan ini untuk berwisata. Wisatawan lokal dan internasional berjejalan. Kebanyakan sih mereka berwisata belanja ya. Karena di tempat ini banyak pedagang yang menjual pakaian dengan murah.

Maka dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kemacetan di sekitar Jalan Cihampelas ini, dibangunlah Teras Cihampelas akhir tahun 2016 kemarin.  Pembangunannya sih kalau gak salah sekitar 5 bulanan ya dan baru diresmikan Februari 2017.

Area pedestrian dipindahkan ke atas sepanjang 450 meter. Tidak hanya pejalan kaki saja, tapi ada juga yang lain-lain. Apa saja? Baca cerita saya di bawah ini ya.

Ikon Wisata Terbaru di Bandung, Jawa Barat yang Wajib Kita Kunjungi

Akhirnya ya setelah 5 bulan diresmikan, saya berkesempatan juga ke Teras Cihampelas ini. Sebenarnya kepengen banget dulu pas awal-awal diresmikan langsung mampir ke sini. Soalnya kayaknya keren bisa lihat Bandung dari atas tanpa terganggu lalu lalang mobil, motor, bis dan angkot. Bisa lihat romantisnya Bandung kalau malam hari karena banyak kerlip lampu.

Tapi keinginan itu harus saya kubur dulu melihat antusiasme warga Bandung dan sekitarnya yang membludak ingin menikmati tempat wisata baru ini. Maklumlah tempat wisata baru, jadi buanyak banget yang kepengen datang ke sini. Dengar-dengar sih sampai pada berdesakan dan berebutan tempat parkir.

Beruntung minggu kemarin saya diajak suami jalan-jalan ke sana. Lagi-lagi jalan-jalan yang gak disengaja. Hahaha, keluarga kami memang doyannya jalan-jalan gak disengaja dan dadakan ya. Seperti pas kami ke Pantai Jetis Purworejo juga jalan-jalan dadakan. Soalnya kalau direncanain malah sering gagalnya.

Ceritanya, suami ngajakin ambil paket yang dikirim temannya dari Jakarta. Nah paketnya ini dititip via travel X-Trans yang memang melayani rute Bandung – Jakarta (pp). Salah satu pool X-Trans ini letakknya di De Batara Hotel, Jalan Cihampelas, Bandung. Jadilah setelah beres ambil paket, suami inisiatif ngajakin istri dan anak-anaknya sebentar ke Teras Cihampelas.

Tempat Parkir

Karena kemarin kami ke sananya sambil ambil paket di X-Trans, jadi saat kami main ke Teras Cihampelas, mobilnya dititipin di basement De Batara Hotel. Travel X-Trans memang satu lokasi ya dengan De Batara Hotel.

Tempat parkirnya memang tidak luas. Makanya kemarin kami izin dulu ke satpam jaga kalau kami mau numpang parkir sebentar karena mau ke Teras Cihampelas. Alhamdulillah diizinkan. Biaya parkirnya saya lupa berapa soalnya yang bayar suami. Kayaknya sih gak jauh ya dari Rp 3.000 – Rp 5.000.

Jarak lokasi Teras Cihampelas dari De Batara Hotel ini dekat banget. Kayaknya sekitar 20 meteran deh. Jalan kaki juga cingcay lah ya.

Nah masalahnya, kalau gak sambil ambil paket di X-Trans, saya gak tahu deh bisa parkirnya di mana. Paling di Cihampelas Walk (CIWALK) kali ya. Yang tempat parkirnya luas dan memang tersedia untuk umum.

Ada Apa Aja di Teras Cihampelas

Dulu, Jalan Cihampelas ini semrawut banget. Macet. Saya kadang malas ke sini kalau gak ada acara. Sesekal lewat kalau pas pulang dari Subang. Itupun lewatnya subuh-subuh. Mana berani lewat pas siang hari. Macet bo!

Melihat perkembangan Jalan Cihampelas sekarang, saya ikut senang. Soalnya sekarang jadi enggak terlalu macet. Pedagang kaki lima semua pindah ke atas. Begitu juga dengan pejalan kaki. Apa cuma pedagang dan pejalan saja yang ada di Teras Cihampelas? No. Masih ada banyak. Ini sekilas pengamatan saya ya.

1.Taman

Khas Ridwan Kamil banget ya, dimana-mana ada taman. Tapi bagus juga kok karena lingkungan jadi hijau, sejuk, dan adem. Lihat di video di samping ini ya.

Ada bangku-bangku yang disediakan sehingga kita bisa duduk-duduk manja, sekedar ngopi atau makan batagor Bandung. Mau makan cake dari Syahrini juga bisa. Kebetulan toko kuenya Syahrini ada di Jalan Cihampelas juga. Tidak boleh buang sampah sembarangan. Sudah tersedia banyak tempat sampah jadi buanglah sampah pada tempatnya.

