Biaya Melahirkan di Klinik Utama Bunda Nanda, Cipadung, Bandung

Biaya Melahirkan di Klinik Utama Bunda Nanda, Cipadung, Bandung

Biaya Melahirkan di Klinik Utama Bunda Nanda, Cipadung, Bandung. Masih melanjutkan cerita sebelumnya ya teman-teman tentang survei rumah sakit dan biaya melahirkan di Bandung tahun 2018. Kali ini aku mau share hasil survei biaya melahirkan di Bunda Nanda, Cipadung, Bandung.

Saat hamil ketiga kemarin, aku periksa bulanannya dengan dr. Nuniek, SpOG yang praktek di Klinik Bunda Nanda, Cipadung. Aku pilih periksa hamil di sini soalnya dekat dari rumah dan jalan menuju ke sana tidak terlalu macet. Yah meskipun kadang macet sedikit di sekitar bundaran Cibiru, tapi masih tolerable ya.

Bunda Nanda sendiri lokasinya ada di Jalan Raya Cipadung nomor 35-39 Cibiru, Kota Bandung. Alamat lengkap Bunda Nanda bisa dilihat di maps di bawah ini ya teman-teman.

Meskipun setiap bulannya aku periksa hamil di Bunda Nanda, tapi baru menjelang akhir persalinan aku dan suami menyempatkan room tour dan tanya-tanya seputar berapa sih biaya melahirkan di Bunda Nanda ini. Aku memang gak berencana melahirkan anak ketiga di Bunda Nanda. Rencananya, aku pengen melahirkan di bidan tempat aku dulu melahirkan Akmal dan Azril. Tapi gak ada salahnya kan kalau survei berapa tarif melahirkan di Bunda Nanda ini.

Nah foto di bawah ini hasil surveiku teman-teman. Maaf ya kalau fotonya agak burem soalnya fotonya malam-malam dan agak goyang. Di Bunda Nanda tidak ada leatflet atau brosur yang bisa dibawa pulang tentang biaya/tarif pelayanannya. Mereka hanya menyediakan selembar kerta yang dilaminating seperti ini. Jadi kalau ada customer tanya-tanya tentang tarif, perawat tinggal kasih tunjuk kertas ini dan customer dipersilahkan memfotonya.

biaya melahirkan di bunda nanda bandung
Perkiraan biaya melahirkan di Bunda Nanda Bandung

Aku rangkumkan ya biaya perkiraan melahirkan di klinik Bunda Nanda Cipadung. Biaya di atas soalnya bukan biaya paketan, tapi biaya per itemnya aja. Jadi perkiraan kalau mau melahirkan di Bunda Nanda dengan sistem paket (melahirkan normal pervaginam) sebagai berikut:

  • Melahirkan dengan bidan sekitar Rp 5-6 juta (tergantung jenis kamar perawatan).
  • Melahirkan dengan dokter sekitar Rp 7-8 juta (tergantung jenis kamar perawatan).

Lama perawatan biasanya sih sekitar 2 hari 1 malam. Kalau ada observasi lanjutan pasca melahirkan ya biayanya akan lebih banyak lagi.

Tentang biaya melahirkan di Bunda Nanda ini, menurut aku wajar sih kalau tarifnya segitu. Ya memang segituan juga kalau melahirkan di klinik atau rumah sakit lain di Bandung. Kecuali kalau melahirkan di bidan praktek mandiri/swasta, biayanya jauh lebih murah. Biaya melahirkan dengan bidan di Bandung tahun 2018 ini sekitar Rp 1,5 – 2 juta. Ohya, biaya melahirkan di Klinik Bunda Nanda Cipadung ini gak naik loh sejak 2016, alias tetap biayanya. Sementara rumah sakit/klinik bersalin lain biayanya naik sekitar 10% setiap tahunnya.

Sekarang aku lihat di Bunda Nanda agak sepi ya. Udah gak seramai dulu. Mungkin karena sekarang di Bunda Nanda gak bisa melahirkan secara caesar. Katanya sih terkait dengan izin. Untuk level klinik, sekarang tidak bisa mengadakan operasi sesar, yang boleh adalah level rumah sakit. Jadi kalau ada kasus melahirkan gawat janin/darurat, pasien dirujuk ke rumah sakit minimal rumah sakit tipe C, misalnya RSIA Humana Prima, RSIA Hermina Arcamanik, atau ke RS Al Islam. Mau dirujuk ke mana sebagai pasien kita juga request kok, bukan kewenangan mutlak klinik mau dirujuk kemana.

Kalau biaya periksa ke dokter kandungan di Bunda Nanda, harganya Rp 200.000 sudah termasuk biaya dokter spesialis kandungan dan administrasi klinik. Tapi biaya ini belum termasuk biaya print hasil USG dan obat-obatan/vitamin. Biaya print hasil USG harganya Rp 50.000/lembar dan vitamin harganya sekitar Rp 100.000 – 400.000.

Oke deh teman-teman, itu aja sih hasil surveiku tentang biaya melahirkan di Bunda Nanda, Cipadung, Bandung. Semoga bermanfaat terutama buat teman-teman bumils yang lagi cari-cari informasi seputar tarif persalinan terbaru di Bandung.

Baca juga tulisanku yang lain seputar biaya melahirkan di sekitar Bandung Timur:

Bye, sampai ketemu di tulisan berikutnya ya. Semoga semuanya sehat selalu 😀



15 thoughts on “Biaya Melahirkan di Klinik Utama Bunda Nanda, Cipadung, Bandung”

    • Aku gak tau Teh kalau klinik ini kerjasama dg BPJS atau tidak. Kemarin belum sempat tanya. Soalnya selama ini kalau periksa pakai dana pribadi aja.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.