Survei Tempat Melahirkan di RS Humana Prima Rancabolang Bandung

Survei Tempat Melahirkan di RS Humana Prima Rancabolang Bandung

Melanjutkan tulisan aku sebelumnya ya tentang hospital tour untuk survei tempat melahirkan anak ketiga di Bandung. Di tulisan sebelumnya, aku sudah tulis lengkap tentang berapa biaya melahirkan di Rumah Sakit Al Islam Bandung. Nah kali ini, aku mau lanjutkan menulis hasil survei di RSIA Humana Prima, Rancabolang Bandung meliputi berapa biaya melahirkan di sana dan gimana kondisi ruangan/kamar untuk perawatannya.

Terus terang, aku baru tahu keberadaan RS Humana Prima ini dari dokter kandungan tempat biasa aku berkonsultasi. Namanya dr. Nuniek Kharismawati, SpOG. Aku biasa periksa bulanan dengan beliau di Klinik Bersalin Bunda Nanda Cipadung, Cibiru. Nah menjelang akhir kehamilan (tepatnya saat usia kehamilanku 39w), aku bertanya ke beliau, selain di Bunda Nanda, dr. Nuniek praktek di mana. Beliau jawab di RS Humana Prima Rancabolang. Aku yang baru pertama kali dengar nama rumah sakit tersebut, langsung bengong dong hahaha.

Baca: Dokter Kandungan Perempuan di Bandung



Menurut info dari dr. Nuniek, kalau ada emergency case saat persalinan di Bunda Nanda, pasien bisa dirujuk ke RSIA Humana Prima. Di RS Humana Prima, dokter bisa melakukan tindakan operasi sesar jika ada kondisi gawat janin. Ohya, sekarang di Bunda Nanda sudah tidak bisa melahirkan dengan operasi caesar lagi. Tidak seperti dulu dimana klinik ini melayani operasi caesar untuk persalinan bayi.

Pulang dari kontrol dengan dokter Nuniek, di rumah aku mulai cari-cari informasi tentang RS Humana Prima ini. Pengen tahu banget soalnya udah ngerasa enakeun dan cocok sama dr. Nuniek. Jadi kalau ada indikasi harus caesar sempat terpikir pilihan mau operasi dengan dr. Nuniek karena beliau sudah tahu riwayatku. Meskipun aku pengennya tetap lahiran normal pervaginam.

Survei Tempat Melahirkan di RSIA Humana Prima Bandung

Saat weekend kemarin (awal Desember 2018), aku minta suami luangin waktu supaya bisa survei tempat melahirkan di RSIA Humana Prima. Pertama kami survei dulu ke RS Al Islam Bandung lalu lanjut ke RSIA Humana Prima. Ternyata lokasi RSIA Humana Prima tidak begitu jauh dari RS Al Islam.

Baca: Survei Biaya Melahirkan di Rumah Sakit Al Islam Bandung

Kalau dari rumahku, memang lokasi RSIA Humana Prima ini cukup jauh dan termasuk daerah macet. Kurang strategis sih. Tapi aku penasaran aja gimana jika melahirkan di RS Humana Prima ini. RSIA Humana Prima alamatnya ada di Jalan Rancabolang no. 21 Manjahlega, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40286. Bisa dilihat di Maps berikut ini ya.

Begitu sampai di lokasi RSIA Humana Prima, aku dan suami langsung menuju tempat informasi/bagian pendaftaran. Di situ, kami tanya-tanya berapa biaya melahirkan terbaru di RS Humana Prima ini. Oleh petugasnya, kami diberikan selembar kertas yang isinya cukup informatif mengenai perkiraan biaya persalinan di RS Humana Prima. Kebetulan aku sempat memfoto biaya persalinan normal dan sesar di RS Humana Prima ini. Bisa dilihat di gambar di  bawah ini ya teman-teman berapa harga/biaya melahirkan di RS ini.

Biaya persalinan 2018 di Bandung
Perkiraan biaya persalinan 2018 di Bandung

Jika aku bandingkan, biaya melahirkan di RS Humana Prima ini memang lebih murah daripada biaya melahirkan di RS Al Islam. Suasananya jugalebih homy tidak terlalu kerasa rumah sakit banget. Tau kan yang aku maksud dengan suasana rumah sakit. Tapi memang ya tidak selengkap RS Al Islam, jadi ya wajar kalau harganya lebih murah.

Kalau mau melahirkan normal di RSIA Humana Prima, prosedurnya begini: kalau sudah kerasa mules-mules, kita masuk ke IGD. Di IGD RS Humana Prima, suster/bidan/dokter jaga akan memeriksa kita udah pembukaan berapa. Kalau pembukaan sudah banyak (misalnya pembukaan 6) baru deh kita dibawa ke ruang bersalin/ruang tindakan untuk melahirkan. Kalau masih pembukaan 1 biasanya akan disuruh pulang dulu.

