Outbound di Kampung Ciherang Sumedang

Outbound di Kampung Ciherang Sumedang

Outbound di Kampung Ciherang Sumedang ini kami lakukan sebenarnya di awal bulan April 2018 lalu. Berbarengan dengan momen perpisahan sekolah TK anak pertama saya, Akmal. Namun baru sempat 4 bulan kemudian ya saya nulis ceritanya di blog ini gimana serunya kami kemarin main ke Wana Wisata Kampoeng Ciherang Sumedang, salah satu tempat wisata outbond di sekitar Sumedang dan Bandung. Maklumnya emak-emak sok sibuk banyak kerjaan ๐Ÿ˜›

Akses Menuju Kampoeng Ciherang

Kami (anak-anak TK, guru, dan para orang tua murid) berangkat dari sekolah TK di daerah Cileunyi pagi hari sekitar pukul 08.00 pagi. Waktu tempuh yang kami butuhkan untuk sampai Kampung Ciherang sekitar 1,5 jam. Jarak tempuhnya 28 km. Lokasi Wana Wisata Kampung Ciherang sendiri ada di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Sumedang. Peta lengkapnya bisa di cek di bawah ya.

Untuk menuju keย hutan wisata ini, kami naik bis kecil. Angkutan umum setahu saya belum ada. Jadi kalau teman-teman mau ke Kampung Wisata Ciherang, teman-teman perlu menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Tapi usahakan kendaraannya laik pakai. Motor atau mobil yang bagus performanya karena akses menuju Kampung Ciherang cukup sulit. Jalan yang sempit dan berkelok. Sehingga saat berpapasan dengan mobil lain, salah satu mobil harus berhenti supaya mobil bisa melanjutkan perjalanan.

Jalan juga tidak semua rata oleh aspal. Ada beberapa bagian yang berlubang sehingga perjalanan beberapa kali terhambat. Kanan-kiri jurang, jadi cukup deg-degan juga takut bisnya terguling euy. Walaupun aksesnya sulit, namun pemandangannya cukup bagus dan terbayar sempurna begitu sampai di lokasi Kampoeng Wisata Ciherang, Tanjung Sari.



Tempat Parkir

Tempat parkir di Kampung Wisata Ciherang ini cukup luas. Bisa muat banyak mobil, bis, dan sepeda motor. Lokasinya agak ke bawah, sedangkan tempat wisatanya di bagian atas. Sehingga kita perlu berjalan beberapa meter dari lokasi tempat parkir ini menuju spot wisata. Gambarnya nanti bisa dilihat di video di bagian bawah tulisan ini ya.

Harga parkirnya saya gak tahu detail. Soalnya udah ditanggung oleh pihak sekolah. Kayaknya sih gak jauh-jauh dari Rp 3.000 – Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 – Rp 10.000 untuk mobil pribadi.

Baca:ย Berenang Sore-Sore di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor

Fasilitas di Kampoeng Ciherang

Emang ada apa aja sih di Kampoeng Ciherang Tanjung Sari Sumedang ini sampai orang rela beramai-ramai datang ke sini? Sebenarnya, Kampung Wisata Ciherang ini memang didesain khusus untuk wisata hutan atau ekowisata. Memanfaatkan lahan yang dimiliki oleh Perhutani agar masyarakat dan pemerintahan Desa Cijambu bisa mandiri dan membangun namun tetap bisa menjaga kelestarian hutan.

Ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang ke Kampoeng Ciherang. Yaitu sepeda gantung, outbound, perahu, kolam renang, spot foto selfie, ATV, motor mini, panahan, flying fox,ย dan lain-lain. Lokasi mainnya dibedakan antara tempat untuk anak-anak dan dewasa. Beberapa gambarnya bisa dilihat di bawah ini.

tempat outbound sekitar bandung

tempat outbound di bandung
Arena Outbound Untuk Anak
Kampung Ciherang
Akmal main mini motor

Kamar Kecil/Kamar Ganti

Setelah lelah bermain, kami bersih-bersih badan. Airnya cukup dingin karena lokasi ekowisata ini terletak di kaki Gunung Cijambu. Saya sendiri gak mandi karena airnya dingin banget. Akmal aja yang berenang bersama teman-teman TK-nya. Namun karena airnya dingin, jadi Akmal gak bertahan lama renang atau main air di Kampung Ciherang ini.

