• Cara menangani anak yang patah tulang
    Parenting

    Pengalaman Merawat Anak yang Mengalami Patah Tulang

    Pengalaman Merawat Anak yang Mengalami Patah Tulang [Ads]. Pertengahan bulan Oktober kemarin, sebuah musibah menimpa keluarga kami. Anak kedua kami (Azril 3,5 tahun), jatuh saat berlari-lari di tempat parkir. Lokasi tempat parkirnya terbuat dari paving block dan memang permukaannya tidak rata. Sepertinya Azril terantuk salah satu paving block yang mencuat ke atas dan ia terjatuh. Posisi terjatuhnya, ia tertelungkup ke bawah. Saya yang saat itu berada tidak jauh dari Azril langsung berusaha menolongnya bangun karena ia terus menangis dan merintih kesakitan. Biasanya, jika jatuh ia akan langsung bangun sendiri dan kembali ceria bermain. Namun pagi itu kondisinya berbeda. Ia masih terlihat lesu dan kurang bergairah. Ia tidak mau turun dari gendongan suami. Suami bilang,…

  • biaya sunat 2018
    Parenting

    Pengalaman Sunat Anak dengan Metode Konvensional/Manual di Klinik Paramedika Bandung

    Yess, Alhamdulillah. Akhirnya salah satu periode penting dalam hidup Akmal (anak pertama kami) terlewati sudah. Akmal berhasil disunat atau khitan. Saya sendiri haru sekaligus bangga, punya anak usia 5,5 tahun yang sudah mantap mengambil keputusannya sendiri untuk berani disunat. Ceritanya, Akmal memang sudah minta disunat sendiri, tanpa kami paksa sejak sebulan terakhir ini. Hampir setiap hari, ia menanyakan kapan akan dibawa ke dokter buat sunat. Ia menagih janji terus kepada saya dan suami. Tapi karena bulan Agustus kemarin suami bolak-balik pergi ke luar kota, jadi kami tunda dulu mengabulkan permintaan Akmal untuk disunat. “Nanti ya Akmal, kalau Ayah udah pulang dari Medan” bujuk saya. Padahal mah saya juga sambil menguatkan…

  • menjaga gigi susu anak
    Parenting

    Cara Menjaga Gigi Susu Anak

    Cara Menjaga Gigi Susu Anak. Bulan Februari kemarin, saya dapat laporan dari dokter di sekolahnya Akmal. Beliau cerita bahwa dari sekian siswa di TK, hanya Akmal satu-satunya anak yang giginya masih bagus. Gak ada bolongnya sama sekali. Alhamdulillah, sebagai Ibu, tentu aku merasa bangga. Ini prestasi bagus buat Akmal yang mau rajin (dan kadang dipaksa) gosok gigi. Ada beberapa teman Akmal yang seusia giginya udah pada roges. Beberapa anak bahkan gak punya gigi seri dan gigi taring karena bolong. Ludes giginya. Ada pula yang giginya hitam. Hihi, kalau lihat mereka lagi senyum atau ketawa, rasanya aneh. Tapi namanya juga anak-anak ya, walau gak punya gigi, mereka tetep lucu. Wkwk. Periksa…

  • Melatih anak berpuasa
    Parenting

    Cerita Puasa Pertama Akmal dan Kejutan Menarik

    Assalamu’alaikum. Alhamdulillah puasa udah jalan seminggu ya teman-teman. Gimana ibadah Ramadhannya? Lancar kan ya. Alhamdulillah saya dan keluarga juga lancar sih. Ohya, mau cerita ya. Ada yang sesuatu yang baru di Ramadhan tahun ini di keluarga kami: Akmal (5 tahun) pertama kali belajar puasa. Pengalaman pertama yang istimewa buat dia. Aku sendiri salut loh sama kekuatan Akmal bisa puasa dari subuh sampai magrib. Ya memang sih pada dzuhur dia minum/makan ringan, tapi habis itu dia lanjut puasa lagi sampai sore. Godaan pertama datang pas awal-awal puasa. Dia belum terlalu ngerti banget dengan konsep puasa. Pelan-pelan aku jelasin tentang konsep keutamaan puasa, hikmahnya, dan cara-caranya. Kalau udah siang, dia hampir setiap jam…