Biaya persalinan di Bandung
IGD RSIA Humana Prima Rancabolang

Setelah melahirkan, ibu dan bayi akan diobservasi dulu. Baik atau tidak kondisi keduanya. Biasanya observasi dilakukan selama 6 jam pertama. Jika kondisi semua baik, ibu dan bayi bisa dirawat gabung di kamar perawatan. Kondisi kamar perawatannya seperti foto di bawah ini ya teman-teman.

Kebetulan ini aku surveinya khusus yang kamar utama aja. Yang VIP kebetulan lagi isi pasien jadi aku gak bisa lihat kondisi dalamnya kayak gimana. Sama satpamnya aku hanya dibolehkan lihat kondisi kamar utama. Kamar utama ini menghadap ke taman. Fasilitas yang didapatkan: ranjang untuk ibu, tempat box bayi, sofa kecil, kamar mandi dalam, kulkas, lemari kecil, dispenser, dan AC.

Ada 2 jenis kamar utama: yang menghadap ke taman dan yang menghadap ke tembok pembatas. Lebih nyaman dan enakeun kamar utama yang menghadap ke taman karena lebih terang, sirkulasi udara lebih lancar, dan segar.

Di kamar utama ini, anak-anakku yang besar (Akmal dan Azril) dan suami bisa nungguin aku dan bayi. Walau sebenarnya anak-anak tidak boleh dibawa masuk. Tapi nanti bisa nego sama perawatnya kalau anak minta dibawa masuk karena tidak ada yang nungguin anak di rumah.

Perkiraan biaya melahirkan di RS Humana Prima Bandung
Kondisi kamar di ruang utama RS Humana Prima yang langsung menghadap ke taman
Perkiraan biaya melahirkan di RS Humana Prima Bandung
Kondisi kamar mandi di ruang utama RS Humana Prima
Perkiraan biaya melahirkan di RS Humana Prima Bandung
Ruang tunggu di lorong kamar perawatan RS Humana Prima Bandung

Sama seperti di RS Al Islam, di RS Humana Prima Rancabolang ini juga menerima pasien BPJS. Untuk pasien yang melahirkan normal dengan BPJS harus punya rujukan dari faskes 1 dulu. Kalau tidak bisa ditangani di faskes 1 baru deh ke RS Humana Prima ini.

Kalau mau melahirkan SC dengan BPJS juga harus ada indikasi medis gawat janin misalnya ketuban pecah dini, pendarahan, bayi sungsang, ibu darah tinggi, dan penyulit lain. Kecuali mau caesar atas permintaan sendiri, baru deh semua biaya ditanggung pribadi alias bayar sendiri.

Untuk syarat administrasi penggunaan BPJS seperti yang terlihat di foto di bawah ini ya teman-teman (yang dilingkari). Lebih baik siapkan dokumen-dokumen ini sebelum bersalin jadi nanti ketika dibutuhkan tinggal diserahkan saja. Fotokopinya bikin lebih biar ada cadangan.

RSIA Humana Prima Rancabolang
Syarat administrasi untuk penggunaan BPJS di RS Humana Prima (yang dilingkari)

Enaknya melahirkan di RS Humana Prima ini menurutku adalah keberadaan dr. Nuniek Kharismawati, SpOG yang udah jadi dokter kandungan langganan aku. Walaupun aku gak punya riwayat rekam medis periksa di sini, tetap bisa request ingin melahirkan dengan beliau, jika nanti tidak bisa melahirkan di bidan. Tinggal bilang aja sama bidannya kalau di surat rujukannya tulis melahirkan dengan dr. Nuniek di RS Humana Prima Rancabolang, Bandung.

Ohya, di RS Humana Prima ini tidak ada fasilitas NICU. Jadi kalau bayinya ada apa-apa tetap dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar yaitu RS Al Islam Bandung.

Pas survei kemarin, aku juga dapat jadwal dokter praktek di RS Humana Prima ini. Ada jadwal dokter umum (24 jam), dokter kandungan dan kebidanan, dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis bedah, dokter gigi, dokter radiologi, dokter anasthesi, dan dokter laboratorium. Foto  dokter praktek di RSIA Humana Prima lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini ya teman-teman.

RS Humana Prima
Jadwal dokter di RS Humana Prima Bandung

Oke deh teman-teman, itu aja hasil survei weekend kemarin untuk perkiraan biaya melahirkan di RSIA Humana Prima Rancabolang Bandung. Semoga bermanfaat ya dan sehat selalu untuk semuanya.

Baca: Biaya Melahirkan di RS Hermina Arcamanik Bandung



10 thoughts on “Survei Tempat Melahirkan di RS Humana Prima Rancabolang Bandung”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.