Baca:ย Agar Anak Terbiasa Mandi Air Dingin, Ini Loh Caranya!

Wana Wisata Ciherang
Kedinginan di Kolam Air

Kamar kecil/kamar ganti tersedia banyak di sini. Airnya bersih pun juga toiletnya bersih. Lumayan bagus untuk tempat fasilitas umum di Indonesia. Wkwk. Tau sendiri kan gimana kondisi toilet di tempat wisata di Indonesia biasanya. Bikin males bersih-bersih ๐Ÿ˜›

Baca:ย Review Kolam Renang Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor, Sumedang.

Mushola

Saya dan ibu-ibu lain sempat sholat dzuhur di bawah tegakan pinus di Kampung Ciherang. Tapi tempatnya nyaman banget karena musholanya di desain khusus dari bahan-bahan bambu dan atap rumbia. Kesannya natural banget. Mukena juga tersedia. Jadi buat teman-teman yang mau ke Ciherang gak perlu khawatir ya. Kalau mau bawa mukena sendiri juga boleh banget kok. Lebih aman dan bersih karena gak perlu rebutan juga dengan jamaah muslimah yang lain.

kampung wisata ciherang
Mini arung jeram

Tiket Masuk Wana Wisata Kampoeng Ciherang

Wana Wisata Kampoeng Ciherang buka dari pukul 08.00 pagi sampai 16.00. Harga tiketnya sekitar Rp 35.000 sudah termasuk tiket terusan untuk main beberapa wahana. Cukup terjangkau kan ya? Dengan suasana yang sejuk dan asri seperti di Lembang, harga tiket masuk segitu menurut saya tidak memberatkan. Cuma aksesnya menuju ke sana aja yang agak susah.

Baca: Main ke Farmhouse Susu Lembang

Kalau mau naik sepeda gantung seperti saya di atas (khusus dewasa), bisa pakai tiket terusan yang sudah termasuk harga tiket masuknya. Kalau bawa kamera sendiri, ya bisa langsung jeprat-jepret. Tapi kalau enggak bawa, di Kampung Ciherang sudah ada jasa tukang foto profesional. Bayarnya Rp 10.000 untuk 3x foto. Hasil foto nanti dikirimkan lewat WhatsApp sehari kemudian.

Ini aku hasilnya pakai fotografer di sana.ย  Aku bawa kamera mirrorless sendiri sebenarnya, tapi gak ada yang bisa motoin. Jadi weh minta tolong tukang foto di sana buat njepretin.

Cara Menuju Kampung Ciherang Sumedang

Kalau dari arah Bandung, kita bisa menuju ke arah Tanjungsari, Sumedang. Lewat Cileunyi/Cibiru ke Jatinangor dan terus sampai di Pasar Tanjungsari. Gak jauh dari sini nanti kita belok kiri ke arah Desa Cijambu.

Kalau dari arah Sumedang, Kampung Ciherang ini terletak di sebelah kanan, sebelum Pasar Tanjungsari ya. Kalau bingung bisa cek map di bawah ini. Atau pakai aplikasi Waze biar gak nyasar.

Kemarin saya gak sempat ambil foto banyak di Kampung Ciherang ini karena udah riweuh jagain 2 anak. Cuma sempat nyolong-nyolong waktu ambil video seperti yang terlihat di bawah ini.

Ini alamat lengkap atau peta kalau misalnya teman-teman mau ke Wana Wisata Kampung Ciherang. Terletak di Desa Cijambu di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ya. Selamat main-main! Colek saya kalau teman-teman udah jadi ke sana. Atau kalau mau ajak-ajak saya ke Kampoeng Ciherang juga boleh loh ^^



37 thoughts on “Outbound di Kampung Ciherang Sumedang”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.