2. Wisata Belanja

Ada banyak banget pedagang di sini yang menjajakan barangnya. Sebut kaos khas Bandung yang harganya mulai Rp 20.000. Ada juga beragam suvenir, contohnya gantungan kunci yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Ada juga penjual tas, boneka, sepatu, sandal, kacamata, jam tangan, celana jeans, dan lain-lain. Banyak pokoknya. Pilih aja mau yang mana. Jangan lupa ditawar ya kalau beli. Siapa tahu bisa turun harganya, lumayan kan bisa buat jajan cilok atau bakso di teras kuliner.

3. Kuliner

Kita bisa menikmati berbagai macam jajanan di sini. Dari mulai jajanan khas Bandung, misalnya oncom, colenak, batagor, seblak, dan lain-lain sampai jajanan luar juga ada misalnya pempek Palembang. Yang paling ramai kayaknya es pelangi ya. Itu loh es serut yang gede banget dan ditetesi dengan berbagai macam perwarna sampai membentuk warna pelangi. Kemarin sih saya gak sempat nyobain beli makanan apapun. Soalnya sudah makan dari rumah.

4. Fasilitas Umum

Mushola tersedia loh. Biasanya kan jarang tuh tempat umum yang ada musholanya. Hebat deh ini Teras Cihampelas ada musholanya. Gak cuman satu doang, ada beberapa. Sepenglihatan saya kemarin ada 2. Selain itu ada juga toilet umum. Bahkan ada toilet yang khusus untuk teman-teman disable. Lift juga tersedia di depan Fave Hotel. Tidak hanya toilet dan lift saja yang bisa dipakai oleh difable, jalan juga sudah dibuatkan bagi teman-teman difable. Patut diapreasiasi ya soalnya jarang deh tempat umum yang ramah dengan teman-teman difable.

Yang paling membahagiakan di akhir jalan-jalan kami ke Teras Cihampelas kemarin adalah ketemu robot. Anak-anak girang bisa lihat bumblebee dan kawan-kawannya. Walau pas awal-awal mereka takut karena lihat robot sebesar itu. Biasanya sih Akmal lihat robotnya yang kecil-kecil ya. Eh ini langsung disuguhi robot yang segini besar.

Pas kami lewat, robot-robot itu nyamperin. Tahu aja kalau anak-anak suka dengan karakter robot. Lalu mereka minta kita untuk foto dengan mereka. Setelah selesai foto, jangan lupa ngasih kencleng ya. Seikhlasnya saja. Tersedia kotak di depan mereka yang bisa kita isi dengan uang sumbangan kita. Cara yang menarik untuk mendapatkan uang ya. Nih bonusnya foto anak-anak dengan robot-robot.

Gambar Robot Bumblebee
Lihat, masih ada yang ketakutan gitu. 😛

Fasilitas lain yang tersedia di Teras Cihampelas adalah WiFi gratis via Bandung Juara. Kemarin saya belum sempat mencoba akses WiFi gratis ini. Sama seperti saat kami main ke Taman Lansia Bandung. Saya kemarin menikmati fasilitas internet 4G dari XL yang tersedia melimpah di Kota Bandung. Alhamdulillah dengan kencangnya jaringan XL di Kota Bandung, saya bisa ngetwit dan kirim foto di Instagram tentang jalan-jalan bareng anak di Taman Cihampelas ini.

Untuk bisa menikmati Taman Cihampelas ini, kita gak perlu bayar kok. Fasilitas ini gratis buat semua. Kapan lagi kan bisa jalan-jalan yang gratis. Biaya keluar paling hanya untuk bayar parkir atau kalau mau jajan. Kalau teman-teman ke sininya naik kendaraan umum ya gak perlu biaya parkir. Siapin aja uang untuk jajan sekalian nglarisi pedagang lokal.

Nah, segitu aja ya cerita kami tentang tempat wisata yang lagi ngehits di Bandung ini. Next, kita sharing lagi tempat main yang lain ya.

Kalau teman-teman mau ke Bandung, jangan lupa mampir ke Taman Cihampelas ini, ya!

25 thoughts on “Di Teras Cihampelas Bandung, Ada Apa Aja?”

  1. Kayaknya seru nih bisa jalan-jalan ke Teras Cihampelas ini. Nanti waktu saya ke Bandung, mampir sini ah. Makasi atas cerita serunya ya, mbak, saya jadi punya gambaran lengkap mengenai tempat ini.

  2. Ramenya udah lewat kayaknya ya, Mit. Waktu yg tepat buat ke Teras Cihampelas ya sekarang. Eh tapi klo wiken rame juga ding, cuma ga seheboh dulu aja.

  3. seru jalan2 dadakan memang mbak…, kami juga sering seperti itu… jadi banyak kejutan
    btwingat Cihampelas yang dulu jadi tujuan banget kalau ke Bandung, cari baju jeans anak2 di sini banyak yang bagus2

  4. Akhirnyaaaa mampir kemari lagiiii
    Gara2 ngikut kuliah bunsay jadi jarang BW
    Terus nyari postingan yg bukan sponsored post bwahahahaha
    Tapi efeknya jadi pingin ke Bandung baca postingan ini

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.